penyebab keputihan berlebihan
Apa Saja Penyebab Keputihan Berlebihan
December 20, 2016
ciri ciri keputihan yang berbahaya
Ciri Ciri Keputihan Yang Berbahaya
December 23, 2016

Sebenarnya Apa Itu Keputihan?

apa itu keputihan

Keputihan merupakan suatu kondisi yang terjadi pada wanita. Keputihan adalah kondisi yang umum. Setiap wanita pasti pernah mengalami kondisi atau keputihan tersebut. Keputihan terjadi pada wanita yang sudah mengalami menstruasi sampai wanita yang mendekati masa monopause. Keputihan juga dapat terjadi pada ibu hamil, tentunya keputihan yang berhubungan dengan keputihan.

Apa Itu Keputihan?

Keputihan merupakan suatu kondisi keluarnya cairan atau lendir yang diproduksi oleh serviks atau leher rahim dan kelenjar dari alat kelamin wanita dengan membawa bakteri serta sel-sel yang sudah mati. Hal tersebut membuat alat kelamin wanita tersebut menjadi bersih serta membantu mencegah infeksi terjadi.

Pada dasarnya keputihan dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu, keputihan fisiologis atau keputihan normal, dan juga keputihan patologis atau keputihan tidak normal.

Keputihan Normal (Fisiologis)

Apa itu keputihan fiologis? Keputihan fisiologis adalah keputihan normal. Keputihan normal tersebut biasanya terjadi pada saat masa subur, serta sesudah atau sebelum menstruasi. Keputihan yang terjadi dapat dikatakan sebagai keputihan normal apabila tidak menyebabkan rasa gatal, serta tidak memiliki bau yang tidak sedap.

Keputihan merupakan suatu kondisi yang memberikan sebuah reksi alami untuk membersihkan organ intim wanita. Pada organ intim wanita, berbagai jenis infeksi dapat terjadi, maka dari itu keputihan merupakan suatu bentuk reaksi seperti membersihkan diri dari infeksi.

Beberapa tanda-tanda keputihan normal;

• Keputihan berbentuk cairan atau lendir yang berwarna putih atau bening
  • Keputihan yang normal memiliki tekstur yang tidak lengket
  • Tidak memiliki warna warna yang pekat
  • Tidak berbau menyengat

Penyebab Keputihan Normal

• Perubahan siklus menstruasi
  • Terjadi perubahan hormon
  • Kehamilan

Keputihan Tidak Normal (Patologis)

Apa itu keputihan patologis? Keputihan patologis merupakan keputihan yang tidak normal. Munculnya berbagai penyakit, dapat disebabkan oleh keputihan patologis, hal tersebut tentu akan sangat mengganggu kondisi kesehatan. PAda ibu hamil, keputihan patologis dapat menyebabkan bayi dalam kandungan lahir secara prematur, serta dapat terserang nya berbagai infeksi pada sang buah hati. Bayi yang terserang virus, dapat beresiko terserang berbagai penyakit, gangguan pencernaan, serta gangguan pernapasan.

Beberapa tanda-tanda keputihan tidak normal;

• Keputihan yang disertai rasa tidak nyaman
  • Ada rasa nyeri
  • Keputihan yang menyebabkan rasa gatal pada area kewanitaan
  • Terjadi ruam di sekitar area kewanitaan karena terjadi infeksi