penyakit kelamin pada pria

Mengenal Secara Dini Penyebab Penyakit Gonore

gonore

penyakit gonore

Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penyakit ini dapat terjangkit oleh siapa saja baik pria maupun wanita, penyebab penyakit gonore adalah hubungan seks yang tidak aman.

Proses Penularan Penyakit Gonore

gonoreBakteri gonocossus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi, sehingga penularan penyakit melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Penyakit ini tidak hanya menginfeksi bagian kelamin saja, tetapi dapat menginfeksi bagian lain bila terkena cairannya secara langsung.

Bagian tubuh yang dapat terinfeksi penyakit ini adalah anus, disebabkan pasangan yang terinfeksi melakukan hubungan memasukkan penis ke anus pasangannya sehingga pasangannya pun terular tepat dibagian anus lewat seks anal. Umumnya diderita oleh kalangan homoseksual.

Penyakit menular gonore juga dapat menginfeksi bagian tenggorokan (faringitis gonokokal) disebabkan oleh pasangan yang menghisap/menjilat bagian kelamin orang yang terinfeksi sehingga pasangannya pun ikut tertular di bagian tenggorokan lewat seks oral. Kondisi ini menyebabkan nyeri tenggorokan dan rasa sakit saat menelan.

Bagi ibu yang sedang mengandung terkena gonorhea dapat menginfeksi bayinya saat poses persalinan dan umumnya menjangkiti mata bayi.

Proses penularan bukan hanya melalui umumnya hubungan seksual, tetapi seks anal dan seks oral, bahkan proses persalinan secara normal dapat menjadi penularan ke bayi.

Gejala Penyebab Penyakit Gonore

Umumnya gonorhea akan berangsur membaik bila dilakukan pengobatan secepat mungkin. Sayangnya, banyak pasien penderita penyakit ini tidak menyadari adanya tanda gejala penyakit sehingga dalam pemeriksaan menunjukan kesehatan pasien berada dalam kondisi serius.

Gejala Umum Penyakit Gonore

• Identik dengan kencing bernanah atau keluarnya nanah pada bagian yang terinfeksi
  • Rasa gatal-gatal pada bagian yang terinfeksi
  • Selalu ingin buang air kecil
  • Rasa nyeri saat buang air kecil

Pada wanita memiliki gejala tambahan seperti masalah keputihan, pendarahan di luar menstruasi, nyeri panggul dan nyeri saat berhubungan seks. Bila di analisa gejala gonore pada wanita lebih banyak dibandingkan pria, tetapi gejala-gejala itu tak terlihat secara jelas. Jadi gejala gonore pada pria lebih mudah dikenali dibandingkan wanita.

penyebab penyakit gonore

Pemeriksaan Penyakit Gonore

Gonore identik dengan kencing bernanah. Ketika anda menghadapi masalah kencing bernanah sebaiknya segera diperiksakan secara pasti apakah masalah kencing bernanah disebabkan infeksi saluran kemih atau gonorhea.

Pemeriksaan penyakit ini dapat dilakukan dengan mengambil sample cairan yang keluar dari vagina atau penis. Selain cairan pada alat kelamin, sample urine juga dapat digunakan. Namun pengambilan tes urine pada wanita tidak begitu akurat dibandingkan pria.

Jika hasil lab anda positif terkena penyebab penyakit gonore, maka ajak pasangan anda untuk memeriksakan diri apakah dia sudah tertular atau belum. Sebaiknya selama proses pengobatan jangan melakukan hubungan seksual.

Note: Dalam proses pengobatan lakukan secara rutin sampai tuntas agar bakteri tidak semakin berkembang dan kebal.

Bila mengalami kebingungan dalam mengobati masalah gonorhea dapat mencari tim medis kami untuk berkonsultasi.