gejala herpes
October 21, 2016

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Manusia

infeksi saluran kemih

Masalah infeksi saluran kemih (ISK) masih menjadi masalah yang kurang mendapatkan perhatian publik. Sebab banyak orang di luar sana yang tidak sadar atau bahkan tidak mengetahui apa saja gejala dari infeksi saluran pada kemih. Akibatnya ketika seseorang mengalami gejala isk, banyak yang tidak sadar kalau sudah terkena penyakit dan akhirnya tidak ditangani secara serius. Hal ini yang perlu diubah agar orang lebih waspada dengan penyakit ini.

Infeksi pada saluran kemih sendiri terbagi menjadi dua, infeksi saluran kemih atas dan bawah. Gejala yang ditimbulkan pada kedua macam infeksi ini berbeda. Ironisnya banyak orang ketika merasakan gejala tersebut menganggap itu merupakan hal normal yang dirasakan oleh tubuh akibat minimnya pengetahuan tentang infeksi saluran kemih.

gejala infeksi saluran kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih Atas Dan Bawah

Ada baiknya anda benar-benar memahami apa saja gejala dari infeksi saluran kemih atas dan bawah agar anda dapat terhindar dari infeksi saluran kemih yang akut. Gejala pada infeksi saluran kemih atas antara lain:

Rasa nyeri pada selangkangan dan pinggul

Apabila anda merasa nyeri pada daerah selangkangan maupun pinggul padahal anda tidak merasa lelah, ini merupakan gejala awal dari ISK.

Mual dan muntah

Gejala lain yang timbul akibat infeksi saluran kemih adalah mual disertai dengan muntah. Hal ini disebabkan oleh pencernaan anda serta saluran kemih anda sedang terkena infeksi.

Demam dan diare

Gejala ini patut untuk anda waspadai. Ketika anda mengalami demam dibarengi dengan diare secara mendadak, ini dapat menandakan terjadinya infeksi pada saluran pencernaan anda.

Berbeda dengan gejala yang baru saja disebutkan, gejala infeksi saluran kemih bawah mempunyai gejala yang berbeda:

Rasa ingin selalu buang air kecil

infeksi saluran kemihMungkin anda merasa hal ini merupakan hal yang wajar atau merasa ini adalah pengaruh dari cuaca dingin atau mungkin akibat dari terlalu banyak minum. Anda perlu waspada karena terlalu sering buang air kecil itu juga merupakan salah satu dari pertanda bahwa saluran kemih anda telah terinfeksi.

Rasa nyeri pada saat buang air kecil

Pada saat anda mengalami gejala ini kemungkinan besar anda baru sadar kalau anda mengalami infeksi saluran kemih.

Warna urin keruh

Apabila terjadi kerusakan pada saluran kemih maka gejala yang ditimbulkan adalah warna urine menjadi tidak normal, berwarna lebih keruh dari biasanya. Ini dikarenakan ginjal yang sudah tidak dapat memfilter darah dengan baik sehingga urin yang keluar masih mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Demikian adalah beberapa gejala dari infeksi saluran kemih yang patut anda waspadai. Gejala tersebut merupakan indikasi awal terkena ISK. Mengatasi gejala dengan cepat lebih baik sehingga tidak menimbulkan gejala yang lebih akut. Bila gejala dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan gejala yang lebih serius, contohnya:

Rasa nyeri hebat pada bagian pinggang

Rasa nyeri yang anda rasakan ini dapat membuat anda merasa lemas bahkan tidak sanggup berdiri. Rasa sakit ini disebabkan oleh bakteri dalam jumlah yang banyak terdapat pada kandung kemih sehingga kandung kemih mengalami kerusakan dan timbul rasa sakit yang luar biasa.

Urin beraroma tidak sedap

Ini tidak disebabkan oleh makanan yang anda makan, akan tetapi diakibatkan oleh sisa makanan atau zat penting dalam makanan yang harusnya diserap oleh tubuh menjadi terbuang lewat urin. Ini merupakan pertanda kalau terjadi kerusakan pada ginjal anda.

Urin mengandung darah

Gejala ini merupakan gejala infeksi saluran kemih yang paling berbahaya. Apabila sudah terdapat darah pada urin anda, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang intensif.