kesehatan reproduksi
October 8, 2016

Penyebab Kemandulan Dan Cara Mengatasinya

kemandulan

penyebab kemandulanKemandulan merupakan keadaan dimana seseorang baik itu pria atau wanita tidak mampu memiliki keturunan. Banyak sekali penyebab kemandulan yang perlu kita ketahui untuk menambah pengetahuan kita. Pasangan yang sedang mengalami kondisi ini tingkat stres menjadi tinggi jadi ada baiknya menerima dukungan dari keluarga atau teman terdekat agar mengurangi tekanan yang ada saat ini.

Gangguan kesuburan ini dapat mempengaruhi pembawaan diri sehingga selalu merasa was-was dan khawatir. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kemandulan pada pria dan wanita diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Faktor Hormonal

Bagi seorang wanita terjadinya kelainan pada sistem reproduksi kemungkinan disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi seperti lutein dan perangsang folikel yang dapat menghambat pelepasan sel telur.

Menopause Dini

Menopause dini merupakan sebuah penyakit yang dialami oleh wanita dengan gejala berhenti menstruasi pada usia di bawah 40 tahun. Penyebab menopause dini diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kelainan imuntias, kemoterapi dan radioterapi serta efek obat-obatan.

Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan penyumbatan keluarnya sel telur. Penyakit ini merupakan salah satu bentuk penyakit kista yang bersifat non neoplastis. Gejala awal dari penyakit ini adalah rasa nyeri pada bagian rahim yang disertai menstruasi yang tidak lancar.

Penyumbatan Tuba Falopi

Penyumbatan tuba falopi biasanya disebabkan oleh salpingitis yang kemudian dapat merusak tuba falopi. Hal ini pada akhirnya akan menghambat kehamilan atau dapat menyebabkan kehamilan di luar kandungan.

Tumor dan Kanker Rahim

Tumor atau kanker yang terdapat pada bagian rahim sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kemandulan.

kemandulan

Penyebab Kemandulan Pada Pria

Mutasi Genetik

Mutasi genetik yang menyebabkan kemandulan memang seringkali dialami banyak pria, misalnya sindrom klinefelter yang menyebabkan pria memiliki dua kromosom X dan satu kromosom Y. Sindrom tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan testis dan produksi sperma yang tidak banyak.

Kondisi Sperma

Kondisi sperma yang meliputi motilitas sangat mempengaruhi proses pembuahan. Hal ini biasanya disebabkan oleh aktifitas kebiasaan yang buruk seperti merokok, alkohol, kelelahan, penggunaan celana pendek atau onani yang tidak wajar.

Impotensi

Impotensi adalah lemahnya bagian organ intim karena aliran darah ke penis yang kurang normal yang akhirnya mengakibatkan penis sulit berdiri atau tidak bisa tegang.

Gangguan Hormon

Adanya gangguan dari kelenjar pituitari dapat menyebabkan produksi hormon testosteron menjadi terhambat yang berdampak langsung pada pengurangan produksi sperma.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kemandulan pada umumnya, ada baiknya kita menjaga kesehatan kita dengan pola hidup yang teratur dan sehat agar terhindar dari kemandulan. Masih kurang jelas? Chat online dengan konsultan kami, kami siap membantu anda.