cara mengembalikan keperawanan
2 Cara Mengembalikan Keperawanan Wanita, Bisakah?
March 13, 2017
hal saat haid
Ingat, Ini 9 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid
March 14, 2017

Seperti Ini Proses Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

proses menstruasi

Bagi wanita, haid bukanlah hal yang asing. Karena mereka selalu mengalami haid setiapproses terjadinya menstruasi bulan. Tapi tidak semua wanita mengetahui bagaimana proses terjadinya menstruasi. Sebenarnya, sebagai wanita kamu harus tahu bagaimana proses haid, sebagai wawasan kamu.

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina wanita. Darah yang keluar merupakan lunturan dari dinding rahim yang sudah menebal. Lapisan pada dinding rahim tersebut disebut dengan endometrium. Ketika sudah memasuki masa haid, maka endometrium itu akan luntur dan berubah menjadi darah.

Pada umumnya, menstruasi terjadi pada wanita selama 3-7 hari. Tetapi periode tersebut akan berbeda-beda dari setiap wanita. Karena setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda juga, dan memiliki kadar hormon yang berbeda-beda, sehingga membuat periode menstruasi setiap wanita pun berbeda-beda.

Haid akan terjadi pertama kali pada wanita yang berumur 8-15 tahun atau saat memasuki masa pubertas. Setiap wanita akan mengalami siklus haid sekitar 28-35 hari. Selama itu terdapat beberapa proses yang terjadi pada tubuh wanita, sebelum mereka akan mengalami haid kembali pada bulan selanjutnya.

Banyak kondisi yang terjadi sehingga terjadinya PMS pada tubuh wanita. Menstruasi disebabkan oleh beberapa hormon yang ada pada tubuh wanita, hormon ini akan mempengaruhi terjadinya datang bulan, terdapat empat hormon yang mempengaruhi tubuh wanita.

Hormon yang Mempengaruhi Terjadinya Menstruasi

  • Luitenzig Hormone (LH)
  • Gonadotropin Releasing Hormon
  • Follicle Stimulating Hormon (FSH)
  • Estrogen dan Progesteron

Beberapa hormon diatas merupakan hormon yang sangat penting untuk membantu anda untuk menjaga kesehatan, terutama dalam sistem reproduksi wanita. Hormon ini sangat baik untuk menjaga tulang wanita, menjaga dinding vagina, dan lapisan lainnya yang ada di bagian reproduksi wanita.

chat online

Proses Terjadinya Menstruasi

Pada tubuh wanita, memiliki dua ovarium yang memiliki sel telur cukup banyak. Setiap tahapan menstruasi akan dimulai pada hari ke 11-14 setelah terjadinya menstruasi. Ditahapan ini menjadi waktu dimana sel telur akan meninggalkan ovarium, tahapan ini biasa disebut dengan ovulasi.

Menstruasi terjadi dari sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma. Sehingga sel telur akan terjadi sekresi pada hormon progesterone. Hormon inilah yang membuat dinding rahim akan menebal. Namun ketebalan tersebut tidak akan berlangsung lama, hormon ini akan luntur dengan sendirinya bersama dengan darah. Sehingga proses terjadinya menstruasi pada wanita pun berlangsung.

Saat wanita mengalami menstruasi dari hari pertama hingga ia mengalami haid kembali, selama itu terdapat beberapa fase yang dilalui oleh wanita pada organ reproduksinya. Dalam dunia medis, pada fase ini memiliki empat fase.

proses menstruasi

Empat Fase Menstruasi

Fase Pertama

Fase pertama adalah fase yang disebut dengan fase poliferasi, Fase ini dimulai sejak hari kelima masa haid dan akan berlangsung hingga hari ke 14 pada siklus menstruasi. Dalam masa ini, saat hormon esterogen memegang peranan penting dalam siklus menstruasi.

Dalam masa ini kadar esterogen akan menguat dan menghambat FSH (Follicle stimulating hormone), untuk mendorong hormon LH. Sehingga menyebabkan lapisan darah akan menebal dan menunggu untuk dibuahi oleh sel sperma.

Fase Kedua

Fase ini dikenal dengan fase ovulasi yaitu fase sel telur tidak dibuahi, maka ia akan melakukan pelepasan dari dinding rahim. Hal ini umumnya terjadi pada pertengahan siklus, sehingga sel telur yang sudah matang akan dilepaskan ke tuba fallopi (saluran tuba). Sel telur akan mampu bertahan hanya selama 12-24 jam, jika dalam periode waktu tersebut sel telur tidak dibuahi, maka sel telur akan mati.

Fase Ketiga

Fase ketiga atau yang lebih dikenal dengan fase luteal, dimana tahapan ini terjadi setelah sel telur meninggalkan tuba fallopi. Ini biasanya terjadi di hari ke 15 hingga 22 dari hari pertama menstruasi. Pada tahap ini progesterone akan terlepas, sehingga menebal pada dinding rahim dan menunggu telur untuk dibuahi. Pada fase ini biasanya setiap wanita diiringi dengan mood yang senang. Masa ini merupakan satu tahapan sebelum memasuki masa menstruasi.

Fase Keempat

Fase keempat merupakan fase menstruasi. Tahapan ini menjadi tahapan terakhir, karena pada masa ini merupakan masa dimana dinding rahim yang tebal luntur dan berubah menjadi darah yang keluar melalui vagina. Pada tahapan hari pertama keluarnya darah, maka ini biasanya juga disebut sebagai hari pertama siklus menstruasi terjadi.

Terkadang ketika anda memasuki masa menstruasi, anda akan mengalami rasa sakit maupun nyeri yang cukup menyakitkan. Tetapi hal itu terjadi secara normal pada setiap wanita, tetapi jika wanita mengalami rasa sakit di luar yang abnormal, maka si wanita memiliki masalah pada tahapan menstruasi tersebut. Bila hal ini terjadi, maka sebaiknya anda berkonsultasi kepada tim medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, anda juga bisa berkunjung ke Klinik Utama Gracia, untuk mengetahui keadaan anda.

chat online