info kesehatan wanita
Info Kesehatan Wanita
September 20, 2016
herpes
Apa Saja Ciri Ciri Herpes?
September 24, 2016

Macam Macam Keputihan Pada Wanita

macam macam keputihan

Sebenarnya keputihan bukanlah sebuah penyakit. Namun suatu kondisi yang normal dialami oleh semua wanita pubertas. Umumnya keputihan terjadi pada saat terangsang hubungan seksual, kehamilan, kelelahan, masa subur, sebelum dan sesudah siklus menstruasi. Oleh karena itu para wanita tidak perlu khawatir saat keluarnya cairan atau lendir dari vagina.

Lendir yang keluar dari vagina diproduksi oleh serviks (leher rahim) dan kelenjar dalam vagina. Lendir ini keluar dengan membawa sel-sel mati serta bakteri. Jadi fungsi dari keputihan adalah membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. Apabila vagina telah terjadi infeksi maka mempengaruhi keputihan yang keluar.

Sebab keputihan bisa dikatakan cerminan dari kesehatan reproduksi wanita. Jika keputihan yang keluar tidak berwarna, tidak berbau, tidak gatal, tidak nyeri dan hanya terjadi pada kondisi tertentu maka secara garis besar kesehatan reproduksi dalam keadaan baik.

Namun sebaliknya jika ada mengalami keputihan berwarna, berbau, gatal, nyeri dan terjadi secara terus menerus dalam jumlah banyak maka kemungkinan besar mencerminkan adanya kondisi medis yang mempengaruhi. Oleh Karena itu para wanita diharapkan untuk memperhatikan macam macam keputihan yang dialami.

macam macam keputihan

Macam Macam Keputihan

Keputihan Berwarna Bening

Macam keputihan ini tidak berbahaya. Biasanya keputihan ini terjadi pada masa subur.Untuk membuktikannya ambilah lendir keputihan pakai jari lalu regangkan diantara 2 jari. Jika berwarna bening dan elastis setelah direntangkan secara maksimal maka anda berada pada masa subur. Jika pada kondisi ini melakukan hubungan intim maka kemungkinan besar mengalami kehamilan. Sebab kondisi ini dapat membantu menarik sperma ke dalam rahim.

Keputihan Berwarna Putih

Biasanya keputihan berwarna putih susu terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi. Jadi kondisi ini bisa dikatakan jenis keputihan normal (Fisiologis). Namun kondisi ini bisa berubah menjadi jenis keputihan abnormal (patologis) jika disertai keluhan gatal dan bau amis. Kemungkinan kondisi ini penyebabnya adalah terinfeksi jamur.

Keputihan Berwarna Kuning

Macam keputihan ini termasuk berbahaya. Oleh karena itu penderitanya tidak boleh menganggap ringan kondisi ini. Beberapa kondisi yang menjadi penyebab keputihan berwarna kuning adalah penyakit menular seksual (PMS). Dimana kita ketahui penyakit gonore identik dengan kencing bernanah, rasa terbakar dan keputihan berwarna kuning. Selain itu klamida dan trichomonas menjadi penyebab keputihan berwarna kuning.

Keputihan Berwarna Hijau

Trichomonas vaginalis merupakan protozoa penyebab lendir keputihan berwarna hijau. Penyebabnya bisa terinfeksi penyakit menular seksual atau kurang memperhatikan kebersihan vagina. Yang intinya kondisi ini menunjukkan telah terjadi infeksi pada organ reproduksi.

Keputihan Berwarna Abu

Keputihan berwarna abu-abu disertai dengan keluhan gatal, bau tidak sedap dan bahkan terjadi pembengkakan pada vagina maka harus mendapatkan pengobatan. Apalagi keputihan berwarna abu diikuti dengan keluarnya darah. Macam keputihan abu sangat berbahaya karena kemungkinan sedang menderita kanker.

Keputihan Berwarna Coklat

Umumnya keputihan berwarna coklat terjadi pada awal periode haid, awal kehamilan dan memasuki menopause. Namun jika diluar periode tersebut maka anda harus was-was. Sebab beberapa kondisi medis seperti kanker serviks dan radang panggul dapat menjadi penyebab keputihan berwarna cokelat. Terutama jika keputihan disertai dengan nyeri pinggang dan bau tidak sedap.

Macam macam keputihan berbahaya adalah keputihan yang berwarna kuning, hijau, abu dan cokelat. Keputihan patologis dapat mengakibatkan wanita mengalami kemandulan (infertilitas). Oleh karena itu perhatikan warna keputihan!

Jika masalah keputihan anda terus berlanjut maka cari staff medis Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi.

chat online