cara mengatasi sering buang air kecil
Begini Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Yang Mudah
March 28, 2017
obat sipilis pada pria
Inilah Obat Sipilis Pada Pria Yang Dapat Anda Konsumsi
March 31, 2017

Ketahui Macam Macam Penyakit Kelamin Sebelum Terlambat

penyakit sifilis

macam macam penyakit kelamin

Penyakit kelamin merupakan penyakit yang biasanya menjangkiti bagian alat kelamin dan umumnya disebarkan melalui kontak seksual. Saat ini terdapat macam macam penyakit kelamin yang perlu Anda ketahui.

Penyakit kelamin merupakan penyakit yang biasanya disebabkan oleh mikroorganisme yang dapat hidup pada lendiri, selaput kulit atau cairan. Penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit menular seksual. Kontak seksual yang terjadi dan melibatkan cairan pada tubuh dapat menyebabkan penularan penyakit yang sangat cepat.

Dengan sifat area kelamin yang lembab justru sangat berpotensi untuk menjadi tempat tinggal berbagai mikroorganisme untuk berkembang biak. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai macam macam penyakit kelamin pada pria dan wanita.

Macam Macam Penyakit Kelamin

Gonorhea atau Chlamydia

penyakit gonoreGonorrhea atau kencing nanah merupakan infeksi yang terjadi akibat hubungan seksual baik secara oral maupun lewat vagina. penyebab penyakit ini adalah bakteri gonorea yang menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria. Seseorang yang sudah terinfeksi penyakit ini akan mendapatkan gejala-gejala seperti sakit saat buang air kecil, timbulnya rasa nyeri dan panas.

Pada wanita umumnya gejala gonorrhea terjadi sangat ringan bahkan tidak terasa sama sekali dikarenakan gejalanya hampir sama dengan gejala flu biasa. Namun tetap harus diperhatikan bahwa jika penyakit ini dibiarkan saja akan menyebabkan kemandulan.

Herpes atau Cacar

Penyakit ini terjadi akibat virus HSV, dimana gejala yang timbul baru akan terjadi setelah 3 hingga 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit herpes. Munculnya gejala awal pada penyakit ini ditandai dengan munculnya lecet yang terbuka sehingga menjadi lubang kecil dan beair, dalam waktu 5 hingga 10 hari gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Namun perlu diketahui meskipun gejala hilang, akan tetapi virus masih menetap di dalam tubuh dan akan muncul suatu saat nanti bahkan terkadang sering. Bagi wanita supaya waspada terhadap penyakit ini, sebab para wanita kerap kali tidak sadar bahwa dirinya menderita herpes yang disebabkan oleh luka lecet yang terjadi di dalam vagina.

Infeksi Jamur Kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh jamur, dimana bagian bawah kulit pria yang tidak disunat mengalami kegatalan yang menyebabkan kulit bawah berwarna kemerahan. Sedangkan pada wanita, infeksi yang terjadi berupa keluarnya cairan berwarna putih kental yang menyebabkan perasaan gatal. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan krim anti jamur.

penyakit sifilisSifilis

Sifilis atau raja singa merupakan penyakit berbahaya jika tidak ditangani secara cepat. Penyakit ini juga termasuk ke dalam penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, dimana lesi muncul antara 3 minggu hingga 3 bulan lamanya setelah berhubungan intim dengan si penderita.

Gejala yang timbul pada penyakit ini adalah luka yang terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi dan pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Luka ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu, tetapi virus tetap akan menetap pada tubuh si penderita dan suatu saat akan muncul kembali.

Vaginitis

Vaginitis merupakan infeksi yang terjadi pada vagina sehingga menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan. Hal ini disebabkan oleh berbagai jenis bakteri atau jamur. Untuk menyembuhkan penyakit ini dibutuhkan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Bisul atau kutil kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh virus Human Papilloma atau HPV, awalnya akan muncul satu atau banyak bisul atau benjolan yang berlangsung antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan si penderita. Biasanya benjolan ini tidak akan terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria tidak terdeteksi sebab ukuran benjolan yang terlalu kecil. Jika penyakit ini dibiarkan akan mengakibatkan kanker serviks pada wanita. Untuk menyembuhkan penyakit ini para wanita harus menjalankan prosedur pap smear.

Kutu Kelamin

Kutu kelamin merupakan penyakit yang terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan daerah seputar alat kelamin Anda. Kutu kelamin sendiri berukuran sangat kecil yaitu lebih kecil atau sama dengan 1/8 inc, berwarna abu kecokelatan, dan menetap pada rambut kemaluan. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggosokkan obat cair pada rambut kelamin Anda.

AIDS

Macam macam penyakit kelamin lainnya adalah AIDS. AIDS merupakan penyakit kelamin yang dialami akibat hubungan intim, dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat serius, sebab dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini menyebabkan tidak bekerjanya sistem kekebalan pada tubuh, sehingga seseorang yang terinfeksi penyakit ini akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah untuk diserang berbagai macam penyakit.

Itulah macam macam penyakit kelamin yang umumnya terjadi pada pria dan wanita. Bagi Anda yang ingin mengetahu lebih dalam mengenai macam macam penyakit kelamin, Anda dapat langsung berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.