cara mengobati keputihan
Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita
January 27, 2017
masalah ejakulasi dini
Ejakulasi Dini Adalah Masalah Pelik Yang Pria Hadapi
January 29, 2017

Keputihan Saat Hamil Muda

keputihan saat hamil muda

keputihan saat hamil muda

Banyak para wanita yang bertanya-tanya mengenai timbulnya keputihan saat hamil muda, apakah keputihan tersebut itu normal terjadi atau menandakan penyakit lainnya? Karena banyak yang mengkhawatirkan kondisi tersebut akan berbahaya kepada calon bayi.

Sebenarnya timbulnya keputihan ketika hamil muda bisa disebut normal, namun jika keputihan telah berubah warna atau diiringi gejala tertentu, seperti gatal-gatal maka kondisi ini dapat menjadi tanda timbulnya infeksi.

Keputihan ketika hamil ini terjadi karena peningkatan estrogen dalam tubuh. Tujuan dari keputihan ini adalah untuk melindungi vagina dari infeksi dan zat asing lainnya. Dengan demikian timbulnya cairan putih saat hamil adalah hal baik seperti biasa.

Apa yang dapat saya lakukan ketika timbul keputihan ketika hamil muda?

  • Jika keluarnya bukan karena infeksi, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan keputihan, tetapi Anda dapat menggunakan panty liner untuk menyerap keputihan jika perlu.
  • Untuk menjaga area kelamin Anda tetap sehat, tetap bersih, maka dianjurkan untuk selalu bersihkan Ms V dari depan ke belakang.
  • Memakai pakaian dalam dari katun dan menghindari celana ketat, nilon, mandi busa, pembalut yang beraroma atau kertas toilet, semprotan kebersihan feminin.
  • Jangan mencuci Ms V dengan sabun, karena pencucian vagina dengan sabun dapat mengganggu keseimbangan normal di bagian Ms V dan meningkatkan risiko infeksi vagina.

Cara Mencegah Keputihan Saat Hamil Muda

  • Menjaga kebersihan Ms V caranya adalah dengan mencuci secara teratur.
  • Mengganti celana dalam secara rutin. Hal ini apabila dilakukan 2-3 kali sehari terbukti dapat membantu mencegah keputihan karena akan membatu bakteri baik dalam Ms V Anda dan juga dapat mengurangi bau pada Vagina.
  • Keringkan area Ms V setelah Anda mencuci nya, karena untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab keputihan.
  • Hindari penggunaan pembersih organ intim yang mengandung bahan kimia, karena bahan kimia pada pembersih tersebut dapat memengaruhi kadar pH Ms V Anda.
  • Hindari penggunaan panty liner dalam waktu yang lama, karena dapat menyebabkan area Ms V Anda menjadi lembab dan akhirnya bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme yaitu penyebab keputihan.
  • Mengkonsumsi air mineral secara cukup minimal tujuh gelas dalam sehari, hal tersebut bertujuan untuk mengeluarkan racun dan bakteri dari dalam tubuh.
  • Menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan badan.
  • Hindarilah menggunakan celana ketat (terutama celana yang berbahan nilon).

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai keputihan saat hamil muda, sebenarnya timbulnya keputihan itu bersifat normal, yaitu berwarna putih atau jernih serta tidak berbau, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Namun jika Anda sedang mengalami keputihan yang tidak normal dan tidak kunjung sembuh juga maka Anda sangat disarankan untuk ke Klinik Utama Gracia.

chat online