penyakit menular seksual adalah
November 27, 2016

Penyebab Penyakit Gonorrhea Pada Perempuan

penyebab penyakit gonorrhea

penyebab penyakit gonorrheaSaat ini, seiring perkembangan dunia medis dan kedokteran, berbagai diagnosis penyakit telah banyak ditemukan. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi masyarakat karena masyarakat dapat mengetahui dengan segera apa penyakit yang dapat mereka derita serta resiko yang menyertainya.

Bukan hanya itu, masyarakat pun dapat mengetahui cara penyembuhan yang tepat terhadap suatu penyakit. Penyakit yang saat ini menjadi sesuatu yang dianggap sangat berbahaya bagi masyakarat adalah penyakit seksual menular.

Gaya hidup masyarakat modern yang serba bebas membuat resiko terkena penyakit seksual semakin tinggi, salah satunya adalah gonorrhea. Penyebab penyakit gonorrhea antara lain adalah karena hubungan seks yang tidak semestinya seperti oral seks atau anal seks, tidak mengganti kondom dengan yang baru setelah digunakan dalam kegiatan seks sebelumnya atau berhubungan seks tetapi tidak menggunakan kondom.

Penyakit gonore dapat diderita baik oleh laki-laki maupun oleh perempuan. Sebagai perempuan, tentu saja penting untuk mengetahui bagaimana penyakit ini dapat diderita atau dapat menular, mengingat perempuan memiliki resiko yang tinggi menularkan penyakit ini kepada bayi. Ada beberapa cara penularan penyakit gonorrhea yang perlu diketahui untuk mengurangi resiko penderitanya.

Kebersihan Alat Reproduksi

Salah satu penyebab penyakit gonorrhea dipengaruhi faktor kesehatan. Alat reproduksi merupakan salah satu bagian penting dari anatomi tubuh manusia yang memiliki resiko cukup tinggi untuk menderita atau tertular penyakit seksual. Penyakit yang menjangkit alat reproduksi dapat menjadi bahaya bagi penderitanya, khususnya bagi perempuan karena menyangkut kelahiran. Oleh karena itu, kebersihan alat reproduksi menjadi penting untuk dilakukan sebagai salah satu cara meminimalisirnya.

Gonorrhea atau kencing nanah merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri gonorhoeae atau bakteri gonococcus yang terdapat pada cairan di bagian penis atau vagina penderitanya. Bakteri gonococcus menyerang pada bagian-bagian intim alat reproduksi yaitu dubur, serviks, uretra, mata dan tenggorokan. Ciri-ciri penyakit gonorrhea antara lain adalah ketika buang air kecil merasakan sakit yang diikuti keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau dari vagina.

Akibat Seks Bebas

Di zaman modern seperti sekarang ini, perilaku seks bebas sangat mudah ditemukan di kalangan masyakarakat akibat semakin memudarnya norma dan masuknya dampak negative akibat pergaulan bebas. penyebab penyakit gonorrhea juga dapat dipicu akibat perilaku seks bebas karena berganti-ganti pasangan. Cara penularan penyakit ini adalah lewat interaksi langsung dengan penderita melalui hubungan seks atau pada perempuan melalui pasangannya yang telah terinfeksi terlebih dahulu.

Apabila perempuan telah terinfeksi, resiko menularkannya pada anak cukup tinggi apabila perempuan tersebut masih menderita gonorrhea ketika proses melahirkan. Cara menyembuhkan penyakit gonorrhea dapat dilakukan dengan cara pemberian antibiotik oleh dokter dan berhenti melakukan hubungan seksual ketika proses pengobatan untuk menghindari resiko terinfeksi kembali. Demikian informasi tentang penyebab penyakit gonorrhea dan resikonya.