keputihan coklat
Kenapa Sih Keputihan Berwarna Coklat?
September 25, 2016
penyebab sifilis
Penyebab Penyakit Sifilis Pada Pria Dan Wanita
September 27, 2016

Gejala dan Penyebab Polip Rahim Pada Wanita

polip rahim

polip rahimPolip rahim ataupun polip serviks adalah penyakit yang timbul akibat adanya pertumbuhan abnormal pada jaringan di dalam rahim. Kondisi ini umumnya di alami oleh kaum wanita yang sedang pra menopause atau sudah mengalami menopause.

Polip serviks adalah pertumbuhan jaringan tumor yang terjadi di endometrium lapisan dalam rahim (lapisan tempat melekatnya embrio pada kehamilan). Akibat dari penyakit ini adalah dapat menganggu kesuburan wanita dan beresiko keguguran. Walaupun polip rahim umumnya merupakan tumor jinak bukan kanker, tetapi jika tidak ditangani maka tumor jinak dapat berubah menjadi tumor ganas. Yuk pahami dulu penyebab dan gejala polip rahim dari penyakit polip rahim!

Penyebab polip rahim belum diketahui secara pasti. Menurut para ahli kemungkinan disebabkan oleh faktor hormon, dalam hal ini mengarah ke hormon estrogen yang memiliki efek menyebabkan penebalan endometrium setiap bulan ada kaitan dengan pertumbuhan polip rahim.

Faktor Penyebab Polip Rahim

• Kondisi rahim yang sangar sensitif terhadap hormon
  • Obesistas atau kegemukan
  • Efek obat, penggunaan tamoksifen untuk kanker payudara
  • Mengidap penyakit darah tinggi atau hipertensi
  • Usia, umumnya wanita memasuki masa menopause berusia 40-50 tahun mengalami penurunan hormon.

Beberapa faktor penyebab pemicu rahim sudah dijelaskan. sekarang saatnya menjelaskan gejala polip rahim supaya anda dapat was-was diri. Harap di cermati!

Gejala Polip Rahim

Masalah Menstruasi

• Gejala utama
  • Siklus menstruasi pendek atau lebih cepat
  • Volume darah haid yang keluar sangat banyak
  • Haid yang berlangsung terjadi lebih lama

Pendarahan

• Pendarahan di luar siklus menstruasi
  • Pendarahan terjadi setiap berhubungan seksual
  • Terjadinya pendarahan setelah menopause

Setelah anda mengetahui gejala-gejala dari polip seviks. Nah, saatnya anda mengingat-ingat selama masa menstruasi apakah anda sering mengalami gangguan siklus menstruasi ataukah pernah terjadi pendarahan di luar masa menstruasi.

Tidak semua penderita polip serviks memiliki gejala yang sama. Ada beberapa kasus tidak menunjukkan gejala apapun. Sebaiknya sebagai kaum wanita harus rutin melakukan pemeriksaan agar dapat mendeteksi penyakit secara dini. Cara untuk mendeteksinya penyakit polip rahim dengan melakukan metode yang disarankan oleh dokter.

gejala polip rahim

Metode Pengobatan Polip Serviks

• USG transvaginal, berfungsi untuk memeriksa gambaran lapisan dinding rahim terutama bagian dalam rahim. Polip akan terlihat jika terjadi penebalan dinding dalam rahim.
  • Histeroskopi memiliki 2 fungsi yaitu sebagai alat diagnostik dan dapat digunakan sebagai metode pengobatan. Jadi ketika alat itu dimasukkan ke dalam rahim lalu terdeteksi adanya polip, maka langsung dapat dilakukan pengangkatan.
  • Kuret, prosedur ini digunakan untuk mengambil sampel jaringan atau biopsi.

Note: Jika polip tidak dapat dibuang dengan menggunakan metode di atas atau polip bersifat kanker maka diperlukan operasi. Prosedur medis seperti histerektomi atau operasi pengangkatan seluruh rahim, dapat digunakan dalam kondisi dimana ditemukan sel-sel kanker dalam polip rahim.

Jangan panik dulu, ada beberapa kasus polip rahim tidak menimbulkan permasalahan yang serius. Sebaiknya melakukan pemeriksaan agar anda merasa tenang. Kaum wanita harus rutin melakukan pemeriksaan ya! Sebab reproduksi wanita lebih kompleks. Bila ada pertanyaan maka gunakan layanan ini agar dapat terhubung dengan staff medis.