gejala impotensi
lemah syahwat
5 Penyebab Lemah Syahwat Ini Bikin Anda Lemah Di Ranjang
July 21, 2017

PID adalah Penyakit Pada Wanita, Penyakit Apa itu?

gejala penyakit radang panggul

Tahukah Anda bahwa ternyata penyakit menular seksual (PMS) pada wanita yang tidak segera diobati dapat menyebabkan PID, lalu apakah PID itu? PID merupakan singkatan dari Pelvic Inflammatory Disease yaitu merupakan suatu kondisi serius yang memerlukan perawatan medis, bahkan 1 dari 8 wanita dengan riwayat PID bisa mengalami kesulitan untuk hamil.

Kepanjangan dari PID adalah (Pelvic Inflammatory Disease) atau lebih terkenal sebagai penyakit radang pinggul adalah sebuah infeksi pada organ reproduksi wanita yang paling umum sering terjadi karena disebabkan oleh beberapa PMS, seperti klamidia dan gonore, selain itu infeksi lain yang tidak menular secara seksual juga dapat menyebabkan PID.

PID adalah suatu infeksi menular yang biasanya terjadi pada bagian tubuh wanita seperti pada tuba falopi, rahim, ovarium, leher rahim, atau pada panggul wanita, selain itu perlu Anda ketahui bahwa PID adalah salah satu penyebab utama masalah ketidaksuburan pada wanita akan tetapi hal tersebut dapat dicegah.

Bagaimana Seseorang Bisa Terinfeksi PID?

• Memiliki PMS yang tidak diobati
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seks
  • Miliki pasangan seks yang memiliki pasangan seks selain Anda
  • Pernah terinfeksi PID sebelumnya
  • Wanita yang aktif secara seksual dan berusia 25 tahun atau lebih muda

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Terinfeksi PID?

Mungkin seseorang wanita tidak menyadari bahwa ia telah menderita PID karena gejalanya bisa ringan, atau Anda mungkin tidak mengalami gejala apapun, namun Anda harus memperhatikan gejala-gejala di bawah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

• Merasa nyeri di perut bagian bawah
  • Mengalami Demam
  • Keluarnya cairan keputihan yang tidak biasa dengan bau busuk dari Miss V
  • Terasa sakit dan mengalami pendarahan saat berhubungan badan
  • Merasakan sensasi terbakar saat Anda buang air kecil

Sehingga ada baiknya jika Anda memiliki beberapa gejala ini dan sering berganti-ganti pasangan maka ada baiknya segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter Anda, selain itu pasangan seks Anda juga harus diobati dan lakukan tes untuk klamidia setiap tahun jika Anda aktif secara seksual dan lebih muda dari usia 25 tahun.

Dapatkah PID Disembuhkan?

Jika PID didiagnosis lebih awal maka bisa diobati, namun yang harus Anda perhatikan pengobatan tidak akan membatalkan atau mengembalikan kerusakan yang telah terjadi pada sistem reproduksi Anda.

Selain itu semakin lama Anda menunggu untuk diobati maka semakin besar juga kemungkinan Anda akan mengalami komplikasi dari PID.

Dan pastikan juga bahwa Anda dan pasangan Anda harus menyelesaikan perawatan Anda sampai sembuh total, sebelum melakukan hubungan badan sehingga Anda tidak saling menginfeksi.

Lalu, Apa yang Akan Terjadi Jika PID Tidak Diobati?

Jika seseorang telah didiagnosis dan diobati secara dini maka komplikasi PID bisa dicegah, namun beberapa hal buruk dapat terjadi jika PID tidak diobati diantaranya:

• Mengalami pembentukan jaringan parut baik di luar maupun di dalam tuba falopi yang bisa menyebabkan penyumbatan tuba
  • Mengalami Kehamilan ektopik ataupun kehamilan di luar rahim
  • Mengalami Infertilitas ataupun ketidakmampuan untuk mengalami kehamilan
  • Mengalami Nyeri panggul ataupun nyeri perut dalam jangka panjang

Bagaimana Cara Untuk Mencegah Penyakit Radang Panggul?

• Dengan mempraktikkan¬†hubungan badan yang aman misalnya dengan menggunakan kondom
  • Satu-satunya cara mutlak untuk mencegah IMS adalah tidak melakukan hubungan badan
  • Anda bisa mengurangi risiko dengan melakukan hubungan badan hanya dengan 1 orang yang sudah Anda nikahi

Risiko PID juga akan berkurang jika Anda dan pasangan seksual Anda diuji IMS sebelum melakukan hubungan badan

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai PID adalah dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya segeralah berobat ke dokter Anda dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda terutama untuk mencegah PID.