mengatasi anyang anyangan
December 2, 2016

Gejala Infeksi Saluran Kencing

infeksi saluran kencing

infeksi saluran kencingJangan pernah mengabaikan setiap gejala-gejala penyakit yang menyerang tubuh Anda. Walaupun gejala itu mungkin ringan dan terlihat sepele, namun kita tetap harus segerea mengobatinya. Biasanya untuk gejala-gejala yang ringan Anda tidak akan menyadarinya.

Untuk itulah diperlukan pengetahuan yang cukup tentang suatu penyakit, termasuk ISK. Dengan mengetahui gejala infeksi saluran kencing maka dapat membuat Anda lebih waspada dan lebih cepat bertindak agar penyakit tersebut tidak berubah menjadi parah seperti menjadi infeksi ginjal.

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah infeksi yang terjadi di saluran kencing di bagian manapun yang terdiri kandung kemih, uretra, ureter, dan ginjal. Kasus ISK yang sering terjadi adalah infeksi yang terjadi di uretra dan kandung kemih. Dua organ tubuh ini merupakan saluran kemih bagian bawah.

Semua orang bisa terserang penyakit ini, namun wanita mempunyai tingkat resiko paling besar untuk terkena penyakit ini dibandingkan pria. Infeksi saluran kencing bisa terasa sangat menyakitkan di daerah bawah pusar. Kencing pun menjadi tidak nyaman karena panas dan nyeri. Jangan pernah biarkan infeksi saluran kencing karena berpotensi terjadinya penyebaran infeksi ke ginjal.

Gejala Infeksi Saluran Kencing

Gejala infeksi saluran kencing pada saluran kencing bagian atas seperti ginjal dan ureter akan berbeda dengan gejala infeksi saluran kencing pada saluran kencing bagian bawah yaitu kandug kemih dan uretra. Seseorang bisa saja mengalami gejala dari kedua saluran kencing. Ini berarti infeksi saluran kencing sudah menyebar karena saluran kencing bagian atas dan bawah sudah terinfeksi.

Infeksi Saluran Bagian Bawah

• Mengalami sindrom uretra seperti sering buang air kecil atau ada dorongan ingin selalu buang air kecil, rasa nyeri yang tak begitu sakit namun konstan pada dareah kemaluan, nyeri saat buang air kecil.
  • Air kencing berwarna keruh atau berawan.
  • Air kencing berbau tak sedap.
  • Terdapat darah pada air kencing.
  • Mengalami sakit punggung yang menjalar sampai perut dan pangkal paha. Rasa sakit bisa membruuk saat buang air kecil
  • Pada umunya merasa tak sehat seperti gejala demam dan flu

Infeksi Saluran Bagian Atas

• Deman tinggi dengan sushu lebih dari 38 derajat celcius
  • Rasa mual seperti ingin muntah
  • Muntah-muntah
  • Buang air besar encer atau diare berlebihan
  • Rasa menggigil yang tak terkendali

Gejala infeksi saluran kencing baik pada bagian atas maupun bawahbisa mirip dengan gejala penyakit lainnya. Maka jika Anda mengalami gejala-gejala diatas, belum tentu Anda terkena ISK. Namun Anda harus tetap waspada dan segera ke dokter.

gejala infeksi saluran kencing

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Anda dapat mengambil tindakan-tindakan agar resiko terken infeksi saluran kencig dapat berkurang dengan cara:

• Banyak minum cairan, lebih baik lagi jika perbanyak minum air putih. Dengan minum air putih maka dapat membantu mengencerkan urine dan memastikan bahwa Anda akan lebih sering buang air kecil sehingga bakteri dan virus dapat terbuang dari saluran kencing.
  • Jangan suka menahan kencing. Ini adalah hal yang paling sering dilakukan. Segera kencing jika memang terdapat kamar mandi disekitar Anda.
  • Saat cebok, usap dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. Lakukan saat buang air kecil dan buang air besar juga agar dapat membantu mencegah bakteri dan virus dari anus menyebar ke uretra dan vagina.
  • Segera buang air kecil setelah berhubungan seks.

Apabila masih ada yang ingin anda tanyakan seputar penyakit ISK, silahkan kontak konsultan medis kami dengan mengklik banner di bawah ini. Bicarakan masalah anda dengan leluasa.