fase menstruasi
September 11, 2016

Penyebab Dan Gejala Penyakit Radang Panggul

radang panggul

radang panggulRadang panggul atau dikenal dalam istilah kedokteran pelvic inflammatory disease (PID). Suatu kondisi terjadi peradangan atau infeksi pada organ-organ yang terdapat pada panggul wanita. Organ panggul termasuk rahim, leher rahim, saluran telur dan indung telur. Sebagian besar kasus penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi pada vagina lalu menyebar ke rahim.

Penyebab Penyakit Radang Panggul

Penyakit Menular Seksual

PID adalah suatu penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita yang disebabkan oleh terinfeksinya penyakit menular seksual (PMS) yaitu gonorea dan klamida. Sebaiknya jika anda memiliki riwayat PMS segera dikonsultasikan ke dokter agar penyakit tidak semakin kompleks.

Pemakaian Alat Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi spiral IUD dapat mempengaruhi munculnya infeksi, sebab pemasangan kontrasepsi berada dalam rahim sehingga lebih berbahaya. Resiko tersebut diantaranya lupa jadwal pencabutan IUD sehingga dapat menyebabkan infeksi.

Gejala Penyakit Radang Panggul

Masalah Menstruasi

Kondisi menstruasi anda tidak seperti biasanya dan terus berulang? Segera periksakan ke dokter sebab masalah menstruasi selain menganggu kesuburan dapat menyebabkan penyakit radang panggul, endometriosis, adenomiosis, fibroid rahim dan stenosis serviks.

Pendarahan

Bila pendarahan terjadi luar menstruasi maka suatu pertanda adanya gangguan pada kesehatan reproduksi. Sebab biasanya penyakit ini akan membuat seorang wanita kerap kali mengeluarkan bercak darah dari rahim. Oleh karena itu berhati-hati pendarahan yang terjadi diluar periode haid.

Masalah Keputihan

Saat anda mengalami masalah keputihan seperti berwarna, berbau, gatal dan nyeri maka sebaiknya cari tahu penyebab keputihan tersebut. Bila penyebab keputihan tersebut karena infeksi dari penyakit menular seksual sebaiknya segera melakukan pengobatan intensif. Sebab peradangan pada vagina akan menyebar ke rahim sehingga anda beresiko menderita penyakit radang panggul.

Rasa Nyeri Sekitar Perut

Nyeri perut pada wanita bukan hanya masalah pencernaan. Tetapi nyeri pada perut bisa mengenai masalah reproduksi. Kondisi nyeri perut bagian bawah hingga nyeri pada panggul dan nyeri saat buang air kecil adalah bagian dari gejala penyakit ini.

penyakit radang panggul

Radang panggul terjadi karena ada infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menjalar ke rahim. Oleh karena itu perhatikan kebersihan vagina untuk mengurangi terjadi peradangan atau infeksi. Selain itu tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang belum diketahui riwayat kesehatanya. Bila anda aktif dalam hubungan seksual maka sebaiknya jangan menggunakan kontrasepsi IUD.

Penyakit ini bila ditangani secara dini dapat diobati dengan baik. Namun pengobatan tidak akan memperbaiki kerusakan secara sempurna yang terjadi pada sistem reproduksi. Tetapi jika tidak diobati maka penyakit akan semakin parah dan beresiko besar terjadi komplikasi seperti infertilitas, kehamilan ektopik dll.

Untuk menghindari komplikasi penyakit yang tidak diharapkan sebaiknya lakukan pengobatan secepat mungkin. Anda dapat menggunakan layanan dibawah ini untuk informasi kesehatan perempuan.