polip rahim
September 28, 2016

Penyebab Penyakit Sifilis Pada Pria Dan Wanita

penyebab sifilis

penyakit sifilisSifilis atau juga dikenal dengan istilah penyakit raja singa, merupakan golongan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Umumnya orang yang menderita penyakit sifilis tidak sadar telah terinfeksi bakteri. Sebab saat awal terjadi gejala tidak terasa sakit, hanya ada lesi atau luka pada bagian yang terinfeksi.

Oleh karena itu penyakit ini sangat sulit untuk dikenali oleh orang awam. Jadi saat anda memiliki luka terutama pada bagian organ vital maka sebaiknya diperiksakan ke dokter kelamin untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Jika hasil diagnosa positif menderita sifilis maka lakukan pengobatan secara intensif.

Keterlambatan dalam mengobati penyakit raja singa dapat beresiko kelumpuhan, kebutaan, masalah pendengaran, demensia, impotensi dan bahkan kematian. Untuk mengurangi bahaya dari penyakit sifilis maka cari tahu apa saja yang menjadi penyebab sifilis.

Penyebab Sifilis

Melalui Hubungan Seksual

Raja singa adalah penyakit menular seksual (PMS). Jadi penyebab utama dari penyakit ini adalah melalui hubungan seksual. Oleh karena itu bagi anda yang suka bergonta-ganti pasangan lebih baik menggunakan kondom supaya lebih aman. Sebab jika pasangan anda terinfeksi sifilis maka bisa menularkan ke anda. Penularan bisa melalui hubungan seksual vaginal, anal dan oral. Jadi penyakit sifilis tidak selalu menginfeksi bagian kelamin, tergantung dari hubungan seks yang dilakukan.

Melalui Cairan Darah

Penyebab sifilis bukan hanya lewat hubungan seksual saja. Namun penularan bisa melalui cairan darah. Penularan ini bisa melalui benda perantara dan kontak langsung. Bagi anda yang suka dengan tato atau tindih ditempat umum pastikan bahwa jarum yang digunakan sudah steril. Sebab jarum yang telah terkontaminasi dapat menjadi penularan penyakit. Selain itu kontak langsung terhadap luka, misalnya saat penderita sedang mengalami luka sariawan lalu anda berciuman dengannya.

Melalui Plasenta

Jika ibu sedang hamil menderita penyakit sifilis maka janin dalam kandungan bisa terinfeksi melalui plasenta. Kondisi penularan ibu kepada bayi dikenal sebagai kongenital sifilis. Terinfeksi janin dapat beresiko keguguran atau cacat setelah lahir. Resiko bisa dikurangi jika ibu hamil diobati sebelum kehamilan mencapai 4 bulan. Oleh karena itu bagi ibu hamil harus segera melakukan pengobatan untuk menjaga kesehatan janin.

penyebab sifilis

Note: Saat anda mulai merasakan telah mengalami ciri-ciri penyakit sifilis maka segera lakukan pemeriksaan tes darah. Selama proses pengobatan tidak boleh berhubungan seksual dan sebaiknya ajak pasangan untuk ikut memeriksakan kondisi kesehatan.

Setelah anda mengetahui penyebab dan bahaya sifilis maka sebaiknya tidak melakukan sex bebas, setia terhadap pasangan, mencari tahu kesehatan pasangan, berhati-hati dalam menggunakan barang umum terutama jarum. Yang paling penting harus bersabar dalam melakukan pengobatan sifilis.

Temukan pengobatan penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia!