gejala penyakit menular seksual
Waspadai, Human Papillomavirus adalah Virus Kanker
April 14, 2017

Ternyata Ini Loh Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri atau saat buang air kecil, warna urine yang keruh dan bau urine yang tidak sedap? Jika Anda mengalami kondisi seperti tersebut, Anda perlu waspada sebab kondisi tersebut adalah gejala dari Infeksi Saluran Kencing. Lalu apa sih penyebab infeksi saluran kencing?

Sebelum Anda mengetahui mengenai penyebab terjadinya infeksi saluran kemih (ISK), ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu penyakit infeksi saluran kemih (ISK)?. ISK adalah infeksi yang terjadi pada organ-organ dalam sistem saluran kemih seperti ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih.

Infeksi ini dapat terjadi kepada siapa saja, namun pada umumnya ISK menjangkiti para wanita, sebab wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek sehingga lebih rentan terkena ISK. Infeksi saluran kemih terjadi disebabkan oleh bakteri yang berasal dari sistem pencernaan yang masuk melalui saluran uretra.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Sebagian besar kasus infeksi saluran kemih diakibatkan oleh bakteri Escheria coli atau E. coli yang biasanya hidup dan tinggal di dalam usus besar. Bakteri ini dapat masuk ke dalam saluran uretra diperkirakan karena kurang baiknya seseorang dalam membersihkan diri saat buang air besar dan buang air kecil.

Selain bakteri E.Coli, penyebab infeksi saluran kencing lainnya adalah iritasi yang terjadi setelah berhubungan intim dengan pasangan serta akibat dari terganggunya kinerja dalam mengosongkan urine dengan kondisi tertentu, sebab urine yang terlalu lama tertampung di dalam kandung kemih dapat memberikan peluang kepada bakteri untuk berkembang biak.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab infeksi saluran kencing:

Saluran kemih yang mengalami penyumbatan

Saluran kemih yang mengalami penyumbatan dapat memicu terjadinya infeksi saluran kemih, sebab pada organ kandung kemih akan kosong yang nantinya akan membuat bakteri akan dengan mudah berkembang biak didalamnya. Tumor, kanker, prostat dan batu ginjal adalah beberapa penyebab kondisi ini bisa terjadi.

Faktor gender

Faktor gender atau jenis kelamin juga menjadi salah satu penyebab ISK dapat terjadi. Seperti pada penjelasan-penjelasan sebelumnya sudah dibahas bahwa saluran kencing wanita lebih pendek dibandingkan dengan saluran kencing pada pria. Hal ini menyebabkan bakteri dapat masuk dengan lebih mudah melalui saluran kencing wanita dari pada saluran kencing pria. Untuk itu selalu jagalah kebersihan organ intim Anda serta lakukan cara pembersihan yang baik dan benar agar bakteri tidak masuk dengan mudah ke dalam saluran kencing Anda.

Aktif dalam melakukan seks bebas

Jika Anda merupakan orang yang aktif dalam melakukan hubungan seks bebas, berhati-hatilah sebab aktifitas yang Anda lakukan merupakan salah satu pemicu terjadinya infeksi saluran kemih, apalagi jika aktivitas seks bebas yang Anda lakukan tidak menggunakan alat pengaman seperti kondom dan sejenisnya. Untuk itu selalu berhati-hati dalam melakukan kegiatan seks yang Anda lakukan.

Salah dalam membersihkan organ intim

Salah dalam membersihkan organ intim juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ISK. Hal ini disebabkan bakteri yang terdapat pada saluran pencernaan masuk melalui saluran kemih dikarenakan salahnya dalam melakukan prosedur membersihkan organ intim Anda. Untuk prosedur atau cara yang benar dalam membersihkan organ intim setelah Anda buang air besar dan buang air kecil adalah melakukan penyiraman menggunakan air yang dilakukan dari depan, lalu setelah bersiha barulah Anda membersihkan bagian belakang atau anus.

Itulah beberapa faktor penyebab infeksi saluran kemih yang dapat menjangkiti Anda. Oleh sebab itu jagalah selalu kebersihan organ intim Anda agar Anda dapat terhindar dari penyakit ini. Apabila Anda ingin mengetahui lebih mendetail mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini atau Anda dapat berkunjung ke Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis yang telah berpengalaman menangani hal ini.