raja singa
Apa Itu Penyakit Raja Singa?
November 2, 2016
akibat keputihan
Akibat Keputihan Berlebihan Pada Wanita
November 4, 2016

Macam-Macam Obat Infeksi Saluran Kemih

obat infeksi saluran kemih

Fungsi saluran kemih adalah memproduksi dan membuang air kencing atau urin. Jadi jika anda mengalami masalah buang air kecil maka kemungkinan besar anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Untuk memastikan lebih lanjut mengenai kondisi anda ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan seperti tes urin, tes darah dan tes lanjutan jika dibutuhkan.

Sebab dengan melakukan tes urine dapat membantu menemukan ada tidaknya bakteri yang menjadi penyebab terjadi ISK. Jika hasil pemeriksaan positif dokter akan memberikan jenis obat antibiotik yang sesuai dengan jenis bakteri dan kondisi medis pasien agar dapat membunuh bakteri secara efektif. Berikut di bawah ini adalah beberapa obat infeksi saluran kemih yang biasanya diresepkan oleh dokter :

Obat Infeksi Saluran Kemih Resep Dokter

Amikacin

Amikacin adalah jenis obat antibiotik aminglikosida. Fungsi obat ini adalah membunuh dan menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi. Umumnya obat digunakan untuk jangka pendek dalam menangani infeksi kulit, selaput otak, paru-paru dan saluran kemih. Obat ini tersedia dalam bentuk obat suntik.

Doxycycline

Doxycycline adalah jenis obat antibiotik tetrasiklin. Fungsi obat ini adalah membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Obat ini digunakan untuk menanggani infeksi paru-paru, infeksi saluran kemih, mulut, mata, kulit (bisul dan jerawat) dan penyakit menular seksual. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dan tablet.

Erythromycin

Erythromycin adalah jenis obat antibiotik makrolida. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri akut seperti mata, telinga, kulit, pernapasan dan saluran kemih. Obat ini diberikan bagi penderita yang alergi terhadap antibiotik sulfa dan penisilin. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet dan obat cair.

Sulfamethoxazole

Sulfamethoxazole adalah jenis obat antibiotik sulfonamide. Obat ini berfungsi melawan bakteri. Pada umumnya sulfamethoxazole dikombinasikan dengan jenis obat antibiotik trimethoprim. Kombinasi kedua antibiotik ini digunakan untuk mengobati infeksi telinga bagian tengah, disentri akibat bakteri, bronkitis dan infeksi saluran kemih.

Ampicilin

Ampicilin adalah jenis obat antibiotik penisilin. Fungsi obat ini adalah mengatasi infeksi akibat bakteri. Obat ini digunakan untuk menanggani infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran kemih dan infeksi ginekologikal atau gonore (kencing nanah). Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul, obat cair dan obat suntik.

Levofloxacin

Levofloxacin adalah jenis obat antibiotik kuinolon. Fungsi obat ini adalah menghambat duplikasi DNA bakteri sehingga mencegah perkembangannya. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati pneumonia, sinusitis, infeksi kulit jaringan lunak, infeksi saluran kemih dan infeksi prostat. Obat ini hanya digunakan jika antibiotik lainnya tidak dapat mengatasi infeksi. Obat levofloxacin tersedia dalam bentuk tablet.

Cefadroxil

Cefadroxil adalah jenis obat antibiotik sefalosporin. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi infeksi pada bagian tubuh seperti ginekologi (sistem reproduksi wanita), ginjal, sistem saluran kemih dan masalah THT.

Obat infeksi saluran kemih lainnya adalah amoxicillin, cefixime, ciprofloxacin, tetracycline, thiamphenicol, kotrimoksazol, ofloxacin dan oxytetracycline. Beberapa obat infeksi saluran kemih mengandung jenis antibiotik yang berbeda-beda. Lakukan konsultasi secara medis untuk mendapatkan jenis antibiotik yang tepat sesuai kondisi anda.

Note: Beberapa obat infeksi saluran kemih yang telah dijelaskan diatas adalah golongan obat resep. Jadi beberapa obat tersebut sebaiknya tidak digunakan secara bebas karena termasuk obat keras.

Gunakan layanan di bawah ini jika ada yang ingin ditanyakan!