obat turun berok
November 24, 2016

Penyebab Herpes Kulit dan Pengobatannya

penyebab herpes kulit

Ada banyak macam penyakit kulit dengan penyebab dan gejala yang bereda-beda salah satunya adalah herpes kulit. Sebelum kita membahas mengenai penyebab herpes kulit mari ulas apa saja jenis dari penyakit yang satu ini dan sering ditemukan di tubuh manusia. Pada umumnya penyakit herpes muncul di bagian kulit pada tubuh seperti kulit tubuh, kulit mulut, kulit kelamin, serta bagian lainnya. Sesuai namanya penyebab utama penyakit ini adalah virus bernama Herpes atau juga sering disebut Human papillomavirus (HPV). Di bawah ini beberapa uraian herpes beserta penyebab juga pengobatannya.

Herpes Pada Mulut

Penyakit herpes pada mulut sangat memungkinkan menular. Penyebab herpes kulit di bagian mulut ialah masuknya virus herpes jenis simplex 1 pada tubuh. Mengapa penyakit ini dapat menular dengan mudah? Karena virus memang mudah pindah melalui banyak media seperti handuk, peralatan makan, sikat gigi, hingga lendir. Herpes kulit pada mulut dapat menular menjadi herpes genital atau kelamin bila penderita melakukan kegiatan seks oral.

Herpes Pada Kelamin

Berikutnya yang kedua adalah herpes pada bagian kelamin. Penyakit ini umum terjadi akibat hubungan seks dengan penderita herpes. Virus yang menyerang dan menimbulkan penyakit ini adalah jenis virus herpes simplex 2. Sama seperti herpes pada mulut, herpes pada kelamin juga dapat menular secara meluas ke daerah tubuh lainnya.

Herpes Pada Kulit Berupa Cacar

Penyebab herpes kulit yang ketiga ini adalah virus herpes jenis virus varicella zoster. Gejala dari penyakit ini adalah tumbuhnya bintik-bintik pada kulit mulai dari wajah hingga kaki yang dimana bintik-bintik tersebut berisi air. Biasanya masyarakat Indonesia menyebutnya juga dengan cacar air. Tentu saja penyakit ini juga dapat menular dari pemakaian benda yang sama seperti handuk atau juga bersentuhan secara langsung dengan penderita.

Herpes Pada Air Liur

Yang keempat adalah herpes pada air liur. Penyakit herpes yang satu ini disebabkan oleh virus dengan jenis Epstein Barr yang menimbukan infeksi bernama mononucleosis. Penularan penyakit ini sesuai dengan namanya yaitu melalui air liur seperti berciuman, batuk, flu, dan lainnya. Biasanya pemakaian perangkat makan yang sama cenderung menjadi media utama penyakit herpes ini.

Herpes Menyerang Kekebalan Tubuh

Jenis penyakit herpes lain adalah jenis herpes yang menyerang kekebalan tubuh. Penyebab herpes kulit yang satu ini dikarenakan terjangkit virus jenis Cytomegalovirus. Pada orang yang sehat dnegan sistem kekebalan tubuh yang baik, virus ini mungkin tidak memberi gejala apa pun. Tetapi pada orang yang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah seperti penderita HIV, penyakit ini dapat menjadi sangat serius. Gejalanya dapat berupa penglihatan terganggu, gangguan pencernaan, hingga kematian.

Herpes Pada Bayi

Penyebab herpes kulit keenam dan sekaligus yang sangat sering ditemukan adalah herpes pada bayi yang dikarenakan terjangkit virus herpes tipe 6 atau tujuh. Gejala dari penyakit ini biasanya bayi akan mengalami demam hingga kejang, serta timbulnya ruam pada kulit. Bayi juga akan kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan.

Itu dia ulasan seputar penyakit herpes yang sering ditemukan pada tubuh manusia. Pengobatan dari penyakit herpes sendiri tergantung pada tingkat gejala jenis penyakit herpes masing-masing penderita. Biasanya dokter memberi obat-obatan untuk melawan virus serta meredakan gejala. Semoga ulasa penyebab herpes kulit di atas menambah informasi dan bermanfaat.