penyebab datang bulan tidak teratur
Apa Saja Penyebab Datang Bulan Tidak Teratur
January 30, 2017
obat ejakulasi dini
Apa Saja Jenis Obat Ejakulasi Dini
February 4, 2017

Beberapa Macam Obat Penyakit Herpes

obat penyakit herpes

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa penyakit herpes ataupun penyakit cacar disebabkan oleh Virus herpes simplex (HSV) dan herpes bisa muncul di berbagai bagian tubuh namun yang paling sering pada alat kelamin atau mulut.

Diketahui terdapat dua jenis virus herpes simpleks. HSV-1, juga dikenal sebagai herpes mulut, dapat menyebabkan luka dingin dan lepuh demam sekitar mulut dan wajah. HSV-2 biasanya bertanggung jawab untuk wabah herpes genital (kelamin).

Penyakit herpes juga disebut dengan penyakit radang kulit karena ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok.

Apa Penyebab Herpes Simplex?

• Virus herpes simplex adalah virus menular yang dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung. Anak-anak akan sering mengalami HSV-1 dari kontak awal dengan orang dewasa yang terinfeksi.
  • Infeksi HSV-1 dapat terjadi dari interaksi umum seperti makan dari peralatan yang sama, atau mencium. Virus menyebar lebih cepat ketika orang yang terinfeksi mengalami sakit.
  • Umumnya penyebab Herpes Simplex Virus-2 (HSV-2), adalah ditularkan melalui hubungan badan dengan orang yang menderita penyakit ini dan gejalanya adalah adanya luka- luka kecil pada area kelamin.

Tanda-tanda Herpes Simplex

Hal ini penting untuk memahami bahwa meskipun seseorang mungkin tidak memiliki luka atau gejala, namun mereka masih dapat terinfeksi oleh virus dan dapat menularkan virus ke orang lain. Beberapa gejala yang terkait dengan virus ini antara lain:

• Luka melepuh (di mulut atau pada alat kelamin)
  • Nyeri saat buang air kecil (herpes genital)
  • Gatal-gatal pada alat kelamin.

Selain itu, Anda mungkin mengalami banyak gejala yang mirip dengan penyakit flu seperti: demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, kelelahan, dan berkurangnya nafsu makan. HSV juga dapat menyebar ke mata, menyebabkan kondisi yang disebut herpes keratitis. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit mata, keluarnya cairan, dan rasa berpasir di mata.

Obat Penyakit Herpes

Untuk mengobati herpes Anda bisa meminum obat penyakit herpes, namun perlu Anda ketahui bahwa obat ini dikonsumsi untuk menyingkirkan luka, mengurangi keluhan gejala dan membatasi wabah.

Ada kemungkinan bahwa luka Anda akan menghilang tanpa pengobatan. Namun, dokter Anda dapat menentukan bahwa Anda perlu satu atau lebih dari obat penyakit herpes seperti berikut:

• Acyclovir
  • Famciclovir
  • Valacyclovir

Obat ini dapat membantu seseorang yang terinfeksi dan mengurangi resiko penyebaran virus ke orang lain. Obat ini juga membantu menurunkan intensitas dan frekuensi wabah. Obat-obat ini dapat berbentuk pil maupun dalam bentuk krim.

Cara Mencegah Penyebaran Herpes

• Jika Anda mengalami wabah HSV-1, cobalah untuk menghindari kontak fisik langsung dengan orang lain. Jangan memberikan barang yang dapat menularkan virus, seperti cangkir, handuk, pakaian, ataupun makeup.
  • Dokter juga akan menyarankan bahwa orang yang terinfeksi tidak harus berpartisipasi dalam oral seks, berciuman, atau jenis lain dari aktivitas seksual, selama Anda mengalami herpes.
  • Selain itu, jika tangan Anda bersentuhan dengan luka maka Anda harus mencuci tangan Anda dengan bersih dan segeralah lakukan pengobatan dengan
  • Wanita yang sedang hamil dan terinfeksi mungkin harus minum obat herpes untuk mencegah virus yang bisa menginfeksi bayi mereka yang belum lahir.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyakit herpes sampai obat penyakit herpes, namun ada baiknya jika Anda menderita herpes segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.