candida albicans adalah
Cara Mengobati Keputihan Pada Wanita
January 27, 2017

Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita

ciri ciri penyakit sipilis pada wanita

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi dengan bakteri yang dikenal sebagai Treponema pallidum.

Seperti PMS lainnya, sipilis dapat menyebar dengan semua jenis kontak seksual. Sipilis juga dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi kepada janin selama kehamilan atau bayi pada saat lahir.

Namun sayangnya banyak masyarakat awam yang belum mengetahui betapa bahayanya penyakit sipilis ini karena dengan mengetahui penyakit ini dapat mudah untuk mencegah penyakit tersebut, dan ternyata penyakit bisa menyerang pria maupun pada wanita.

Penyebab Penyakit Sipilis

Ternyata penyebab penyakit sipilis adalah disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, yang disebut sebagai spirochetes karena bentuk spiral mereka. Organisme ini akan menembus ke infeksi sipilis, ketika tidak diobati, berkembang melalui tahapan klinis yang berbeda dengan tanda-tanda khas dan gejala.

Setelah infeksi pertama, gejala biasanya berkembang pada sekitar 21 hari setelah infeksi, tetapi mereka mungkin muncul mana saja dari 10 sampai 90 hari setelah infeksi.

Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita

Diketahui sipilis pada wanita terbagi menjadi tiga stadium mulai dari sipilis primer, sipilis sekunder, serta yang terakhir adalah sipilis laten dan masing-masing stadium memiliki ciri ciri yang berbeda.

Sipilis primer pada wanita

Ciri ciri penyakit sipilis pada wanita tahap primer awalnya wanita akan mengalami luka kemerahan dan basah di area Ms V, poros usus atau mulut, namun gejala tersebut akan sembuh dengan sendirinya, bahkan tanpa adanya pengobatan.

Sipilis sekunder pada wanita

Sipilis sekunder pada wanita adalah tahap sistemik penyakit, yang berarti dapat melibatkan berbagai sistem organ tubuh.

Ciri penyakit sipilis dalam tahap ini awalnya penderita dapat mengalami banyak gejala yang berbeda, tapi yang paling sering mereka alami adalah adanya ruam di kulit, biasanya ruam tersebut akan muncul di telapak tangan atau bagian bawah kaki.

• Kadang-kadang ruam kulit sipilis sekunder sangat samar dan sulit untuk mengenali, hal itu mungkin belum diperhatikan dalam semua kasus.
  • Ciri ciri sipilis pada tahap sekunder ini juga dapat mencakup: rambut rontok, sakit tenggorokan, bercak putih di hidung, mulut, dan vagina, ditambah demam dan sakit kepala.
  • Bisa ada luka pada alat kelamin yang terlihat seperti kutil kelamin namun disebabkan oleh spirochetes, serta ruam kulit, yang sangat menular.

Sipilis laten pada wanita

Setelah sipilis sekunder, beberapa pasien akan terus membawa infeksi di dalam tubuh mereka tanpa gejala. Hal ini disebut tahap laten atau ketiga infeksi. Hal ini dapat berkembang pada sekitar 15% untuk orang-orang yang belum dirawat karena sipilis, dan dapat muncul 10 sampai 20 tahun setelah infeksi pertama kali didapat.

Biasanya, sipilis pada tahap ketiga adalah tidak lagi menular. Sipilis tersier juga merupakan tahap sistemik penyakit dan dapat menyebabkan berbagai masalah di seluruh tubuh termasuk:

• Infeksi otak, serta dapat menyebabkan stroke, kebingungan, meningitis (jenis infeksi otak), dan kelemahan (neurosifilis).
  • Kerusakan pada mata.
  • Kerusakan pada telinga sehingga menyebabkan tuli.

Nah, itulah tadi beberapa pembahasan mengenai ciri ciri penyakit sipilis pada wanita, dan jika Anda mengalami sipilis maka Kami akan merekomendasikan Anda untuk berobat di Klinik Utama Gracia.