herpes
Apa Saja Ciri Ciri Herpes?
September 24, 2016
penyebab sifilis
Penyebab Penyakit Sifilis Pada Pria dan Wanita
September 27, 2016

Kenapa Sih Keputihan Berwarna Coklat?

keputihan coklat

keputihan berwarna coklatKeputihan merupakan hal yang natural bagi wanita. Keputihan adalah sebuah proses yang melindungi vagina dari infeksi dan menjaganya agar tetap bersih. Yang keluar dari vagina itu berupa cairan dan sel-sel secara terus menerus. Warna dan jumlah dari cairan yang keluar itu bisa berbeda-beda, tergantung dari siklus menstruasi dan siklus kesuburan dari masing-masing wanita. Biasa berkisar antara putih cair hingga sedikit kental dan agak banyak.

Keputihan warna coklat tidak selalu dapat menjadi masalah. Akan tetapi ada beberapa kasus dimana keputihan berwarna coklat itu merupakan pertanda masalah medis yang serius dan kita perlu tahu cara membedakan antara keputihan coklat normal yang tidak membahayakan dengan keputihan warna coklay yang merupakan pengaruh dari sebuah penyakit atau kondisi medis tertentu.

Terkadang pada periode menstruasi sel endometrium tidak keluar semuanya. Sel tersebut tetap berada di uterus anda yang akan keluar nantinya atau menunggu pada saat periode berikutnya dan sel ini dapat menyebabkan keputihan dengan warna coklat.

Apabila wanita yang kadang-kadang memiliki siklus menstruasi yang tidak normal atau haid yang terlambat, sel endometrium bisa saja berubah dari merah ke coklat akibat adanya penundaan sehingga terjadilah perubahan tersebut. Kalau keputihan dengan warna coklat diakibatkan karena masalah ini, anda tidak perlu khawatir. Satu-satunya gejala yang akan anda alami adalah haid yang telat, tapi ini tidak pasti. Biasanya masalah ini dapat diatasi bila anda sedikit merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.

keputihan coklat

Bahaya Keputihan Berwarna Coklat

Ada beberapa kasus bila mengalami keputihan warna coklat adalah tanda dari sesuatu yang serius. Ada beberapa kondisi lain yang dapat juga mengakibatkan keputihan coklat ini. Salah satunya adalah hal ini mungkin mengindikasikan bahwa tubuh anda menderita penyakit seks menular seperti Chlamydia atau gonore. Kanker serviks dan penyakit radang panggul juga dapat mengakibatkan keputihan ini. Untuk wanita yang lebih tua, hal ini bisa jadi pertanda menopause atau pre-menopause.

Gejala dari kondisi seperti ini biasanya lebih mudah terlihat dari hanya sekedar keputihan yang berwarna coklat. Contohnya, apabila seorang wanita menderita penyakit seks menular seperti Chlamydia. Dia kemungkinan akan mengalami rasa sakit pada saat buang air kecil atau sering buang air kecil dimana pada saat itu dia juga akan mengalami keputihan yang keluar warna coklat.

Pada kasus seperti gonore, gejala mungkin timbul bersamaan; iritasi di bagian luar vagina, rasa terbakar pada saat buang air, pendarahan tidak normal atau keputihan berwarna kuning. Wanita dengan penyakit radang panggul mungkin akan menderita dari gejala seperti sakit pada bagian perut atau pendarahan vagina yang tidak normal dan keputihan warna kuning atau coklat.

Cara Mengurangi Keputihan Berwarna Coklat

Salah satu cara untuk membantu mengurangi keputihan coklat yaitu dengan banyak minum air setiap hari. Hindari terlalu banyak minum kopi atau teh, ganti dengan air putih biasa. Juga ada baiknya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari. Makanan yang mengandung gandum dapat memperkuat sistem dalam tubuh dan membantu mengurangi resiko infeksi. Ada baiknya juga tidak lagi mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, alkohol dan narkoba.

Penggunaan panty liner juga disarankan agar pada saat keputihan celana dalam anda tidak kotor. Lebih baik anda tidak menggunakan krim atau produk lain yang dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal. Namun apabila keputihan tersebut masih ada, sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter. Karena setiap orang gejala dan kondisinya dapat berbeda-beda. Gunakan fitur konsultasi online dengan staf kami sekaran, GRATIS!