cara mengatasi ejakulasi dini
Cara Mengobati Anyang Anyangan
December 8, 2016

Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

obat infeksi saluran kencing pada wanita

obat infeksi saluran kencing

Infeksi Saluran Kencing (ISK) terjadi ketika organ-organ sistem kemih (ginjal, ureter, kandung kemih, uretra) mengalami infeksi. Wanita lebih rentan menderita infeksi ini karena mereka saluran uretranya relatif lebih pendek. Jika dibandingkan dengan pria maka presentase resikonya adalah 30:1.

Pada ginjal, kotoran-kotoran ynag terdapat dalam darah disaring dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk urine. Berikutnya urine tersebut dialirkan dari ginjal melalui ureter ke tempat penampungan (kandung kemih). Urine kemuian dibuang melalui saluran pelepasan (uretra).

ISK Berdasarkan Gejalanya

Terbagi menjadi dua, yaitu ISK bagian bawah dan bagian atas.

Infeksi pada bagian bawah terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa intenitas buang air kecil yang tinggi, perih saat buang air kecil, urine berwarna keruh, dan berbau tak sedap.

Sedangkan infeksi bagian atas terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala yang timbul adalah nyeri pada selangkangan, mual, serta demam.

Gejala Infeksi Saluran Kencing

Intesitas buang air kecil tinggi

Bahkan rasa ingin buang air kecil ini akan muncul kembali hanya beberapa saat setelah Anda melakukannya. Istilah lain untuk kondisi ini adalah anyang-anyangan.

Disuria

Disuria ditandai dengan rasa sakit dan panas seperti sensasi terbakar saat buang air kecil.

Terdapat darah dalam urine

Kondisi ini secara medis dinamakan hematura.

Demam tinggi dan kelelahan

Umumnya disertai dengan rasa mual

Sakit punggung

Rasa sakit ini biasanya muncul pada punggung bagian bawah dan pangkal paha.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Mayoritas kasus ISK disebabkan oleh serangan bakteri E. Coli yang hidup di dalam saluran pencernaan. Bakteri ini masuk ke dalam saluran uretra karena penanganan yang kurang bersih setelah buang air, baik besar maupun kecil.

Saat Anda menggunakan kertas toilet untuk membersihkan area anus, usahakan untuk tidak menyentuh bagian kelamin agar bakteri tersebut tidak dapat masuk. Kewaspadaan ini amat perlu mengingat jarak antara anus dan pintu uretra mereka berdekatan dengan kandung kemih.

ISK dapat pula disebabkan oleh iritasi pasca melakukan hubungan intim dan pengosongan urine dalam beberapa kondisi tertentu, misalnya karena batu ginjal.

Bahaya Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Gangguan pada ginjal

Wanita yang menderita ISK rentan terhadap naiknya bakteri dan masuk ke ginjal sehingga besar kemungkinan mereka terkena infeksi ginjal. Hal ini ditandai dengan rasa nyeri pada punggung, demam, mual, dan menggigil.

Infeksi darah

Terjadi apabila bakteri dalam sistem saluran kencing masuk ke aliran darah sehingga menyerang organ tubuh lainnya. Infeksi ini dapat menyebabkan kematian.

Memicu keguguran

ISK juga berbahya pada kandungan wanita karena dapat memciu kelahiran prematur bahkan keguguran.

Obat Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

obat infeksi saluran kencing pada wanitaObat infeksi saluran kencing pada wanita merupakan bahan-bahan alami yang relatif mudah ditemukan. Berikut adalah obat infeksi saluran kencing yang umum digunakan:

Jahe

Bahan aktif ginerol yang terkandung dalam jahe merupakan antibakteri yang mampu menghambat penyebaran bakteri di dalam ginjal. Bahan ini diolah menjadi wedang dan diminum secara rutin.

Probiotik

Riset membuktikan bahwa mikroorganisme ini mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan efektif mencegah batu ginjal.

Cuka sari apel

Campurkan 1 sendok makan bahan ini dengan 2 sendok makan madu dan dikonsumsi setiap hari sebagai obat infeksi saluran kencing pada wanita.

Lidah buaya

Tumbuhan ini mampu menghilangkan racun agar keluar dari tubuh melalui mekanisme pembersihan yang efektif. Lidah buaya diolah sebagai jus dan diminum dua kali sehari.

Cranberry

Buah yang satu ini mujarab untuk meningkatkan tigkat keasaman tubuh sehingga mampu membasmi perkembangan bakteri.

Kunyit

Selain ampuh untuk mengatasi, kunyit juga baik untuk mempercepat proses pemulihan setelah terkena ISK.

Kurminum yang terkandung dalam tumbuhan ini merupakan agen antibakteri, anti inflamasi, serta anti jamur yang mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran berbagai jenis mikroba.

Pencegahan ISK

Selain dengan menggunakan obat infeksi saluran kencing, Anda dapat melakukan pencegahan ISK seperti cara-cara berikut:

• Hindari kebiasaan menahan keinginan kencing
  • Rutin minum air putih 2 liter per hari
  • Kompres dengan air hangat apabila merasa nyeri pada bagian perut bawah
  • Gunakan air mengalir ketika membersihkan uretra
  • Minum jus seledri
  • Makan mentimun

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ISK bukan penyakit yang bisa dianggap sepele. Penanganan yang tepat oleh ahlinya merupakan hal yang mutlak Anda lakukan jika sudah terlanjur mengalami infeksi ini. Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang tepat untuk Anda kunjungi karena kami melayani pengobata pasien yang menderita infeksi ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan diri, khususnya organ intimmu ya.