penyakit herpes zoster adalah
Penyakit Herpes Zoster Adalah Penyakit Karena Virus
January 21, 2017
ciri ciri penyakit sipilis pada wanita
Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita
January 25, 2017

Mengenal Pengertian Menstruasi Lebih Dalam

pengertian menstruasi

Biasanya wanita akan mengalami masa menstruasi 1 bulan sekali dan biasanya wanita yang sudah mengalami masa pubertas akan mengalami masa menstruasi berbeda – beda pada umumnya rata – rata wanita akan mengalaminya 5 sampai 7 hari.

Pengertian Menstruasi

Menstruasi ataupun tamu bulanan merupakan suatu kejadian yang normal terjadi pada wanita, pengertian menstruasi adalah keluarnya darah kotor dari dalam rahim yang terjadi akibat luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Kapan menstruasi akan dialami dan diakhiri oleh wanita

Pada umumnya seorang wanita akan mengalami menstruasi pertama kali mulai antara usia 8 tahun sampai 16 tahun. Rata-rata, mereka mulai ketika seorang gadis berumur sekitar 12 tahun. Sehingga menstruasi merupakan tahap utama dalam pubertas seorang gadis. Ini adalah salah satu dari beberapa tanda-tanda fisik bahwa seorang gadis akan menjadi seorang wanita dewasa.

Biasanya sekitar 6 bulan sebelum mengalami menstruasi seorang gadis dapat mendeteksi keputihan yang lebih jelas dan biasanya akan keluar rasa gatal-gatal namun Anda jangan khawatir karena ini adalah hal normal.

Dan wanita akan mengakhiri masa menstruasi dalam kehidupan saat memasuki usia menopause ketika wanita tersebut berusia sekitar 45-55.

Gejala Saat Menstruasi

Pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan mengalami pusing karena kekurangan darah yang terbuang, namun, dalam sebagian besar kasus, jumlah darah yang hilang adalah sekitar 5-12 sendok teh.

Nyeri pada punggung bawah, sakit kaki, mual, muntah, diare, sakit kepala, mudah marah, lemah lesu, pingsan (dalam kasus yang ekstrim).

Gejala Pra Menstruasi (PMS)

Biasanya wanita tidak hanya mengalami gejala saat mengalami menstruasi ternyata wanita juga akan mengalami gejala pra menstruasi (PMS) ataupun disebut dengan Sindrom pra haid (premenstrual syndrome, PMS).

Diketahui sekitar 80 hingga 95 persen wanita pada mengalami gejala-gejala pra menstruasi yang dapat mengganggu beberapa kegiatan dalam kehidupannya.

Berikut ini adalah gejalanya: Timbulnya jerawat, perut kembung, sakit kepala, mudah tersinggung atau sensitive, cemas, gampang marah, pembengkakan payudara, ngidam makanan tertentu, kelelahan

Tips Mengatasi Gejala Pra Menstruasi (PMS)

Banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala PMS diantaranya adalah:

• Dengan mengkonsumsi obat-obatan ringan seperti obat pengurang rasa sakit anti depresan.
  • Mengkonsumsi vitamin B kompleks.
  • Berlatih aerobic atau olahraga ringan.
  • Mengontrol emosi.
  • Cukup istirahat dan mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat.

Makanan sehat yang wajib dikonsumsi selama menstruasi

• Makanan mengandung zat besi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa wanita pada saat menstruasi akan kehilangan darah maka dengan mengkonsumsi makanan zat besi bisa menjadi solusinya, makanan tersebut seperti kacang merah, sereal, kacang kedelai, kacang poling, kismis, bayam dan juga tahu.
  • Mengkonsumsi buah buahan seperti buah semangka, buah semangka bermanfaat mengurangi kram serta dapat melancarkan aliran darah. Anda juga dapat mengonsumsi buah pisang untuk meningkatkan suasana hati yang tidak menentu selama menstruasi.
  • Mengkonsumsi coklat. Pasti semua orang menyukai jenis makanan ini makanan mengandung biji cocoa ini dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri yang menyerang Anda dan dapat mengembalikan mood Anda
  • Mengkonsumsi daging tanpa lemak karena daging tanpa lemak dapat berguna untuk meningkatkan energi selama mengalami menstruasi dan juga mengatur aliran menstruasi agar tetap lancar.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian menstruasi mulai dari gejala sampai makanan yang bisa memperlancar menstruasi. Dan jika Anda mengalami gangguan menstruasi yang tidak lancar maka bisa konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia, langsung aja klik banner di bawah ini.