penyebab infeksi saluran kencing
Apa Penyebab Infeksi Saluran Kencing?
December 9, 2016
cara menghilangkan keputihan secara alami
Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami dan Cepat
December 11, 2016

Mengenal Penyakit Polip Rahim

penyakit polip rahim

penyakit polip rahim

Penyakit polip rahim ialah penyakit yang muncul pada rahim dan ditandai dengan benjolan atau penebalan dinding rahim karena adanya jaringan yang tumbuh secara tidak normal. Penyakit ini lumrah dialami semua wanita terutama bagi mereka yang sedang atau sudah mengalami masa menopause.

Polip rahim merupakan tumor jinak yang dapat berubah enjadi tumor ganas, atau bahkan menjadi tumor ganas semenjak kemunculannya. 1 dari 20 kasus polip rahim yang ada termasuk tumor ganas yang dapat menjadi kanker.

Gejala Penyakit Polip Rahim

Gejala pada masing-masing penderita berbeda-beda, namun secara umum gejala yang timbul meliputi hal-hal berikut:

  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur
  • Pendarahan pada saat menstruasi berlangsung dalam waktu yang lama
  • Pendarahan juga dapat terjadi di luar siklus haid dan pasca menopause
  • Sulit atau bahkan tidak bisa hamil

4 dari 10 wanita yang mengalami kasus pendarahan tidak normal berakibat pada munculnya penyakit polip rahim. Pemeriksaan secara periodik perlu dilakukan untuk deteksi lebih awal karena tidak semua penderita polip rahim menunjukkan gejala di atas.

Penyebab Penyakit Polip Rahim

Dunia medis berkesimpulan bahwa penyebab polip rahim adalah karena meningkatnya kadar estrogen, penyempitan pembuluh darah dan/atau peradangan kronis pada rahim, organ intim, atau serviks.

Naiknya estrogen biasanya dipicu oleh menstruasi, kehamilan, atau masa jelang menopause. Estrogen juga dapat meningkat karena faktor lingkungan, penggunaan wadah plastik, pengharum udara pada ruangan, mobil, dan sebagainya, serta produk daging komersial.

Selain karena naiknya kadar estrogen, risiko ini dapat dipicu karena hal-hal berikut:

  • Usia. Umunya terjadi pada mereka yang sudah menopause
  • Obesitas
  • Pemakaian obat kanker payudara (tamoksifen)
  • Hipertensi

Apakah Polip Rahim Perlu Ditangani?

Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Iya jika polip menimbulkan gejala pendarahan berlebih atau sulit berhenti saat atau selang menstruasi. Polip harus diangkat melalui tindakan bedah kecil oleh dokter kandungan dan kebidanan. Sementara polip yang tidak menimbulkan gengguan pada pengidapnya tidak perlu dihilangkan karena terkategori tumor jinak.

Metode Pengobatan

Polip rahim perlu diobati karena dapat menimbulkan masalah pada kehamilan, seperti keguguran dan infertilitas pada wanita yang ingin hamil.

Pengobatan polip rahim meliputi 3 hal berikut:

Obat

Obat yang digunakan bertujuan untuk membantu mengatur keseimbangan hormon. Progestin dapat Anda pilih karena dapat meringankan gejala polip ahim.

Histeroskopi

Alat diagnostik ini juga dapat digunakan sebagai metode pengobatan. Alat ini dimasukkan ke dalam rahim guna melihat ada tidaknya polip. Pengangkatan akan dilakukan setelah ditemukan adanya polip pada rahim.

Kuretase

Teknik ini tergolong efektif untuk kasus polip kecil. Teknik ini juga dapat dikombinasikan dengan cara di atas. Selain cara di atas, kemungkinan diperlukan adanya operasi tambahan apabila polip bersifat kanker. Histerektomi atau prosedur medis untuk mengangkat seluruh rahim adalah solusi untuk polip dengan risiko kanker.

Pencegahan

Meskipun tidak 100% efektif, ada beberapa metode pencegahan yang bisa Anda lakukan sebelum terlanjur mengidap penyakit pada organ intim ini. Metode tersebut bisa ditempuh dengan mengusahakan agar tidak megalami obesitas, hipertensi, atau penggunaan tamoxifen.

Jinak atau tidaknya, polip rahim tetap harus mendapatkan perhatian khusus karena menyangkut kesehatan rahim. Dapatkan informasi terpercaya dari dokter kandungan yang kompeten terhadap penyakit ini. Jika kesulitan menemukan dokter yang pakar mengenai hal ini, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Klinik Utama Gracia.

chat online