Ternyata Ini Loh Penyebab Infeksi Saluran Kencing
April 4, 2017
Waspadalah Ternyata Gonorrhea adalah Penyakit Menular
April 14, 2017

Waspadai, Human Papillomavirus adalah Virus Kanker

HPV atau Human papillomavirus adalah nama sebuah virus yang menyebabkan penyakit kutil kelamin. Virus ini dapat menyebabkan tumbuhnya kutl pada beberapa bagian tubuh. Menurut penelitian, virus ini berkembang biak pada sel-sel kulit mati serta memiliki lebih dari 100 jenis.

Terdapat sekitar 60 jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil yang pada umumnya menginfeksi bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan, sementara 40 jenis lainnya akan memicu tumbuhnya kutil kelamin. Mungkin Anda pernah mendengar penyakit kutil kelamin, kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus. Lalu virus apakah yang menyebabkan penyakit kutil kelamin?

Human papillomavirus adalah jenis virus yang penularannya melalui sentuhan langsung kulit ke kulit, termasuk juga terhadap benda-benda yang telah terkontaminasi virus HPV. Hubungan seksual juga termasuk salah satu cara menularkan virus ini.

Selain kutil kelamin, Human papillomavirus adalah virus yang juga dapat menyebabkan kanker, meskipun tidak semua Human papillomavirus adalah virus yang dapat menyebabkan kanker, namun terdapat beberapa jenis HPV yang dikenal cukup berbahaya, seperti HPV 18 dan HPV 16 yang menurut penelitian dapat memicu terjadinya kanker serviks.

Adakah Cara Mengobati Virus HPV?

Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa terdapat sekitar 70% dari penyakit kanker serviks disebabkan oleh virus HPV 18 dan HPV 16, dan saat ini WHO telah mendistribusikan dua jenis vaksin HPV ke seluruh dunia termasuk Indonesia untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Dua jenis vaksin yang saat ini telah disebarkan dan didistribusikan oleh WHO adalah vaksin jenis bivalen dan kuadrivalen yang terbukti efektif untuk mencegah infeksi virus ini, termasuk mencegah kanker serviks. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi wanita usia 11 hingga 26 tahun, serta bagi pria usia 11 sampai 21 tahun untuk melakukan vaksinasi HPV untuk mencegah agar tidak terinfeksi virus HPV ini. Proses vaksinasi akan dilakukan sebanyak tiga kali dalam periode 6 bulan.

chat online
Perlu diketahui, vaksin tidak bisa melindungi diri terhadap virus HPV yang telah ada di dalam tubuh sebelum Anda melakukan vaksinasi. Untuk itu mendapatkan vaksin sebelum Anda melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya merupakan cara yang dianggap paling efektif untuk dapat mencegah infeksi HPV. Akan tetapi, apabila Anda telah melakukan hubungan seks, Anda juga tetap mendapat vaksin, sebab tidak ada cara lain untuk melawan virus HPV selain melakukan vaksinasi sebelum virus berkembang.

Adakah Efek Samping dari Vaksin HPV?

Setiap vaksinasi yang dilakukan pastinya mempunyai efek samping, namun Anda tidak usah khawatir, sebab untuk vaksin HPV efek samping yang timbul tidak akan berbahaya. Adapun efek samping yang terjadi setelah vaksinasi antara lain yaitu bengkak atau nyeri pada bagian yang telah disuntik, alergi, dan merasa hilangnya kesadaran setelah dilakukan vaksin. Namun pada umumnya setelah Anda divaksinaksi HPV, Anda akan merasakan hilangnya kesadara. Untuk hal ini Anda dapat menghilangkannya dengan cara duduk selama 15 menit setelah disuntik.

Itulah pengertian HPV atau Human papillomavirus adalah virus yang menyebabkan penyakit menular seksual yang paling umum dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bagi pria dan wanita. Untuk itu selalu jaga kebersihan organ intim Anda dan selalu menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam mengenai Human papillomavirus ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.

chat online