apa itu ejakulasi dini
October 25, 2016

Mengenal Sipilis Pada Wanita & Pria Lebih Dalam

penyakit sifilis

sipilis pada wanitaSipilis merupakan penyakit seks menular yang mengakibatkan infeksi pada saluran kelamin, sipilis pada wanita sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pria. Sipilis itu diakibatkan oleh bakteri yang disebut Treponema pallidum, penyakit seks menular sipilis dapat terjadi oleh karena kontak langsung dengan luka orang yang terinfeksi sipilis.

Sipilis dapat juga ditularkan melalui selaput lendir dari alat kelamin yang terkena infeksi, anus atau mulut. Ibu hamil yang terinfeksi juga memiliki kemungkinan yang tinggi menularkan penyakit dan membuat kesehatan bayi terganggu pada saat lahir.

Tidak sedikit yang menjadi korban sipilis, namun banyak dari korban tidak memiliki waktu untuk mengobati infeksi ini dan ada juga yang tidak memperdulikannya hingga masuk di tahap yang sudah terlambat. Harusnya tidak ada lagi korban dari penyakit ini hanya karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang sipilis.

Setiap orang yang melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi dapat terkena penyakit ini. Semakin banyak partner seksual anda, semakin besar pula kemungkinan kontak dengan sipilis terjadi. Penyakit sipilis kadang sulit untuk terdeteksi karena dapat menyerupai gejala dari beberapa penyakit lainnya. Penyakit ini juga dapat dikaitkan dengan penyebaran AIDS. Sipilis biasanya mengakibatkan luka terbuka pada kulit sehingga virus HIV dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Tahapan Sipilis Pada Wanita Dan Pria

Sipilis memiliki 3 tahap. Pada tahap pertama dan kedua, penyakit ini mudah menular ke orang lain. Ada gejala dari sipilis yang mudah diidentifikasi.

Tahap pertama ditandai dengan chancre sipilis. Biasanya gejala ini orang banyak yang salah diagnosa karea menganggap sebagai gigitan serangga. Gejala ini akan lebih terlihat setelah 21 hari sejak kontak dengan orang yang terinfeksi sipilis. Luka ini berbentuk bulat dan kecil. Kebanyakan tidak terasa sakit dan agak keras. Hal ini dapat bertahan mulai dari 1 minggu sampai dengan 5 minggu. Setelah tahap ini, luka bisa saja hilang seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Sedangkan pada tahap kedua ditandai dengan lecet. Biasanya muncul di telapak tangan atau bagian bawah kaki. Akan tetapi ada kasus dimana orang yang terinfeksi menderita lecet yang panas pada seluruh tubuh. Berbeda dengan lecet pada umumnya, lecet ini tidak gatal. Seperti pada tahap pertama, ini hanya muncul selama beberapa minggu dan pada akhirnya menghilang. Setelah masa ini selesai, sipilis berubah menjadi penyakit yang berbahaya.

Apabila infeksi tetap tidak diobati dan telah melewati tahap pertama dan kedua, pada saat inilah penyakit ini mulai merusak tubuh seseorang. Oleh karena telah mencapai tahap terakhir, kebutaan dan penyakit jantung mungkin sudah dialami. Kerusakan pada organ dalam tubuh juga mungkin sudah terjadi, dan kemungkinan terburuknya adalah kematian.

Sipilis pada wanita atau pria sebenarnya bisa diobati. Konsultasikan masalah anda dengan dokter agar dokter dapat mendiagnosa tahap mana yang sedang anda alami saat ini dan memberikan jalan terapi mana yang cocok dengan anda. Lakukan tes apabila anda curiga anda telah terinfeksi sifilis.