selaput dara robek
June 14, 2017

Orchitis Adalah Penyakit Penis, Mari Simak Lengkapnya

penyakit orchitis

Mungkin sebagian besar masih asing jika mendengar orchitis, lalu apakah orchitis itu? Ya orchitis adalah peradangan pada satu atau kedua buah testis dan biasanya hal ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau oleh virus.

Orchitis adalah peradangan bersamaan yang terjadi pada buah pelir ataupun testis, namun gejalanya biasanya muncul hanya dalam satu testis dan orchitis adalah disebabkan oleh bakteri atau virus dan jenis peradangan testis ini sering dikaitkan dengan virus gondong.

Orchitis adalah inflamasi atau peradangan akut pada testis pria yang biasanya sebagai reaksi sekunder karena adanya infeksi di bagian tubuh yang lain dan peradangan testis ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua testis sekaligus.

Diketahui orchitis bakteri dapat disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual (IMS), terutama penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia dan orchitis bakteri sering terjadi akibat epididimitis, yaitu peradangan tabung yang melingkar di bagian belakang testis yang menyimpan dan membawa cairan sperma.

Apakah yang Menjadi Penyebab Orchitis?

Diketahui penyebab yang paling umum dari orchitis adalah karena virus gondok, bahkan Mayo Clinic memperkirakan bahwa sekitar 33% pria yang mengalami dan mengembangkan gondok ketika mereka masih remaja dapat mengalami orchitis di kemudian hari.

Virus yang berhubungan dengan gondok berkembang dari empat sampai 10 hari setelah kelenjar ludah membengkak dan perlu Anda ketahui bahwa pembengkakan kelenjar ludah adalah gejala gondok.

Infeksi bakteri juga bisa menyebabkan orchitis pada pria. Infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore, klamidia dan kondisi terkait yang disebut epididimitis juga bisa mengakibatkan orchitis dan epididimitis biasanya disebabkan oleh adanya infeksi uretra atau kandung kemih yang menyebar ke epididimis.

Penyebab lain dari infeksi ini mungkin terkait dengan lahirnya kelainan pada saluran kemih Anda atau memiliki kateter atau alat medis yang dimasukkan ke dalam Mr P.

Gejala Dan Tanda-Tanda Seorang Pria Terinfeksi Orchitis

• sakit orchitisTerasa nyeri pada testis dan selangkangan adalah gejala utama Orchitis
  • Terasa nyeri dan tertekan pada skrotum
  • Buang air kecil yang terasa menyakitkan
  • Ejakulasi yang terasa menyakitkan
  • Skrotum yang membengkak
  • Terdapat darah di air mani
  • Prostat mengalami pembesaran
  • Kelenjar getah bening yang membengkak di selangkangan
  • Mengalami demam, mual dan muntah

Siapa Sajakah yang Berisiko Mengalami Orchitis?

Diketahui seseorang yang terlibat dan aktif dalam perilaku seksual berisiko mengalami orchitis lebih tinggi dibandingkan dengan seseorang yang tidak melakukannya dan beberapa faktor di bawah ini bisa menyebabkan seseorang berisiko mengalami orchitis:

• Melakukan hubungan seksual tanpa kondom
  • Tidak diberikan vaksin gondong
  • Memiliki sejarah infeksi menular seksual
  • Berusia lebih dari 45 tahun
  • Memiliki pasangan yang memiliki infeksi menular seksual
  • Mengalami kelainan pada saluran kemih kongenital juga dapat meningkatkan risiko orchitis. Ini berarti Anda terlahir dengan masalah struktural yang melibatkan kandung kemih atau uretra.

Komplikasi yang Bisa Disebabkan Akibat Orchitis

• Atrofi testis orchitis yang dapat menyebabkan testis pria yang terinfeksi akan berdampak menyusut
  • Abses skrotum adalah jaringan yang terinfeksi bisa terisi dengan nanah
  • Orchitis dapat menyebabkan epididimitis yang berulang
  • Kadang-kadang orchitis dapat menyebabkan ketidaksuburan bahkan kemandulan atau produksi testosteron yang tidak adekuat (hipogonadisme). Tetapi kemandulan dan hipogonadisme cenderung terjadi jika orchitis hanya mempengaruhi satu testis saja.

Apakah Orchitis Dapat Dicegah?

Diketahui dalam beberapa kasus orchitis tidak dapat dicegah dan hal ini terutama terjadi jika Anda menderita masalah saluran kemih kongenital.

Namun, Anda dapat melindungi diri dari jenis orchitis virus tertentu dengan menggunakan vaksinasi terhadap gondok untuk mengurangi risiko tertular orchitis. Dan selain hal tersebut dengan mempraktekkan seks yang aman dapat membantu mencegah bakteri orchitis, maka ada baiknya gunakan kondom dan jangan berganti-ganti pasangan.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai orchitis adalah dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka segeralah berobat kepada Kami di Klinik Utama Gracia.