cara memperlancar menstruasi
January 24, 2017

Penyakit Herpes Zoster Adalah Penyakit Karena Virus

penyakit herpes zoster adalah

Penyakit herpes zoster adalah penyebab virus yang dapat menyebabkan cacar air atau yang biasa disebut cacar ular, cacar api yang diakibatkan oleh adanya virus varicella-zoster.

Virus varicella-zoster ini ditandai dengan ruam kulit merah yang dapat menyebabkan rasa sakit dan terbakar. Herpes jenis ini biasanya muncul sebagai garis lecet pada satu sisi tubuh, biasanya pada leher, atau wajah.

Herpes zoster cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif (sistem imun lemah) seperti penderita AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma. Tentunya herpes tersebut sangat mengerikan maka Anda harus mengetahui herpes zoster adalah.

Diketahui herpes zoster jarang terjadi lebih dari sekali pada orang yang sama, tapi sekitar 1 dari 3 orang di Amerika Serikat akan memiliki penyakit herpes jenis ini di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Gejala Penyakit Herpes Zoster

• Gejala pertama dari herpes biasanya timbulnya rasa sakit dan terbakar. Rasa sakit biasanya pada satu sisi tubuh dan terjadi di bagian kecil tubuh dan timbulnya ruam. Ruam yang menyakitkan yang berkembang di salah satu sisi wajah atau tubuh dengan bercak merah. Kemudian ruam membentuk lepuh yang biasanya berkeropeng dalam 7 sampai 10 hari dan akan hilang dalam waktu 2 sampai 4 minggu.
  • Nyeri pada bagian persendian. Rasa nyeri tersebut seperti halnya ketika Anda sedang kelelahan.
  • Akan timbul rasa gatal, lepuh berisi cairan yang mudah pecah, biasanya ruam pada wajah dan telinga.
  • Gejala lain dapat mencakup, Demam, Sakit kepala, Panas dingin, Sakit perut.

Lalu, siapa saja yang dapat beresiko terserang herpes zoster?

Penyakit herpes zoster dapat menyerang pada siapa saja yang telah menderita cacar air. Namun, faktor-faktor tertentu menempatkan orang pada risiko untuk mengembangkan herpes.

Faktor-faktor risiko tersebut meliputi:

Orang yang berusia 60 tahun ataupun lebih, memiliki penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, contohnya seperti HIV, AIDS, atau kanker.

Telah mengalami terapi kemoterapi atau radiasi pengobatan, mengkonsumsi obat – obatan yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, contohnya seperti steroid atau obat diberikan setelah transplantasi organ.

Cara Mendiagnosis Herpes Zoster

Pada sebagian besar kasus herpes dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik ruam dan lecet. Dan dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda.

Pada kasus yang jarang, dokter Anda mungkin membutuhkan uji sampel kulit atau cairan dari lepuh Anda. Proses ini menggunakan swab steril untuk mengumpulkan sampel jaringan atau cairan. Kemudian sampel tersebut dikirim ke laboratorium medis untuk mengkonfirmasi kehadiran virus zoster.

Cara Mengobati Herpes Zoster

Meskipun ada berbagai bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat herpes zoster, kami lebih merekomendasikan Anda untuk menjalani pengobatan medis karena pengolahan bahan tersebut tanpa berbekal pengetahuan yang memadai akan mengurangi khasiat dari obat itu sendiri.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai herpes zoster adalah dan Kami akan menyarankan Anda agar menggunakan pengobatan medis untuk herpes bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia yang memang memiliki spesialis untuk jenis penyakit kulit tersebut.