apa penyebab keputihan pada wanita
Apa Penyebab Keputihan Pada Wanita?
October 26, 2016
penyebab haid tidak lancar
Penyebab Haid Tidak Lancar
October 28, 2016

Penyebab Penyakit Herpes Yang Banyak Ditemui

penyakit herpes

penyebab penyakit herpes

Herpes simplex itu disebabkan oleh virus tipe 1, utamanya menyebar melalui kontak oral dan kadang-kadang muncul bersamaan dengan demam. Herpes jenis ini juga bisa berkembang tanpa adanya demam atau sakit lain sebelumnya.

Virus herpes simplex (HSV) merupakan virus yang biasanya mengakibatkan infeksi pada kulit. Ada dua jenis HSV: HSV tipe 1 yang biasanya menyebabkan lepuh kecil di mulut, mata atau bibir dan HSV tipe 2 biasanya menyerang ke area di sekitar kemaluan. Salah satu penyebab penyakit herpes merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh dua tipe virus yang berbeda tapi berhubungan.

Infeksi oral dari HSV-2 cenderung muncul lebih sedikit dibandingkan dengan HSV-1. Kambuhnya HSV-1 itu lebih ringan dibanding dengan infeksi utamanya dan lebih sering dikenal sebagai cold sores atau demam lecet (karena mereka bisa muncul pada saat demam atau flu). HSV-2 dapat menjadi masalah serius ketika ditularkan ke bayi yang baru lahir, walaupun kasus seperti ini agak jarang terjadi. Terkadang HSV-2 bisa jadi penyebab sariawan.

Herpes kelamin merupakan penyakit seks menular yang biasanya diakibatkan oleh HSV-2. Timbulnya penyakit kelamin ini adalah ketika gejala pertama yang tampak seperti stress, kelelahan, kurang tidur, menstruasi dan gesekan alat kelamin (pasangan seks baru setelah lama tidak berhubungan), tapi riset lebih lanjut diperlukan dalam subjek ini. Biasanya kambuhnya penyakit ini lebih sering terjadi di tahun pertama sejak terkena infeksi, oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebab penyakit herpes secara umum.

Penyebab Penyakit Herpes

penyakit herpesAda banyak macam atau sering disebut sebagai “pemicu” yang dapat menyebabkan penyakit herpes muncul. Mulai dari diet yang tidak benar sampai ke terlalu banyak terkena sinar matahari. Agar dapat mengobati herpes dengan baik dan mencegahnya agar tidak kambuh kembali, kita harus mengerti apa saja yang bisa menjadi penyebab penyakit herpes dan cara mengatasi pemicu-pemicunya.

Virus herpes simplex itu dipenuhi dengan amino acid arginine. Jumlah arginine yang banyak biasanya memicu terjadinya cold sore. Pola makan yang banyak mengandung arginine seperti kacang, jus jeruk, selai kacang dan coklat merupakan pemicu terjadinya cold sore.

Anda tidak perlu khawatir, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lysine dapat membantu mengurangi kadar arginine dalam tubuh anda. Lysine itu merupakan amino acid yang dapat mencegah timbulnya cold sore. Makanan yang mengandung lysine tinggi adalah ayam, pir, bawang dan keju.

Stres merupakan salah satu penyebab penyakit herpes muncul ke permukaan. Banyak yang berpendapat bahwa stres dapat merusak kesehatan anda dan mengakibatkan banyak penyakit.

Kecemasan dan stres dapat disebabkan oleh sering menunda sesuatu, jangan terlalu sering mengerjakan sesuatu di detik-detik terakhir dan ada baiknya selalu penuh persiapan. Anda tidak dapat mengkontrol semua hal dalam hidup anda jadi cobalah untuk lebih santai dan menikmati hidup ini.

Sistem kekebalan tubuh yang rendah dapat membuat tubuh jadi rentan terkena cold sore. Tubuh tidak dapat melawan virus apabila dalam keadaan lemah, kurang tidur dan kurang vitamin c dapat membuat tubuh anda menjadi lemah. Ada baiknya anda tidur setidaknya 8 jam setiap hari dan mengkonsumsi 500mg vitamin c setiap hari agar sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat.

Terlalu banyak terekspos sinar matahari juga dapat memicu herpes. Matahari dapat membakar bibir dan membuatnya kering dan pecah-pecah, hal ini membuat anda rentan terkena herpes. Pastikan untuk selalu memakai pelindung seperti lip balm yang dapat membantu bibir anda tetap lembab agar terhindar dari herpes.

Anda terkena herpes? Atau anda bingung tempat melakukan tes herpes? Klinik kami siap membantu anda dalam mengatasi penyakit herpes. Bicara dengan staf profesional kami secara online dan konsultasikan masalah anda sekarang, GRATIS!