pengobatan keputihan
Bagaimanakah Cara Menggunakan Antibiotik Untuk Keputihan?
August 4, 2017
metode mengatasi impotensi
Mengintip 4 Cara Mengatasi Impotensi dengan Cara Medis
August 6, 2017

Gonore Adalah PMS Yang Patut Kita Waspadai

sakit gonore

penyakit gonorhea

Apakah Gonore Itu?

Gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menginfeksi pria dan wanita, sehingga penyakit ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, rektum, dan tenggorokan yang umumnya terjadi akibat berhubungan seks vaginal, oral, maupun anal.

Gonore merupakan jenis penyakit pada organ kelamin pada pria maupun pada wanita dan diketahui terjadi karena adanya mikroorganisme yang bernama Neissera gonorrhoeae.

Seperti jenis mikroorganisme lainnya seseorang bisa terinfeksi bakteri penyebab gonore hanya dari menyentuh daerah yang terinfeksi pada orang lain. Contohnya saja jika Anda bersentuhan dengan Mr P, Miss V, mulut, atau anus seseorang yang membawa bakteri ini maka kemungkinan besar Anda bisa terkena gonore.

Selain itu mikroorganisme ini tidak bisa hidup lebih dari beberapa detik di luar tubuh, jadi Anda tidak bisa terinfeksi gonore dengan menyentuh benda-benda seperti kursi toilet atau pakaian, tetapi wanita yang memiliki gonore dapat menyebarkan penyakit ini ke bayi mereka selama proses persalinan

Gonore adalah penyakit menular seksual dan seseorang bisa mendapatkannya dari berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi dengan virus gonore dan pada masyarakat sekitar nama lain dari gonore adalah kencing nanah.

Waspadai, Inilah Gejala-gejala Penyakit Gonore

Pada umumnya gejala gonore akan muncul setelah 1 sampai 14 hari seseorang terpapar infeksi gonore dan biasanya gejala gonore pada pria dan wanita bisa sedikit berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut:

Gejala Gonore Pada Pria

• Keluarnya cairan berwarna kuning, hijau dari uretra, menyerupai nanah
  • Nyeri pada testis atau skrotum
  • Sering sakit saat buang air kecil
  • Terasa gatal, nyeri, pendarahan saat buang air besar
  • Tenggorokan terasa gatal dan sulit menelan
  • Sakit pada area mata, kepekaan cahaya berkurang, atau keluarnya cairan pada mata menyerupai nanah

Gejala Gonore Pada Wanita

• Berhubungan badan yang terasa menyakitkan
  • Mengalami demam
  • Keluar keputihan berlebihan yang berwarn kuning atau hijau
  • Vulva menjadi membengkak
  • Terjadi perdarahan di antara periode
  • Periode menstruasi yang lebih berat
  • Timbul pendarahan setelah berhubungan badan
  • Sering muntah dan sakit perut atau sakit panggul
  • Terasa sakit saat buang air kecil
  • Nyeri saat buang air besar
  • Sakit pada tenggorokan , gatal, sulit menelan, atau bengkak leher biasanya akibat seks oral

sakit gonore

Siapa Sajakah yang Berisiko Terinfeksi Gonore?

Pada umumnya seseoang yang aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks bisa terkena gonore, dan jika Anda seseorang yang sangat aktif secara seksual maka cobalah untuk berdiskusi secara jujur dan terbuka dengan dokter Anda dan tanyakan apakah Anda harus menjalani tes gonore atau PMS lainnya.

Diketahui juga bahwa seorang pria yang aktif secara seksual atau gay, biseksual, atau yang berhubungan seks dengan sesama pria bisa saja terinfeksi gonore adalah maka ada baiknya harus diuji untuk gonore setiap tahun.

Jika Anda adalah wanita yang aktif secara seksual dan berusia lebih muda dari 25 tahun dan memiliki pasangan seks yang terinfeksi jenis penyakit menular seksual maka wanita tersebut mungkin bisa terinfeksi gonore.

Bagaimana Saya Tahu Jika Saya Terinfeksi Gonore?

Jika Anda merasa aktif secara seksual dan memiliki gejala-gejala gonore seperti di atas maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter dan biasanya dokter akan menyuruh Anda untuk melakukan tes urin untuk mengetes keberadaan gonore.

Namun, jika Anda aktif melakukan seks oral atau seks anal maka penyeka dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari tenggorokan atau pada rektum Anda dan dalam beberapa kasus, swab dapat digunakan untuk mengumpulkan sampel dari uretra pria (saluran kencing) atau serviks wanita.

Bisakah Gonore Disembuhkan?

Ya, gonore bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat maka penting bagi Anda yang merasa memiliki gejala gonore untuk segera melakukan tes gonore dan sangat penting agar Anda meminum semua obat yang diresepkan oleh dokter untuk menyembuhkan infeksi Anda.

Selain itu seharusnya obat untuk gonore janganlah dibagikan dengan siapapun dan meskipun obat akan menghentikan infeksi akan tetapi obat ini tidak akan membatalkan semua kerusakan permanen yang disebabkan oleh penyakit ini.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyakit gonore dan misalkan Anda merasa memiliki penyakit ini maka segeralah berobat di Klinik Utama Gracia, karena pada umumnya jika tidak segera diobati maka bisa menyebabkan berbagai macam masalah lainnya.