hilangkan bau pada ketiak
Cara Hilangkan Bau Ketiak Tanpa Mengkonsumsi Obat
August 1, 2017
pengobatan keputihan
Bagaimanakah Cara Menggunakan Antibiotik Untuk Keputihan?
August 4, 2017

Herpes Simplex adalah PMS Yang Perlu Diwaspadai

herpes simplex

Mungkin hampir sebagian besar dari Kita masih asing jika mendengar herpes simplex? Lalu apakah herpes simplex itu? Ya herpes simplex adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh adanya virus yang bernama herpes simplex virus (HSV) yang biasanya akan menyerang beberapa bagian kulit, seperti pada mulut dan pada alat kelamin.

Virus herpes simplex juga dikenal sebagai HSV dan herpes simplex adalah infeksi yang menyebabkan penyakit herpes, dan perlu Anda ketahui bahwa penyakit herpes bisa muncul di berbagai bagian tubuh akan tetapi paling sering timbul di alat kelamin atau mulut.

Perlu Anda ketahui bahwa herpes simplex adalah penyakit yang bisa disebabkan oleh adanya kedua virus herpes, yaitu herpes simplex 1 (HSV-1) yang juga dikenal sebagai herpes oral jenis ini bisa menyebabkan luka dingin dan demam melepuh di sekitar mulut dan di wajah.

Sedangkan jenis virus lainnya yang bisa menyebabkan herpes adalah virus HSV-2 dan jenis ini umumnya bertanggung jawab atas herpes genital ataupun herpes kelamin pada pria maupun pada wanita.

Apakah yang Menyebabkan Herpes Simplex?

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya virus herpes simplex adalah virus menular yang bisa ditularkan dari seseorang ke orang lain melalui kontak langsung.

Bahkan anak-anak akan sering tertular HSV-1 dari kontak awal dengan orang dewasa yang terinfeksi dan kemudian anak-naka tersebut akan membawa virus itu bersama mereka selama sisa hidupnya, dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara penyebaran virusnya:

Cara Penularan HSV-1

Infeksi HSV-1 dapat terjadi dari interaksi umum seperti:

• Makan dari peralatan yang sama
  • Berbagi lip balm ataupun pelembab bibir
  • Berciuman

Bahkan virus HSV-1 akan menyebar lebih cepat saat seseorang yang terinfeksi sedang mengalami wabah san mungkin seseorang bisa mendapatkan herpes genital dari HSV-1 jika seseorang yang melakukan seks oral mengalami luka dingin selama waktu itu.

Cara Penularan HSV-2

Biasanya cara penularan HSV-2 melalui bentuk kontak seksual dengan seseorang yang memiliki HSV-2 dan diperkirakan bahwa ada sekitar 20 % orang dewasa yang aktif secara seksual di Amerika Serikat terinfeksi HSV-2, menurut American Academy of Dermatology (AAD)

Bahkan AAD melaporkan bahwa kebanyakan orang mendapatkan HSV-1 dari orang yang terinfeksi tanpa gejala, atau tidak memiliki luka dingin sewaktu terserang virus tersebut.

Apa Saja Gejala Herpes Simplex?

Biasanya gejala virus herpes simpleks  muncul sebagai luka dingin atau terdapat banyak lepuh pada atau di sekitar daerah yang terkena dampak misalnya pada mulut, alat kelamin, atau pada rektum dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala lainnya seperti:

• Mengalami luka di bagian mulut atau di alat kelamin
  • Nyeri saat buang air kecil (herpes genital)
  • Alat kelamin terasa gatal
  • Anda mungkin juga mengalami gejala yang mirip dengan flu seperti: demam, sakit kepala, kelelahan, dan berkurangnya nafsu makan

HSV juga ternyata bisa menyebar ke mata sehingga bisa menyebabkan kondisi yang disebut herpes keratitis. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit mata dan terasa seperti ada pasir di mata.

Bagaimana Saya Tahu Jika Mengalami Herpes Simplex?

Pada umumnya jenis virus ini didiagnosis dengan cara pemeriksaan fisik dan biasanya dokter akan memeriksa tubuh Anda karena luka dan menanyakan beberapa gejala Anda, kemudian dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes HSV dan tes ini dikenal sebagai kultur herpes.

Sehingga tes ini nantinya akan mengkonfirmasi diagnosis jika Anda menderita luka pada alat kelamin Anda dan biasanya selama tes ini, dokter akan mengambil sampel cairan dari luka dan kemudian mengirimkannya ke laboratorium untuk diperiksa.

Selain itu tes darah yang mencari antibodi terhadap HSV-1 dan HSV-2 juga dapat membantu mendiagnosis infeksi ini, karena hal ini akan sangat membantu dokter bila tidak ada luka yang ada di pasien.

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Herpes Simplex?

• Cobalah untuk menghindari kontak fisik langsung dengan orang lain yang memiliki virus HSV.
  • Jangan berbagi barang apapun yang bisa melewati virus HSV, seperti cangkir, handuk, peralatan makan, pakaian, makeup, atau lip balm.
  • Jangan berpartisipasi dalam seks oral, berciuman, atau jenis aktivitas seksual lainnya selama seseorang mengalami herpes.
  • Cuci tangan Anda secara menyeluruh dan oleskan obat dengan kapas untuk mengurangi kontak dengan luka herpes.
  • Seseorang yang terinfeksi HSV-2 juga harus menghindari dari segala macam bentuk aktivitas seksual agar menjaga untuk tidak menularkannya kepada orang lain.

Itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai herpes simplex adalah dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.