masalah penyakit herpes
Apa itu Penyakit Herpes?
August 10, 2017
sebab isk
ISK adalah Penyakit Yang Menyerang Apa?
August 12, 2017

Obat untuk Infeksi Saluran Kencing

masalah isk

Apakah Anda pernah merasakan beberapa gejala ini? Sering merasa untuk buang air kecil lebih sering, terasa sakit atau sensasi terbakar saat berkemih, air kemih berbau bahkan berdarah dibarengi dengan mual, muntah-muntah, sakit otot dan nyeri perut? Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut maka mungkin saja Anda menderita infeksi saluran kencing.

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah sebuah kondisi dimana terjadi infeksi pada saluran kemih yang diakibatkan oleh adanya bakteri yang bernama Escherichia coli (E. coli) yang biasanya ditemukan pada sistem pencernaan, dan ternyata semua orang dari segala usia dapat mengalami ISK.

Dan biasanya ISK akan terjadi pada bagian sistem kemih dan sebagian besar infeksi tersebut melibatkan saluran kemih bagian bawah. Perlu Anda ketahui juga bahwa ternyata ISK terdapat beberapa jenis dengan nama yang berbeda tergantung dari mana ISK terjadi misalnya:

• Infeksi pada kandung kemih (sistitis)
  • Infeksi pada Uretra (uretritis)
  • Infeksi pada ginjal (pielonefritis)

Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing

mencegah iskAda baiknya jika Anda mengalami infeksi saluran kemih agar segera berobat ke dokter, dan biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang merupakan obat untuk infeksi saluran kencing lini pertama untuk mengatasi infeksi saluran kemih.

Obat tersebut seperti antibiotik atau anti mikroba karena diketahui kedua jenis obat tersebut bisa membunuh para bakteri jahat yang berada di saluran kemih, dan dokter juga mungkin akan meresepkan berbagai macam obat lainnya yang bertujuan untuk pereda rasa sakit

Selain itu obat untuk infeksi saluran kencing yang diresepkan dokter ini untuk berapa lama dikonsumsi tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan jenis bakteri yang ditemukan di saluran urine Anda, selain itu biasanya pengobatan ISK terbagi menjadi 3 tahap diantaranya:

Infeksi Sederhana

Biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik jenis tertentu untuk pengobatan saat ISK dalam tahapan sederhana, mungkin Anda akan disarankan untuk meminum antibiotik selama seminggu atau lebih.

Untuk jenis ISK yang tidak rumit seperti ini dan jika terjadi saat Anda dinyatakan sehat, maka dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan yang lebih singkat, seperti minum antibiotik selama satu sampai tiga hari. Tapi apakah pengobatan singkat ini sudah cukup untuk mengobati infeksi Anda tergantung pada gejala dan riwayat medis Anda.

Dokter juga mungkin akan meresepkan obat penghilang rasa sakit (analgesik) yang berfungsi untuk mematikan kandung kemih dan saluran uretra Anda untuk mengurangi rasa terbakar saat kencing, tetapi biasanya rasa sakit tersebut segera sembuh setelah mengkonsumsi antibiotik. Dan salah satu efek samping yang umum dari analgesik saluran kemih adalah air kencing berwarna oranye atau merah.

Sering Terinfeksi

Jika Anda sering terinfeksi ISK, maka biasanya dokter Anda mungkin akan memberikan rekomendasi perawatan tertentu, seperti:

• Mengkonsumsi antibiotik dosis rendah, awalnya selama enam bulan tapi terkadang bisa lebih lama
  • Mengkonsumsi satu dosis antibiotik setelah melakukan hubungan seksual jika infeksi Anda berhubungan dengan aktivitas seksual
  • Terapi estrogen Pada Miss V jika Anda pasca menopause

Infeksi Parah

Untuk jenis ISK yang parah mungkin Anda akan memerlukan pengobatan dengan resep dokter yaitu dengan mengkonsumsi antibiotik intravena yang bisa Anda dapatkan di rumah sakit.

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih?

Tentunya seseorang yang terinfeksi saluran kemih akan mengalami kesakitan, tapi jangan khawatir karena hal tersebut dapat diobati, dicegah bahkan terdapat beberapa cara untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan sampai antibiotik mengobati infeksi, dan berikut di bawah ini adalah tipsnya:

• Meminum banyak air, karena pada umumnya minum air bersih dapat membantu untuk mencairkan urin dan membersihkan bakteri dalam kandung kemih.
  • Hindari minuman yang bisa mengiritasi kandung kemih Anda, seperti minuman kopi, dan alkohol sampai infeksi Anda hilang, karena dikhawatirkan minuman tersebut bisa mengiritasi kandung kemih Anda dan cenderung memperparah ISK Anda
  • Menggunakan bantal atau alas pemanas, karena bantal pemanas tersebut yang digunakan di perut akan meminimalkan tekanan kandung kemih atau ketidaknyamanan ISK Anda.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai obat untuk infeksi saluran kencing dan ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu jika Anda ingin mengkonsumsi obat tersebut.