telat haid 5 hari
Apakah Telat Haid 5 Hari Pertanda Kehamilan?
March 25, 2017
cara mengatasi sering buang air kecil
Begini Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Yang Mudah
March 28, 2017

Kenali Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing Sedini Mungkin

ciri ciri infeksi saluran kencing

ciri ciri infeksi saluran kencingPenyakit infeksi atau masuknya suatu bakteri ke dalam saluran kencing dapat disebut juga sebagai penyakit infeksi saluran kencing. Lalu apa saja ciri ciri infeksi saluran kencing?

Penyakit infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang sering menyerang seluruh masyarakat bahkan menyerang berbagai kalangan. Namun biasanya penyakit ini menyerang perempuan dan ibu hamil. Penyakit ini sebenarnya dapat diobati dan disembuhkan.

Infeksi saluran kencing atau infeksi saluran kemih (ISK) merupakan kondisi dimana organ yang termasuk ke dalam sistem kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih serta uretra mengalami infeksi. Infeksi ini dapat terjadi pada siapa saja, namun karena wanita mempunyai uretra yang lebih pendek, maka lebih rentan terkena infeksi ini.

Sebagian besar kasus infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coli atau lebih dikenal dengan sebutan E.coli yang biasanya hidup dan berkembang pada saluran pencernaan. Bakteri ini masuk ke dalam saluran kemih karena seseorang kurang menjaga kebersihan setelah buang air besar atau buang air kecil.

Infeksi saluran kencing juga dapat terjadi karena iritasi setelah melakukan hubungan seksual sehingga berakibat teganggunya kinerja pengosongan urin karena kondisi tertentu seperti terjadinya penyumbatan pada saluran kemih yang disebabkan batu ginjal.

Ciri Ciri Infeksi Saluran Kencing

Berikut ini merupakan ciri ciri infeksi saluran kencing yang pada umumnya terjadi:

Nyeri saat buang air kecil

Ini merupakan ciri paling utama saat Anda terinfeksi saluran kencing. Perasaan yang Anda dapatkan adalah rasa nyeri dan terbakar atau terasa panas saat Anda sedang buang air kecil. Namun sensasi rasa perih dan terbakar akan segera hilang ketika Anda telah selesai buang air kecil.

Perasaan ingin selalu buang air kecil

Gejala yang Anda rasakan ketikan terinfeksi penyakit saluran kencing adalah keinginan buang air kecil secara terus menerus, meskipun hanya beberapa menit atau setengah jam sebelumnya si penderita baru saja buang air kecil, dan hanya sedikit air seni yang keluar.

Sering buang air kecil di malam hari

Hal ini adalah salah satu gejala yang timbul akibat infeksi penyakit ini, dimana si penderita akan sering terbangun saat malam hari hanya untuk buang air kecil. Hal ini merupakan gejala dari perasaan ingin selalu buang air kecil serta tidak dapat ditahan.

Rasa nyeri atau merasa tidak enak pada bagian bawah perut

Rasa nyeri merupakan salah satu ciri infeksi saluran kemih atau perasaan tidak enak pada perut bagian bawah. Namun rasa nyeri pada daerah kandung kemih juga dapat mengindikasikan adanya batu kandung kemih yang harus diwaspadai.

Air kencing berwarna merah

Salah satu ciri ciri infeksi yang paling terlihat mencolok adalah ketika buang air kecil, dimana air seni yang dikeluarkan berwarna kemerahan, bahkan menyerupai warna darah. Namun perlu diingat bahwa selain infeksi saluran kencing, penyakit ginjal seperti batu, glomerulonephritis, efek samping obat TBC juga merupakan salah satu penyebab air seni berwarna kemerahan.

Itulah beberapa ciri ciri infeksi saluran kencing yang pada umumnya terjadi. Jika Anda ingin mengetahui secara lebih mendalam mengenai hal ini, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staf medis kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini