bahaya keputihan saat hamil
Mengenal Apa Itu Penyakit Ambeien
March 9, 2017

Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

infeksi saluran kencing pada wanita

Tahukah Anda bahwa wanita akan sangat rentang mengalami infeksi saluran kencing? Ya karena pada tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek daripada pria sehingga akan menyebabkan infeksi saluran kencing pada wanita.

Infeksi saluran kencing pada wanita biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di dalam kandung kemih. Ketika itu terjadi maka bakteri dapat memegang dan tumbuh menjadi infeksi penuh di saluran kemih.

Biasanya seseorang akan mengalami gejala dari infeksi saluran kencing seperti: selalu buang ingin buang air kecil, terasa nyeri atau perih ketika kencing, warna air kencing berubah warna menjadi keruh dan yang terakhir adalah terdapat bau yang tidak sedap dari air kencing.

Apakah Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita?

Anatomi Tubuh Wanita

Karena Seorang wanita memiliki uretra lebih pendek dari seorang pria yang bisa memperpendek jarak bakteri sehingga harus melakukan perjalanan singkat untuk mencapai kandung kemih.

Aktivitas Seksual

Wanita yang aktif secara seksual cenderung memiliki resiko terserang infeksi saluran kencing daripada wanita yang tidak aktif secara seksual dan memiliki pasangan seksual yang berganti-ganti juga dapat meningkatkan risiko Anda.

Beberapa Jenis Kontrol Kelahiran

Wanita yang menggunakan diafragma untuk pengendalian kelahiran mungkin beresiko tinggi untuk mengalami infeksi saluran kencing serta wanita yang menggunakan metode Spermicide.

Menopause

Setelah wanita mengalami menopause maka wanita akan mengalami penurunan estrogen yang beredar sehingga akan menyebabkan perubahan pada saluran kemih yang membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi saluran kencing.

Penyumbatan Pada Saluran Kemih

sering BAKBatu ginjal atau prostat dapat menjebak urine sehingga membesar di kandung kemih dan meningkatkan terhadap infeksi saluran kencing. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat 2 jenis infeksi saluran kencing yaitu:

Infeksi Saluran Kencing Bagian Bawah (Sistitis)

Infeksi kandung kemih (sistitis). Adalah jenis ISK yang disebabkan oleh Escherichia coli atau yang biasa dikenal sebagai bakteri E coli yang biasanya ditemukan pada saluran pencernaan.

Perlu diketahui juga bahwa selain disebabkan bakteri E coli, hubungan badan juga dapat menyebabkan sistitis, tetapi Anda tidak perlu menjadi aktif secara seksual untuk mengembangkannya.

Infeksi Saluran Kencing Bagian Atas (Uretritis)

Infeksi kandung kemih pada uretra (uretritis). Jenis ISK ini dapat terjadi ketika bakteri cerna menyebar dari anus ke uretra dan juga karena uretra wanita sangat dekat dengan Ms V. Diketahui juga bahwa infeksi menular seksual, seperti herpes, gonorrhea, klamidia dan mycoplasma, dapat menyebabkan uretritis.

Penyakit Komplikasi Akibat Infeksi Saluran Kencing

Ketika segera diobati dan benar maka infeksi saluran kemih bagian bawah jarang menyebabkan penyakit komplikasi. Namun jika tidak diobati maka infeksi saluran kemih dapat memiliki konsekuensi yang lebih serius.

Komplikasi dari ISK dapat mencakup:

• Kerusakan ginjal permanen dari infeksi ginjal akut atau kronis (pyelonephritis) akibat ISK yang tidak diobati.
  • Peningkatan risiko pada ibu hamil yang dapat memberikan berat badan lahir rendah atau bayi prematur.
  • Sepsis, komplikasi yang mengancam jiwa dari ISK terutama jika infeksi bekerja dengan cara naik ke saluran kemih Anda menuju ginjal.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai infeksi saluran kencing pada wanita dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.