Waspadai, Human Papillomavirus adalah Virus Kanker
April 14, 2017
Ketahui dan Kenali Dimana Letak Selaput Dara Wanita
April 14, 2017

Waspadalah Ternyata Gonorrhea adalah Penyakit Menular

Gonorrhea adalah penyakit menular seksual yang secara umum disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Gonorrhea adalah penyakit yang umunya menyerang lapisan dalam saluran kandung kemih, uretra, rectum serta bagian serviks atau leher rahim, tenggorokan dan bagian mata.

Penyakit gonorrhea adalah penyakit yang juga dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah seperti menyebar pada kulit bagian luar serta persendian. Gonorrhea adalah penyakit menular seksual yang cara penularannya dapat melalui hubungan seks seperti seks oral atau anal. Selain itu penyakit ini juga dapat meninfeksi bayi yang baru lahir jika ibu dari sang bayi mengidap penyakit ini, bahkan dapat menyebabkan kebutaan secara permanen.

Perlu Anda ketahui bahwa bakteri gonorrhea tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia dalam waktu yang lama, itulah mengapa bakteri gonorrhea tidak akan menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, kolam renang, ciuman, pelukan, berbagi gelas dan berbagi handuk.

Gejala Penyakit Gonorrhea

Dari beberapa kasus yang dialami, sekitar 10% dari pria yang terinfeksi dan 50% wanita yang teinfeksi tidak mengalami gejala penyakit ini, sehingga banyak dari para penderita gonorrhea adalah orang-orang yang menularkan penyakitnya tanpa mereka sadari.
chat online

Untuk mengenali gejala gonorrhea pada pria lebih mudah dibandingkan mendeteksi penyakit ini pada para wanita, hal ini disebabkan gejala awal yang timbul pada wanita hampir mirip dengan gejala pada infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Untuk itu penyakit ini harus segera diobati, sebab jika tidak diobati, maka penyakit gonorrhea ini akan menjalar hingga ke organ panggul wanita sehingga menyebabkan pendarahan pada vagina, sakit pada bagian bawah perut, demam, dan timbulnya rasa sakit saat melakukan hubungan seksual.

Gejala penyakit gonorrhea yang pada umumnya muncul pada pria dan wanita adalah rasa sakit dan perih saat buang air kecil, keluarnya cairan seperti nanah berwarna hijau atau kuning yang berasal dari vagina atau penis. Hal itulah yang menyebabkan penyakit ini dikenal dengan sebutan penyakit kencing nanah oleh masyarakat Indonesia.

Mendiagnosis Gonorrhea

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis penyakit gonorrhea pada seseorang. Pada beberapa kasus yang telah dilakukan, biasanya dokter akan melakukan pengujian pada sampel cairan yang terdapat pada vagina atau penis, yang kemudian akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Jika pasien yang datang adalah seorang wanita, biasanya perawat atau dokter akan menggunakan cotton bud untuk mengambil sampel cairan pada vagina atau mulut rahim. Pada umumnya dokter akan meminta pasien untuk menggunakan tampon untuk mengambil sampel cairan vaginanya. Biasanya Anda akan sedikit tidak nyaman ketika akan dilakukan pengambilan sampel cairan pada vagina Anda, dan Anda tidak perlu khawatir, sebab proses pengambilan sampel cairan dilakukan tanpa rasa sakit.

Sedangkan jika pasien yang datang adalah seorang pria, dokter akan meminta kepada pasien pria untuk mengambil sampel urine yang nantinya akan diperiksakan hasilnya di laboratorium. Selain itu, dokter juga dapat mengambil sampel cairan pada penis dengan menggunakan cotton bud.

Pencegahan dan Pengobatan Gonorrhea

Untuk melakukan pengobatan gonorrhea adalah dengan memberikan satu suntikan anibiotik serta satu tablet antibiotik. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan awal, dan biasanya pasien disarankan oleh dokter untuk kembali melakukan pemeriksaan selama satu atau dua pekan untuk dilakukan pemeriksaan ulang yang berguna untuk memastikan kembali apakah bakteri gonorrhea telah hilang sepenuhnya.

Pada umumnya setelah dilakukan tindakan pencegahan awal, gejala gonorrhea akan segera membaik dalam beberapa hari jika pasien telah dilakukan pengobatan yang efektif dan benar. Sebaliknya jika penyakit gonorrhea dibiarkan saja, maka akan menjadikan masalah yang serius bagi penderita.

Jika penyakit gonorrhea telah dinyatakan sembuh, ada baiknya Anda dan pasangan tidak melakukan hubungan seks terlebih dahulu sampai perawatan yang dilakukan benar-benar telah tuntas dan hasil pemeriksaan ulang dinyatakan negatif.

Itulah informasi mengenai penyakit gonorrhea atau kencing nanah. Untuk mencegah penyakit ini agar Anda tidak terinfeksi penyakit ini adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan, dan tidak melakukan hubungan seks di luar nikah, serta menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks.

chat online