masalah ejakulasi dini
Pengertian Ejakulasi Dini Secara Lebih Dalam
May 5, 2017
masalah saat bab
Hal Inilah Penyebab Keluar Darah Saat BAB
June 1, 2017

Ternyata Beberapa Hal Ini Penyebab Haid Tidak Berhenti

alat kontrasepsi

masalah haid

Wanita pada umumnya akan mengalami menstruasi atau haid selama lebih kurang 5 hingga 7 hari, akan tetapi pada beberapa wanita ada yang mengalami haid atau menstruasi yang cukup lama bahkan lebih lama dari batas normal atau tidak dapat berhenti. Nah pada artikel kali ini akan dibahas penyebab haid tidak berhenti.

Haid yang tidak berhenti tentunya akan menjadi mimpi buruk bagi seluruh wanita, sebab dapat mengganggu rutinitas keseharian Anda serta membuat semua wanita khawatir karena dapat menimbulkan penyakit lainnya.

Dari beberapa kasus yang pernah ada, diketahui bahwa sebagian besar penyebab masalah menstruasi yang tidak berhenti yaitu diakibatkan oleh adanya gangguan hormonal yang tidak seimbang. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya, yaitu:

Penyebab Haid Tidak Berhenti

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa menstruasi tidak berhenti dalam waktu yang lama, sehingga dapat menimbulkan masalah yang serius nantinya. Untuk itu apabila Anda mengalami salah satu dari beberapa penyebab ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk segera diberikan pengobatan yang benar.

Penyebabnya antara lain yaitu:

Alat kontrasepsi

alat kontrasepsiTerkadang alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) menjadi salah satu penyebab haid tidak dapat berhenti. Apabila hal ini terjadi, maka sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memeriksa alat kontrasepsi, serta jangan lupa untuk menanyakan kepada dokter tersebut apakah alat kontrasepsi bergeser atau perlu diganti.

Fibroid rahim

Penyebab haid tidak dapat berhenti selanjutnya adala fibroid rahim atau tumbuhnya jaringan otot fibrosa sehingga mengakibatkan terjadinya pendarahan hebat selama beberapa periode, namun hal ini bukanlah penyakit kanker.

Fibroid rahim dapat hilang dengan sendirinya, apalagi setelah wanita mengalami menopause. Akan tetapi selalu perhatikan gejala yang terjadi, apakah dalam waktu yang lama seperti terjadinya sembelit dan nyeri yang tidak terkendali pada punggung bagian bawah. Untuk menghilangkan fibroid dapat dilakukan dengan prosedur pembedahan atau menyusut akibat obat-obatan.

Karena polip

Pertumbuhan non kanker yang terjadi pada endometrium atau leher rahim atau yang lebih dikenal dengan polip, dapat menyebabkan terjadinya pendarahan selama periode menstruasi. Polip juga dapat menyebabkan terjadinya menstruasi berat hingga menjadi kanker atau pra kanker.

Gangguan fungsi trombosit

Apabila Anda mempunyai gangguan fungsi trombosit atau terserang penyakit von Willebrand (VWD), maka dua hal tersebut merupakan penyebab haid tidak dapat berhenti karena pendarahan haid berlangsung lebih lama dari batas yang telah ditentukan.

chat online

Kanker

Kanker juga menjadi penyebab haid tidak dapat berhenti, seperti kanker endometrium yang biasanya menyerang wanita setelah menopause, akan tetapi dapat juga terjadi pada wanita yang lebih muda.

Karena obat

Beberapa obat-obatan anti inflamasi serta antikogulan seperti aspirin, ternyata dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan berat sehingga menjadi salah satu penyebab haid tidak dapat berhenti.

Cara Mengatasi Haid Tidak Berhenti

Terdapat dua cara mengatasi, yaitu:

penggunaan obatMenggunakan Obat

Obat seperti asam tranexamix merupakan obat antifibrinolytic. Obat ini bekerja dengan cara mencegah terjadinya gumpalan darah yang berhenti dan terlalu cepat. Obat ini sangat membantu untuk dapat mengurangi pendarahan berlebih selama haid.

Obat kontrasepsi hormonal atau progesterone seperti danazol akan membuat periode haid Anda menjadi lebih teratur, sedangkan NSAID dapat memotong sepertiga dari darah yang hilang dari tubuh Anda. Kumparan KB yang disebut Mirena, ternyata juga dapat membantu menormalkan periode haid Anda.

Intervensi Medis

Untuk mengobati menstruasi tidak berhenti, dokter akan merekomendasikan prosedur bedah kepada pasien, yaitu dengan menggunakan pemeriksaan Hysteroscopy jika Anda mempunyai fibroid rahim.

Hysteroscopy dilakukan menggunakan hysteroscope yang tipis. Bentuknya berupa tabung yang kemudian dimasukkan ke dalam vagina untuk dilakukan pemeriksaan leher rahim yang terdapat di dalam rahim. Hysteroscopy berupa diagnostik atau operasi yang pada dasarnya prosedur ini akan menghapus fibroid yang berada di dalam rahim.

Itulah informasi mengenai penyebab haid tidak berhenti serta beberapa cara mengatasinya. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih lengkap mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.

chat online