infeksi saluran kencing pada wanita
Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita
March 3, 2017
cara menyembuhkan ambeien
Begini Cara Menyembuhkan Ambeien Tanpa Operasi
March 9, 2017

Mengenal Apa Itu Penyakit Ambeien

apa itu penyakit ambeien

apa itu penyakit ambeienApakah Anda pernah merasakan gejala seperti ini: timbul perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dan mungkin Anda melihat sejumlah kecil darah merah pada tisu toilet atau di toilet saat buang air besar? Jika ya maka Anda harus mewaspadai hal tersebut bisa saja penyakit ambeien.

Penyakit ambeien atau yang sering kita dengar sebagai penyakit wasir adalah pembuluh darah bengkak di bagian bawah anus dan rektum. Ketika dinding pembuluh ini membengkak dan menonjol pasti seseorang yang mengalaminya akan merasa sakit serta merasa jengkel.

Namun Anda jangan khawatir karena meskipun ambeien ini tidak menyenangkan dan menyakitkan, tetapi penyakit ini sangat mudah diobati dan sangat dapat dicegah. Perlu Anda ketahui juga bahwa wasir umumnya lebih buruk dari waktu ke waktu.

Apakah Penyebab Penyakit Ambeien?

Pembuluh darah di sekitar anus Anda cenderung untuk meregangkan ke bawah karena tekanan sehingga akan menimbulkan tonjolan atau membengkak. Diketahui vena bengkak (wasir) dapat berkembang dari peningkatan tekanan di bawah rektum karena berbagai macam hal seperti:

• Mengejan saat buang air besar
  • Duduk untuk jangka waktu yang lama di toilet
  • Diare kronis ataupun sembelit
  • Kegemukan (obesitas)
  • Kehamilan
  • Hubungan seks anal
  • Diet rendah serat
  • Wasir lebih mungkin terjadi seiring dengan bertambahnya umur karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di anus akan melemah.

Diketahui Penyakit Ambeien Terbagi Menjadi 2 Bagian

Ambeien Internal

Ambeien internal biasanya jauh di dalam rektum dan tidak terlihat dari luar. Mereka umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Seringkali tanda pertama ambeien internal ini adalah adanya pendarahan pada anus.

Dan mengejan kadang-kadang dapat mendorong sebuah ambeien internal sehingga hal ini dapat menonjol melalui anus, ini disebut wasir menonjol atau prolaps dan bisa menyakitkan.

Wasir Eksternal

Ambeien eksternal biasanya berada di bawah kulit di sekitar anus dan ambeien ini terlihat jelas. Karena ada rasa sakit saraf penginderaan di bagian tubuh maka biasanya ambeien jenis ini lebih menyakitkan, bahkan ketika Anda mengejan bisa menyebabkan ambeien tersebut mengeluarkan darah.

Apakah Gejala Penyakit Ambeien?

• Awalnya akan timbul Perdarahan biasanya tidak nyeri dan seseorang yang mengalami ambeien mungkin melihat darah merah terang pada kertas toilet ataupun di toilet
  • Merasa gatal atau iritasi di daerah dubur
  • Merasa tidak nyaman saat duduk dan terdapat rasa sakit di sekitar anus
  • Adanya benjolan menonjol sekitar anus
  • Sekitar anus mengalami pembengkakkan
  • Benjolan di dekat anus ini kadang-kadang bisa sensitif
  • Tinja bisa bocor keluar dengan tidak sengaja

Perlu Anda ketahui juga bahwa timbulnya perdarahan rektum bukan saja karena ambeien, terutama jika Anda berusia lebih dari 40 tahun. Karena bisa saja menandakan penyakit lainnya, di antaranya kanker dubur dan kanker kolorektal.

Apabila Anda mengalami perdarahan yang bersamaan dengan perubahan yang nyata pada kebiasaan buang air besar atau jika tinja Anda berubah warna atau konsistensi, maka Anda bisa konsultasikan di Klinik Utama Gracia.