turun berok wanita
July 10, 2017

Hemorrhoid Adalah Penyakit Yang Patut Diwaspadai

masalah pada hemorrhoid

Hemorrhoid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar dan biasanya pembuluh darah tersebut berada di dalam atau di sekitar bokong seseorang di dalam anus atau di dalam rektum.

Dan perlu Anda ketahui juga bahwa Hemorrhoid adalah salah satu jenis gangguan yang lebih sering terjadi pada seseorang yang telah menginjak usia 5o tahun ke atas, dimana hemorrhoid adalah suatu keadaan yang biasanya disebabkan karena pelebaran pembuluh darah vena di bagian bawah dari saluran cerna yaitu pada rektum dan anus.

Namun, meskipun Hemorrhoid bisa tidak menyenangkan dan menyakitkan, akan tetapi Hemorrhoid ataupun ambeien ataupun wasir ini sangat mudah untuk dicegah dan diobati. Akan tetapi yang perlu Anda ketahui adalah Hemorrhoid pada umumnya bisa memburuk seiring berjalannya waktu sehingga dokter sangat menyarankan untuk segera berobat setelah Hemorrhoid muncul.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Hemorrhoid?

• Sering tegang selama buang air besar
  • Mengalami komplikasi dari sembelit kronis
  • Duduk untuk jangka waktu yang panjang, terutama di toilet
  • Riwayat keluarga yang mengalami hemorrhoid
  • Karena faktor kehamilan
  • Karena faktor penuaan
  • Sering mengangkat beban terlalu berat
  • Hubungan seks dubur
  • Karena obesitas dan tidak mengikuti diet tinggi serat

Alami Gejala-Gejala di bawah Ini, Awas Terkena Hemorrhoid!

• Mengalami gatal-gatal yang ekstrem di sekitar anus
  • Iritasi dan nyeri di sekitar anus
  • Terdapat benjolan atau bengkak di dekat anus dibarengi dengan rasa gatal
  • Kebocoran feses
  • Gerakan usus yang menyakitkan
  • Terdapat darah setelah seseorang buang air besar
  • Selain itu seseorang mungkin juga akan mengalami gejala anemia, seperti merasa sering kelelahan dan kulit berubah menjadi pucat karena kehilangan darah, meski hal ini jarang terjadi.

Berikut di bawah Ini Adalah Beberapa Hal yang Bisa Membantu Anda Untuk Meredakan Gejala Hemorrhoid:

• Minimalkan waktu Anda untuk duduk di toilet dan usahakan jangan duduk terlalu lama di toilet
  • Bila Anda merasakan dorongan untuk buang air besar maka segeralah pergi ke toilet
  • Cobalah meletakkan kaki di bangku kecil saat buang air besar untuk mengubah posisi rektum Anda
  • Jika Anda hamil maka cobalah tidurlah menghadap ke pinggir karena hal ini akan membantu Anda untuk meredakan beberapa tekanan di sekitar anus
  • Jaga agar daerah anus tetap bersih
  • Mandi secara teratur, dan gunakan lap basah untuk membersihkan daerah sekitar anus setelah buang air besar.

Bagaimana Hemorrhoid Didiagnosis?

Biasanya untuk mendiagnosis Hemorrhoid maka diperlukan pemeriksaan visual pada bagian anus untuk mendiagnosis Hemorrhoid yang dilakukan oleh rumah sakit.

Untuk mengkonfirmasi diagnosis biasanya dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan yang berbeda untuk memeriksa kelainan di dalam anus dan pemeriksaan ini dikenal sebagai pemeriksaan rektal digital.

Selama pemeriksaan ini, biasanya dokter akan memasukkan jari yang dilapisi dan dilumasi ke dalam rektum Anda. Jika dokter merasa ada sesuatu benjolan yang tidak normal maka mungkin dokter akan menjalani pemeriksaan tambahan yang disebut sigmoidoskopi.

Dokter akan menggunakan sigmoidoskopi (kamera kecil untuk mendiagnosis wasir internal) yang kemudian akan dimasukkan ke dalam rektum Anda. Sehingga dari tes ini, dokter Anda akan mendapat pandangan yang jelas tentang bagian dalam rektum Anda sehingga mereka dapat memeriksa wasir dari dekat.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai Hemorrhoid adalah dan misalkan Anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.