info kesehatan wanita
September 22, 2016

Mengenal Polip Serviks Lebih Dalam

polip rahim

polip rahimPolip serviks atau disebut polip rahim, merupakan kondisi buruk pada dinding rahim karena terbentuknya penebalan atau benjolan. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan jaringan yang abnormal. Dalam beberapa kasus polip serviks tidak berbahaya karena termasuk dalam tumor jinak. Namun penyakit ini bisa berubah menjadi tumor ganas dan berpotensi menyebabkan kanker serviks.

Pada umumnya penyakit ini berpotensi besar dialami oleh wanita yang berusia diatas 40 tahun atau wanita yang sedang mengalami proses menopause. Namun penyakit ini tetap ada kemungkinan diderita oleh wanita usia produktif. Sebab sebagian besar wanita yang berusia diatas 20 tahun telah memiliki penyakit ini.

Sebenarnya penyakit ini bukan penyakit yang berbahaya. Karena penyakit ini tergolong tumor jinak. Pada kebanyakan kasus ukuran polip bisa beragam mulai dari kecil seperti biji wijen sampai sebesar bola pingpong dan jumlah polip bisa lebih dari satu. Maksimal tiga polip dapat tumbuh dimulut rahim.

Yang berbahaya jika penyakit ini berubah menjadi kanker atau menimbulkan komplikasi. Oleh karena itu untuk memastikan polip yang diderita bahaya atau tidaknya segera lakukan pemeriksaan secara dini. Beberapa penyebab, gejala dan pengobatan dari polip rahim yang harus anda ketahui!

Sebenarnya secara medis penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Namun para pakar menduga penyebabnya utamanya adalah peningkatan hormon estrogen dalam tubuh wanita, penyumbatan pembuluh darah atau peradangan pada vagina.

Penyebab Polip Serviks

• Faktor usia
  • Kelebihan berat badan
  • Penderita darah tinggi
  • Efek samping obat tamoksifen
  • Infeksi penyakit kelamin

Gejala Polip Serviks

• Siklus menstruasi yang selalu maju (polimenore)
  • Lama haid lebih dari 7 hari (menoragi)
  • Nyeri hebat saat haid (dysmenorrhea sekunder)
  • Pendarahan hebat saat menstruasi (hipermenore)
  • Pendarahan di luar siklus menstruasi.
  • Pendarahan saat berhubungan seksual
  • Pendarahan setelah menopause
  • Mengalami masalah keputihan patologis

polip serviks

Jika anda mencurigai telah mengalami gejala polip maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter ginekologi atau kandungan. Dengan begitu dokter dapat mendiagnosa apakah anda menderita polip serviks atau kondisi medis lainya. Bila hasil diagnosa dokter mengarah ke polip rahim maka dokter membutuhkan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan secara detail. Beberapa pemeriksaan untuk memastikan diagnosa dan menangani polip rahim yaitu USG transvaginal, histeroskopi atau kuret.

Hasil pemeriksaan positif menderita polip maka harus dilihat ganas atau tidaknya. Jika ganas harus melakukan pengangkatan rahim. Namun kondisi ini akan menyebabkan wanita tidak bisa mengandung.

Note: Terutama bagi anda yang telah berhubungan seksual sebaiknya bersedia untuk melakukan pemeriksaan papsmear atau medical chekp up secara rutin.

Jika anda sedang menderita polip serviks dan membutuhkan informasi seputar pengobatan maka dapat mengubungi staff medis Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi..