hernia
December 29, 2016

Mengenal Penyakit Herpes Genitalis

penyakit herpes genitalis

Sesuai namanya, penyakit herpes genitalis ialah penyakit herpes yang menyerang organ genital wanita. Penyakit ini disebut juga sebagai penyakit herpes simplex atau simpleks. Penyakit herpes genitalis terjadi karena infeksi oleh mikroorganisme pada area genital dengan ciri atau gejala berupa vesikel yang berhimpun dengan eritem dasar yang bersifat rekuren. Herpes ini biasa muncul di area anus, paha, serta bokong.

Apa Penyebabnya?

Herpes simpleks disebabkan oleh mikroorganisme yang disebut virus herpes simpleks. Selain akibat virus simpleks, herpes ini juga dapat muncul melalui perantara manusia atau benda yang telah tercemari oleh virus. Tempat yang terserang virus ini biasanya ialah mulut, vagina, dan penis. Herpes genitalis juga dapat disebabkan oleh faktor fisik yang terlampau lelah, stress, dan tentu saja infeksi pada sistemik.

Bagaimana Cara Penularannya?

Herpes genitalis menular melalui kontak fisik dengan cara:

• Seks vaginal
  • Seks anal
  • Seks oral
  • Sentuhan kulit
  • Aktivitas melalui mulut, seperti berciuman

Hubungan seks yang dilakukan secara bergantian pada banyak pasangan adalah risiko terbesar mengapa herpes ini bisa menular. Itulah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk setia pada satu pasangan intim. Organ kelamin wanita yang relatif senantiasa lembab bahkan cenderung basah menguntungkan mikroorganisme untuk tumbuh dan berkembang dengan mudah. Kondisi ini membuat vagina menjadi sangat rentan terhadap serangan berbagai penyakit kelamin, salah satunya herpes genitalis ini.

Setelah seseorang tertulari herpes, virus ini akan aktif di dalam tubuhnya. Virus ini akan meningkatkan aktivitasnya terutama jika pengidapnya mengalami stress atau depresi atau kondisi fisik yang lemah. Intinya, virus herpes akan lebih aktif ketika stamina dan kondisi psikis Anda mengalami penurunan.

Bagaimana Gejalanya?

Herpes genitalis tidak selalu menunjukkan gejalanya. Herpes ini memiliki masa inkubasi selama 3 hingga 4 hari. Pasca melewati masa inkubasi tersebut barulah organ intim akan ditumbuhi oleh gerombolan vesikel.

Vesikel ini juga akan tampak pada permukaan kulit yang akan membuat kulit menjadi berwarna kemerahan. Tak hanya menyebabkan perubahan warna, vesikel ini juga terasa sangat nyeri, terutama jika pecah. Vesikel yang pecah akan meninggalkan bekas luka.

Apa Akibatnya?

Herpes genitalis akan mudah menginfeksi janin wanita yang tengah mengalami kehamilan. Kandungan menjadi sangat rentan mengalami keguguran karena rahim mengalami infeksi. Janin yang dikandung juga berisiko tinggi mengalami kematian atau cacat lahir. Jadi, herpes ini tidak hanya akan merusak penderitanya, tapi juga bayi yang sedang dikandung.

Dapatkah Diobati?

Meskipun dapat diobati dengan cara yang relatif mudah, namun sayangnya penyakit herpes genitalis bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan secara total. Anda yang mengalami penyakit ini sebaiknya memperbanyak minum air putih, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, serta rutin berolahraga agar fisik Anda tidak mudah drop. Fisik yang drop akan membuat virus ini akan kian aktif menyerang tubuh Anda.

Sedapat mungkin untuk menjaga pikiran agar tidak jatuh stress atau depresi. Anda juga dapat menerapkan pola diet yang sehat. Anda juga harus bijak untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menularkan virus penyebab simplex ini kepada orang lain. Mengapa Anda harus mengatasi infeksi menular seksual ini sendiri jika dengan bantuan medis Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat? Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi pada dokter ahli di Klinik Utama Gracia.

Anda tidak perlu khawatir, tenaga medis kami sangat berpengalaman di bidangnya. Klinik kami juga didukung oleh peralatan yang serba moderen serta sistem yang memudahkan pasien untuk menjalani pengobatan karena bagi kami kesehatan pasien adalah keutamaan.