penyebab hernia

Chlamydia Adalah Jenis Penyakit Menular Seksual

penyakit chlamydia

chlamydia

Berbicara mengenai penyakit menular seksual (IMS) rasanya tidak akan terlepas dengan yang namanya “chlamydia”, lalu apakah chlamydia itu? Dan bagaimana cara mengobatinya? Jika Anda penasaran yuk baca artikel ini sampai tuntas.

Chlamydia adalah infeksi bakteri umum yang menyebabkan penyakit infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh chlamydia trachomatis. Penyakit ini diketahui dapat menyerang pria maupun wanita dan cara penyebarannya adalah melalui hubungan seksual.

Infeksi Chlamydia dapat mempengaruhi beberapa organ termasuk penis, vagina, leher rahim, uretra, anus, mata, dan tenggorokan dan dapat menyebabkan kerusakan serius dan kadang-kadang permanen pada sistem reproduksi.

Berikut dibawah ini adalah beberapa poin penting tentang penyakit chlamydia:

• Chlamydia adalah penyakit yang 50 kali lebih sering terjadi daripada sifilis dan lebih dari tiga kali lebih sering terjadi daripada gonore
  • Biasanya kebanyakan orang dengan chlamydia tidak menunjukkan gejala.
  • Chlamydia dapat menyebar ke bayi saat melahirkan, berpotensi menyebabkan infeksi mata atau pneumonia.
  • Chlamydia adalah infeksi yang bisa diobati dan memerlukan penggunaan antibiotik yang diresepkan oleh kedua pasangan seksual.

penyakit chlamydiaChlamydia dapat ditularkan melalui:

• Hubungan seks vaginal tanpa pengaman (kondom) dengan orang yang terinfeksi.
  • Hubungan seks anal tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi.
  • Melakukan oral seks dengan orang yang terinfeksi.
  • Mengalami kontak langsung pada organ vital dengan orang yang terinfeksi.
  • Sepertinya infeksi chlamydia tidak menimbulkan gejala setidaknya 70% dari orang yang menderita chlamydia dapat menularkan kepada pasangan seksual tanpa mereka sadari.
  • Seorang ibu yang terinfeksi dapat menularkan infeksi chlamydia ke bayinya saat melahirkan. Kadang-kadang, infeksi dapat menyebabkan komplikasi untuk bayi, seperti pneumonia.

Chlamydia tidak dapat ditularkan melalui:

• Kontak langsung dengan toilet duduk yang telah digunakan oleh orang yang terinfeksi.
  • Berbagi sauna dengan orang yang terinfeksi.
  • Berbagi kolam renang dengan orang yang terinfeksi
  • Menyentuh suatu permukaan yang telah disentuh orang yang terinfeksi.
  • Berdiri dekat dengan orang yang terinfeksi, menghirup udara setelah mereka batuk atau bersin.
  • Satu ruangan dengan orang yang terinfeksi.

Gejala Chlamydia

penyakit chlamydia pada wanitaMeskipun sebagian besar orang yang mengalami klamidia tidak menunjukkan gejala, namun gejalanya mungkin akan mulai muncul 5-10 hari setelah tertular infeksi.

Gejala klamidia khusus mempengaruhi perempuan diantaranya:

• Sakit perut.
  • Timbulnya keputihan tidak normal seperti: berbau busuk, warna cairan menjadi kuning.
  • Demam ringan
  • Setelah berhubungan seksual akan merasa sakit dan muncul perdarahan, terbakar dengan buang air kecil, pembengkakan pada Ms V atau di sekitar anus.
  • Sering buang air kecil lebih sering dibanding biasanya dan mengalami ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Gejala klamidia khusus mempengaruhi pria diantaranya:

• Timbul rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan dari Mr P seperti: (nanah, cairan yang encer atau seperti susu)
  • Testis membengkak dan timbul rasa nyeri.
  • Jika rektum dipengaruhi pada pria atau wanita, dapat menyebabkan iritasi.

Cara Pengobatan Chlamydia

Pengobatan klamidia sangat penting karena, jika dibiarkan tidak diobati maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang, termasuk ketidaksuburan dan kehamilan ektopik.

Berikut dibawah adalah beberapa obat antibiotik yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi chlamydia

• Azithromycin – Penderita biasanya meminum hanya satu dosis.
  • Doxycycline – Penderita biasanya meminum pil selama 1 minggu.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Anda ingin mengkonsumsi obat tersebut karena pada beberapa penderita seperti wanita hamil dapat membahayakan perkembangan janin.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai Chlamydia adalah dan semoga saja setelah membaca artikel ini Anda dapat mencegah penyakit berbahaya dan menular ini, dan jika Anda mengalami gejala Chlamydia maka konsultasikan saja di Klinik Utama Gracia.