masalah isk
Obat untuk Infeksi Saluran Kencing
August 11, 2017

ISK adalah Penyakit Yang Menyerang Apa?

sebab isk

ISK adalah singkatan dari infeksi saluran kemih adalah sebuah infeksi yang biasanya terjadi pada bagian sistem kemih, namun perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar kasus infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah.

Perlu Anda ketahui biasanya ISK memiliki nama yang berbeda-beda dan tergantung dari mana infeksi tersebut bisa terjadi, misalnya saja: infeksi kandung kemih diberi nama sistitis, infeksi uretra diberi nama uretritis, sedangkan infeksi ginjal diberi nama pielonefritis.

Selain itu jika Anda seorang wanita maka mungkin akan memiliki kesempatan lebih besar untuk terinfeksi ISK adalah dibandingkan dengan pria karena perbedaan anatomis uretra pria yang lebih pendek dibandingkan dengan wanita dan uretra wanita ini lebih dekat ke anus, sehingga lebih mungkin bagi bakteri untuk berpindah tempat ke kandung kemih.

Bahkan beberapa ahli menilai wanita akan berisiko untuk mengalami ISK seumur hidup atau untuk mendapatkan satu atau dua ISK secara berulang dan kadang-kadang selama bertahun-tahun.

Apakah yang Menyebabkan ISK?

Ternyata sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Escherichia coli (E. coli) dan biasanya bakteri ini mudah ditemukan pada sistem pencernaan.

Selain itu jika Anda seorang wanita maka ada baiknya Anda memperhatikan ketika akan membasuh atau mencuci Miss V dengan air, karena sebaiknya Anda membasuhnya dengan benar yaitu dari arah depan ke belakang dan bukan dari arah sebaliknya!

Hal tersebut karena uretra yaitu tabung yang mengangkut urin dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak di dekat anus, sehingga jika Anda mencuci Miss V dari arah belakang ke depan maka bakteri dari usus besar, seperti E. coli, berada dalam posisi sempurna untuk masuk dari anus dan menyerang uretra.

Dari sana bakteri tersebut bisa melakukan perjalanan ke kandung kemih, dan jika ISK adalah tidak segera diobati maka kemungkinan besar infeksi tersebut akan menginfeksi ginjal Anda dan selain itu ternyata berhubungan badan juga bisa mengenalkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran kemih juga.

Gejala-Gejala ISK di Bawah Ini Perlu Anda Ketahui

• Keinginan kuat untuk buang air kecil, namun saat Anda berkemih hanya sedikit air urin yang keluar
  • Terasa nyeri seperti adanya tekanan di punggung atau perut bagian bawah
  • Air urin berbau aneh, berdarah dan berwarna gelap
  • Sering merasa kelelahan
  • Sering merasa terbakar saat berkemih
  • Terasa menggigil atau demam dan gejala ini harus Anda waspadai karena petanda bahwa infeksi bisa sampai ke ginjal

Bagaimanakah Cara Mendiagnosis ISK?

diagnosa iskJika Anda menduga bahwa Anda memiliki ISK berdasarkan gejala-gejala seperti di atas maka penting bagi Anda untuk segera menghubungi dokter Anda.

Biasanya dokter akan meninjau kembali gejala-gejala Anda dan melakukan pemeriksaan secara fisik dan untuk memastikan diagnosis ISK maka dokter perlu menguji urin Anda untuk mengetahui keberadaan mikroba tertentu.

Kemudian dokter akan meminta sampel urin, namun perlu Anda perhatikan bahwa biasanya sampel urin ini harus dilakukan dan dikumpulkan dengan cara yang benar yaitu saat Anda berkemih namun sampel urin tersebut harus diambil di tengah aliran urin Anda kemudian memasukan urin tersebut kedalam wadah yang telah disediakan dan bukan sampel urin di awal Anda saat berkemih.

Hal ini dilakukan karena akan sangat membantu untuk menghindari pengumpulan bakteri atau jenis ragi dari kulit Anda yang bisa mencemari sampel urin, namun Anda tak perlu khawatir karena biasanya dokter Anda akan menjelaskan lebih detail kepada Anda.

Saat menguji sampel urun biasanya dokter akan mencari sejumlah besar sel darah putih dalam urin Anda, karena hal ini untuk mengindikasikan adanya infeksi, setelah itu dokter akan melakukan kultur urine untuk menguji bakteri atau jamur

Dan hal ini nantinya dapat membantu untuk mengidentifikasi penyebab infeksi saluran kemih, selain itu hal ini juga bisa membantu dokter Anda untuk memilih perawatan mana yang paling tepat bagi Anda.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan seputar ISK adalah dan misalkan Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas maka Anda bisa berkonsultasi kepada Kami di Klinik Utama Gracia.