melancarkan haid
October 12, 2016

Tanda Tanda Menstruasi Anda Akan Datang Dalam Waktu Dekat

tanda tanda menstruasi

Anda mungkin salah satu dari wanita yang siklus menstruasinya tepat waktu setiap bulannya, atau mungkin anda hanya ingat kapan waktunya haid pada saat mens terjadi. Kalau boleh jujur, banyak wanita berpendapat bahwa mendapatkan menstruasi sudah cukup bisa membuat stress apalagi apabila datang secara tiba-tiba.

Bisa tahu tanda tanda menstruasi akan datang bisa jadi sangat berguna karena kita dapat melakukan persiapan, dengan gejala yang bervariasi mulai dari perubahan ringan emosi sampai ke perubahan yang cukup jelas seperti gatal-gatal atau membengkak. Terkadang, tanda-tanda haid ini sangat tidak nyaman hingga dapat mengganggu aktifitas harian kita, dan sindrom pre-menstruasi akhirnya digunakan.

Tanda Tanda Menstruasi Yang Biasa Dirasakan

Perubahan Fisik

Bermacam-macam gejala perubahan fisik dapat muncul hingga 10 hari sebelum menstruasi terjadi, ini pernah disebutkan dalam sebuah artikel yang berjudul “Evolutionary Applications”. Kurang lebih sebanyak 80% wanita mengalami rasa membengkak, payudara yang lunak dan penambahan berat badan. Rasa sakit pada sendi atau punggung juga dapat muncul sebelum haid dimulai. Sakit kram yang semakin lama semakin sakit juga biasanya sinyal umum datangnya menstruasi.

Perubahan Mood & Tingkah Laku

Gejala pre-menstruasi atau disebut juga PMS mencakup adanya perubahan pada mood. Anda dapat menjadi mudah tersinggung, depresi atau selalu merasa cemas. Faktanya, mudah tersinggung, tegang atau emosional merupakan gejala paling umum yang paling sering wanita alami sebelum datangnya menstruasi. Ngidam akan makanan juga dapat terjadi, dan mungkin anda merasakan bertambahnya selera makan atau juga meningkatnya libido. Tidur anda mungkin akan terganggu, atau anda merasa cepat lelah beda dari biasanya. Beberapa wanita hanya memiliki salah satu pertanda saja, tapi ketika menstruasi terjadi, bisa saja banyak gejala yang dialami.

Cara Mengetahui Tanda Tanda Menstruasi Lebih Awal

Walau memang tidak ada metode sains yang benar-benar dapat mendeteksi secara pasti kapan haid itu akan datang, tapi metode-metode ini dapat membantu anda untuk memperkirakan siklus menstruasi dan dapat membantu anda untuk lebih siap akan menstruasi berikutnya yang akan datang. Contohnya dengan selalu membawa pembalut dalam tas itu merupakan hal yang simpel tapi strategi efektif agar selalu waspada menghadapi haid yang datang secara tiba-tiba.

Bagian Pertama: Mendokumentasikan Siklus Menstruasi Anda

Mengetahui Apa Yang Normal

tanda tanda haidProses keluarnya darah menstruasi itu sendiri bisa berlangsung mulai dari 2 hari hingga 7 hari, dimana rata-rata adalah 4 hari. Bercak darah yang keluar yang terjadi sebelum menstruasi tidak termasuk dalam hitungan, hanya darah yang benar-benar keluar pada masa haid.

Hal yang normal untuk wanita pada masa remaja dan umur 20 tahunan untuk mendapatkan siklus yang lebih panjang, bagi wanita di umur 30 tahunan mereka memiliki siklus yang lebih pendek, dan bagi wanita di pertengahan 40 hingga 50 tahun keatas mereka juga akan memiliki siklus yang pendek, mungkin saja lebih pendek dari biasanya.

Apabila siklus anda bervariasi secara acak dari bulan ke bulan selama 2 atau 3 haun lebih, sebaiknya anda temui dokter untuk memastikan anda tidak mengalami ketidakseimbangan hormon.

Menghitung Hari

Hitunglah jumlah hari antara hari pertama haid anda dan hari pertama di haid selanjutnya, angka itu merupakan panjang siklus anda. Siklus wanita pada umumnya yaitu 28 hari, tapi masih tergolong normal apabila variasinya itu antara 25-35 hari.

Buat Catatan

Catat hari pertama dan hari terakhir haid anda di kalender atau mungkin catat di handphone anda. Dengan cara ini, anda dapat mengestimasi kapan haid anda berikutnya akan datang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, datangnya haid kebanyakan wanita itu 28 hari, tapi kalau anda melacak menstruasi, anda akan dapat mengetahui panjangnya siklus anda.

Aplikasi

Bagi anda yang menggunakan smartphone, coba gunakan aplikasi yang dapat di download seperti Period Tracker. Teknologi seperti ini sangat membantu anda untuk melacak haid anda dengan mudah melalui handphone.

Bagian Kedua: Kenali Tubuh Anda

Kenali Gejala

Dengan mengetahui tanda tanda menstruasi yang biasa dialami wanita sebelum menstruasi dapat menjadi sangat bermanfaat. Beberapa gejala sudah disebutkan di atas, silahkan pelajari dengan baik agar anda bisa siap untuk menghadapi haid anda selanjutnya.

Mencatat Gejala Anda

Siklus menstruasi setiap wanita berbeda. Dengan mencatat gejala yang anda pernah alami sebelum dan selama periode menstruasi dapat membantu memprediksi haid yang akan datang.

Konsultasi Dengan Dokter

Ceritakan ke dokter anda apabila anda mengalami menstruasi yang tidak normal. Karena haid yang tidak teratur bitu bisa saja jadi sebuah gejala penyakit yang membutuhkan perawatan medis.

Apabila haid anda tidak terakhir, sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter secepatnya. Pastikan anda mendapatkan dokter yang dapat membuat anda nyaman untuk menceritakan masalah anda, ini merupakan hal yang sensitif jadi bicara dengan orang yang dapat membuat kita nyaman tentu menjadi poin yang plus. Klinik Utama Gracia siap membantu anda untuk mengatasi masalah haid anda, gunakan fasilitas chat kami dan ceritakan masalah haid yang sedang anda alami sekarang.