phimosis adalah
Apa Itu Penyakit Phimosis?
September 17, 2016
info kesehatan wanita
Info Kesehatan Wanita
September 20, 2016

Penyebab Sering Buang Air Kecil

penyebab sering buang air kecil

penyebab sering buang air kecil

Sering buang air kecil (BAK) pastinya sangat tidak menyenangkan. Apalagi sering buang air kecil dimalam hari yang membuat waktu tidur menjadi terganggu. Pada umumnya kondisi ini disebabkan karena terlalu banyak minum atau cuaca dingin. Namun ada beberapa kondisi medis yang menjadi penyebab sering buang air kecil.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Diabetes

Dari banyak kasus sering BAK penyebabnya adalah diabetes. Kondisi ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine. Penyebab sering BAK karena kondisi ini harus diatasi agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi. Tahukah anda salah satu penyebab impotensi adalah diabetes.

Kehamilan

Sering BAK pada masa kehamilan adalah kondisi yang wajar. Intesitas buang air kecil akan lebih sering dengan meningkatnya usia janin. Penyebab kondisi ini adalah bertambah usia janin yang mendorong kandung kemih sehingga kandung kemih tidak optimal dalam menampung urin.

Masalah Prostat

Pada pria kemungkinan penyebab sering buang air besar adalah prostat. Dimana prostat adalah saluran dibawah kandung kemih yang berfungsi dalam pentukan sperma. Jika penyebab sering BAK karena pembesaran prostat maka anda harus segera mengatasi. Sebab keterlambatan pengobatan dapat mengakibatkan masalah kesuburan (infertilitas).

Infeksi Saluran Kemih

Kondisi ini bisa dialami oleh para pria dan wanita. Umumnya keluhan pasien yang menderita infeksi kemih adalah sering buang air kecil, nyeri pada perut, nyeri saat buang air kecil dan mengalami demam. Kondisi ini harus segera diobati agar tidak menimbulkan komplikasi.

Masalah Ginjal

Menderita Infeksi ginjal atau batu ginjal akan mengalami keluhan seperti sering BAK. Gejala lain dari infeksi ginjal adalah sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, diare dan demam. Sedangkan keluhan lain dari batu ginjal adalah kencing yang keluar sedikit, nyeri saat buang air kecil, sakit perut, warna urine keruh dan darah pada urine

Divertikulitas

Peradangan pada dinding usus besar (divertikulitas), Gejala yang dialami saat menderita kondisi ini adalah nyeri pada perut yang tidak tertahankan, sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, pendarahan dari dubur dan demam.

Penyebab lain dari sering BAK adalah kecemasan, stroke, efek samping obat diuretik, cystitis, uretritis, kanker rahim dan penyakit kelamin.

Note: Jika anda sering sekali buang air kecil disertai dengan keluhan nyeri saat buang air kecil, urine yang keluar selalu sedikit, urine yang keluar terdapat darah, kencing bernanah dan warna urine keruh maka segera melakukan test urine untuk memastikan kondisi medis yang sebenarnya.

Anda membutuhkan informasi untuk pengobatan masalah ini? Klik konsultasi gratis di bawah ini.

chat online