kemandulan
October 9, 2016

Penyakit Kulit Herpes, Oral & Herpes Genital

penyakit kulit herpes

penyakit herpesPenyakit kulit herpes atau herpes secara general diakibatkan oleh infeksi virus. Walaupun terdapat berbagai macam tipe, kasus umumnya itu menyerang mulut dan wajah. Hal ini mengakibatkan bercak pada mulut atau wajah. Tipe umum lainnya adalah herpes genital yang menyerang area kemaluan pria atau wanita. Kedua tipe ini disebabkan oleh virus herpes simplex atau disebut juga HSV yang dapat diklasifikasi menjadi tipe 1 dan tipe 2.

Diantara semua penyakit herpes, herpes genital merupakan penyakit yang paling membahayakan. Gejala herpes timbul secara bertahap pada orang yang terkena infeksi. Terkadang infeksi herpes dapat tidak terlalu diperhatikan.

Gejala Yang Ditimbulkan Oleh Penyakit Kulit Herpes, Oral & Herpes Genital

Gejala herpes mulai berkembang dalam jangka waktu dua hingga dua puluh satu hari, terkadang lebih lama. Gejala ini dapat bertahan hingga beberapa minggu tergantung dari individu yang terkena infeksi. Oleh karena gejala timbul secara bertahap, tahap pertama biasanya timbul tapi banyak orang yang tidak sadar. Dalam beberapa kasus ada orang yang terkena infeksi selama setahun baru sadar telah terinfeksi herpes.

Pada penyakit kulit herpes genital, gejala pertama adalah rasa gatal di sekitar kemaluan. Lama kelamaan rasa sakit dan rasa gatal akan semakin parah. Lalu akan timbul luka di area kemaluan, rektum, dalam mulut atau area bibir. Luka ini terlihat sepert cacar air, dapat pecah dan mengeluarkan cairan atau berupa darah. Cairan yang keluar bisa sampai berhari-hari lalu akhirnya luka mengering dan sembuh secara perlahan.

penyakit kulit herpes

Gejala herpes oral yaitu dengan adanya luka berwarna putih kemerahan. Luka ini dapat muncul pada bibir, bagian dalam pipi, gusi dan bagian atas mulut atau lidah.

Sementara pada gejala penyakit kulit herpes lainnya baik itu oral herpes ataupun herpes genital adalah gejala semacam flu. Banyak orang mengalami gejala seperti kelelahan, merasa lemas, keram, sakit kepala dan demam.

Setelah gejala tahap pertama keluar, tidak ada yang tahu secara pasti kapan akan berakhir. Ada beberapa hal yang dapat mengkontribusi keluarnya gejala seperti menstruasi, kelelahan, stres dalam hidup, operasi, obat tertentu yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Beberapa kasus wanita hamil yang terinfeksi herpes mengungkapkan bahwa virus tetap aktif selama proses kehamilan.

Pada akhirnya tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui secara pasti kapan gejala itu akan timbul. Tapi ada beberapa tes yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apa kita terinfeksi oleh herpes atau tidak. Lakukan tes herpes segera apabila anda merasa ada kemungkinan anda terkena infeksi. Dengan mengetahui secara dini penyakit ini, dokter dapat menentukan pengobatan apa yang cocok untuk dijalani.