ciri-ciri penyakit sipilis
October 16, 2016

Penyebab Keputihan Berwarna Hijau

keputihan berwarna hijau

keputihan berwarna hijauNormalkah keputihan berwarna hijau? Cairan atau lendir vagina yang keluar bisa dikatakan normal jika jumlah cairan tidak berlebih,warna bening, tidak berbau, tidak berbusa, tidak gatal dan juga tidak terasa nyeri. Umumnya keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat kehamilan, terangsang hubungan seksual, stress, sebelum dan sesudah menstruasi.

Ketika cairan atau lendir yang keluar dari vagina mulai mengalami perubahan warna menjadi hijau, kuning, keabuan, atau kecoklatan. Serta keputihan yang dialami memiliki keluhan gatal, nyeri, berbau dan keputihan terus berlanjut dengan jumlah yang banyak maka menunjukkan ada indikasi infeksi pada saluran reproduksi.

Indikasi infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi penyebabnya adalah bakteri, virus, jamur atau parasit. Umumnya Pemicunya adalah kurangnya menjaga kebersihan sehingga bakteri, jamur dan parasit lebih mudah berkembang. Oleh karena itu jangan malas untuk membersihkan dan merawat daerah vagina.

Selain itu kasus yang cukup banyak karena infeksi menular seksual (IMS). Penyebabnya adalah seks bebas dan kurang pengetahuan tentang seksualitas. Seks bebas suka bergonta-ganti pasangan beresiko lebih besar terinfeksi penyakit menular seksual. Sebab anda pastinya tidak mengetahui riwayat kesehatan dari semua pasangan. Jadi Jika ingin berhubungan seksual sebaiknya dengan menggunakan kondom untuk mengurangi resiko tertular.

Bagaimana cara membedakan keputihan yang dialami disebabkan oleh bakteri, virus, parasit atau jamur? Perhatikan saja dari warna lendir atau cairan vagina dan gejala yang dialami. Namun anda harus ingat pemeriksaan laboratorium harus tetap dilakukan untuk hasil yang pasti. Sebab banyak gejala yang sama tetapi indikasi penyakit berbeda. Di artikel ini akan dibahas secara jelas keputihan warna hijau

keputihan warna hijau

Keputihan Berwarna Hijau

Umumnya keputihan warna hijau disebabkan oleh trikomoniasis (parasite), biasanya terinfeksi dari hubungan seksual yang tidak aman. Gejala bila terinfeksi trikomoniasis (parasite) sebagai berikut:

• Lendir yang keluar biasanya kuning-kehijauan
  • Bau kurang tak sedap
  • Cairan berbusa atau berbuih
  • Rasa gatal pada vagina
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Rasa sakit saat berhubungan intim
  • Terjadi pendarahan setelah berhubungan seksual

Selain trikomoniasis, penyebab keputihan berwarna hijau adalah bakteri Neisseria gonorrhoea. Gejala yang paling identik yaitu kencing bernanah, rasa terbakar atau panas pada daerah vagina. Umumnya penularan juga dari melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

Keputihan berwarna hijau juga tidak luput dari kurangnya menjaga kesehatan vagina yang mengakibatkan peradangan pada vagina (vaginitis). Peradangan ini bisa disebabkan oleh ketidakcocokan menggunakan sabun pembersih vagina, penggunaan pantyliner yang terlalu sering dan penggunaan celana yang terlalu ketat.

Catatan: Apapun warna keputihan yang anda alami. Jika itu terlihat tidak wajar yang ditandai aroma busuk, gatal dan nyeri sebaiknya lakukan pemeriksaan laboratorium untuk hasil yang lebih pasti. Diharapkan tidak menganggap remeh masalah keputihan yang sedang dialami demi kesehatan reproduksi dan seksual.

Bila ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual, silahkan menggunakan layanan konsultasi atau via telepon untuk mendapatkan penjelasan dari staff medis.