ketiak basah
Cara Menghilangkan Ketiak Basah
June 14, 2017
pengobatan anyangan
Jangan Risau, Ini Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan
July 11, 2017

HPV Adalah Penyakit Kelamin Menyerang Apa?

apa itu hpv

apa itu hpv

Mungkin hampir sebagian besar orang masih awam jika mendengar HPV, lalu apakah HPV itu? HPV adalah singkatan dari Human papillomavirus dan HPV merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual yang paling umum terjadi pada kebanyakan pria dan wanita yang aktif secara seksual yang terkena virus di beberapa titik selama masa hidup mereka.

HPV adalah virus yang menyebabkan penyakit kutil kelamin dan HPV itu nama untuk sekelompok virus yang terdiri lebih dari 150 virus yang terkait dan setiap virus HPV dalam kelompok besar ini diberi nomor yang disebut tipe HPV-nya, sehingga virus ini bisa mempengaruhi kulit Anda dan selaput lembab yang melapisi tubuh.

Perlu Anda ketahui juga bahwa beberapa jenis HPV lainnya dapat menyebabkan pria dan wanita mengalami kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan, dan anus akibat infeksi HPV, selain itu pria juga bisa mengalami kanker pada Mr P.

Selain itu pada wanita, infeksi HPV adalah dapat menyebabkan kanker serviks, vagina, dan vulva, namun meskipun sangat menyerangkan akan tetapi ada vaksin yang bisa mencegah infeksi dengan jenis HPV yang paling sering menyebabkan kanker tersebut.

Bagaimanakah HPV Ditularkan?

sakit kutil kelaminPerlu Anda ketahui bahwa HPV bisa ditularkan atau disebarkan akibat melakukan hubungan seks baik itu seks vagina, anal, atau oral dengan seseorang yang sudah memiliki virus tersebut, namun dalam kebanyakan kasus HPV paling sering menyebar selama seks vaginal atau anal.

Selain itu HPV merupakan virus yang begitu umum sehingga hampir semua pria dan wanita mungkin bisa mengalaminya jika sering berhubungan seks dengan banyak pasangan dan berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman seperti kondom.

HPV juga bisa dialami seseorang meski orang yang terinfeksi tidak memiliki tanda atau gejala, bahkan seseorang bisa mengalami gejala HPV selama bertahun-tahun setelah terinfeksi, sehingga sulit diketahui kapan seseorang pertama kali terinfeksi.

Namun, dalam kebanyakan kasus HPV bisa hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan, akan tetapi saat HPV tidak hilang, maka hal tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil kelamin dan kanker lainnya.

chat online

Apakah HPV Bisa Menimbulkan Gejala?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa HPV umumnya bisa sembuh sendiri, namun bila terus berlanjut tentu saja hal itu bisa menyebabkan kutil, seperti kutil kelamin, atau kanker tertentu.

Dan biasanya saat kutil kelamin hadir, kutil mungkin akan tampak seperti benjolan kecil, gumpalan benjolan atau berbentuk tangkai seperti batang. Kutil kelamin juga dapat berkisar dalam ukuran kecil dan menjadi besar, datar atau berbentuk kembang kol dan mungkin akan berwarna putih.

Biasanya area yang paling umum terkena kutil kelamin pada wanita di bagian vulva, namun kutil kelamin juga bisa hadir di dekat anus, di leher rahim atau di dalam vagina, sedangkan kutil kelamin pada pria mungkin muncul di bagian Mr P, skrotum atau di sekitar anus, selain itu kutil kelamin bisa juga timbul pada selangkangan.

hpv

Bagaimanakah HPV Didiagnosis?

Jika kutil kelamin terlihat maka biasanya penyedia layanan kesehatan umumnya dapat melakukan diagnosis terhadap HPV selama pemeriksaan visual. Namun, tes tambahan mungkin perlu diselesaikan untuk mengevaluasi lebih lanjut terhadap keberadaan HPV.

Tes untuk mengevaluasi perubahan serviks HPV atau HPV tersebut termasuk tes Pap smear, tes DNA dan penggunaan asam asetat (cuka).

  • Pap smear adalah tes yang mengumpulkan sel dari permukaan serviks atau pada Miss V dan akan mengungkapkan kelainan sel yang dapat menyebabkan kanker.
  • Selain itu penggunaan tes DNA akan mengevaluasi jenis HPV yang berisiko tinggi dan direkomendasikan untuk wanita berusia 30 tahun atau lebih dalam hubungannya dengan tes Pap smear.
  • Penggunaan tes larutan asam asetat akan mengidentifikasi lesi yang tidak mudah dilihat karena daerah abnormal yang terkena HPV akan menjadi putih.

Perlu Anda catat juga bahwa dalam situasi tertentu, jika pria atau wanita memiliki riwayat seks anal, mungkin sangat disarankan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mengenai kemungkinan menjalani tes Pap smear anal.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai HPV adalah dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda sehingga Anda dapat mencegah virus tersebut.

chat online