sebab isk
ISK adalah Penyakit Yang Menyerang Apa?
August 12, 2017

Cara Menyembuhkan Keputihan Tak Wajar

cara menyembuhkan keputihan

Perihal cara menyembuhkan keputihan tak wajar, hal pertama-tama yang mesti dilakukan adalah mencari tahu ciri keputihan wajar dan tak wajar serta mencari tahu apa saja penyebab keputihan tak wajar itu.

Bagaimana Ciri Keputihan Yang Wajar?

Untuk mengetahui cara menyembuhkan keputihan tak wajar, seseorang mesti memahami terlebih dulu ciri keputihan yang wajar. Keputihan adalah sekresi yang menunjukkan tubuh seorang wanita itu sehat dan normal. Setiap wanita dengan tubuh yang sehat dan normal pasti mengalami keputihan. Ciri keputihan yang sehat antara lain :

– tekstur keputihan seperti telur;
– tidak lengket;
– tidak berwarna;
– tidak bau;
– volumenya tidak banyak.

Bagaiman Ciri Keputihan Tak Wajar?

Dengan mengetahui ciri keputihan yang normal, berarti mengetahui cara menyembuhkan keputihan tak wajar adalah menyembuhkan keputihan yang memiliki ciri berbeda dari yang lazim dialami wanita normal. Ciri yang menunjukkan adanya gangguan terhadap keputihan antara lain :

– teksturnya cair;
– terasa lengket;
– berubah warna dari biasanya menjadi kekuningan, kehijauan, keabu-abuan, kecoklatan atau kemerahan;
– disertai aroma menyengat;
– volumenya berlebihan.

Apa Saja Yang Menyebabkan Keputihan Tak Wajar?

Setelah mengetahui ciri keputihan yang wajar dan tak wajar, langkah berikut yang mesti dilakukan untuk mengetahui cara menyembuhkan keputihan tak wajar adalah dengan mengetahui gejala patologis keputihan. Gejalanya tampak dari warna, tekstur, aroma, dan jumlahnya. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan keputihan menjadi tidak wajar. Penyakit-penyakit tersebut adalah sebagai berikut.

• Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh organisme protozoa (organisme bersel tunggal). Beberapa wanita mungkin tidak menemukan adanya masalah setelah terinfeksi dan gejala akan mulai tampak saat infeksi protozoa sudah memasuki dua minggu atau lebih. Gejala yang dirasakan di antaranya adalah tekstur keputihan agak lembut, agak berbusa dan aroma tak enak. Warna keputihan pun bisa berbeda-beda yakni kekuningan, kehijauan atau bahkan keabu-abuan. Selain itu, beberapa wanita juga akan merasakan gatal di sekitar atau di dalam vagina hingga di area sekitar bibir vagina. Untuk kasus tertentu, wanita yang terkena trikomoniasis akan menemukan adanya benjolan berwarna merah pada kulit sekitar vagina terutama jika digaruk. Maka dari itu sangat penting mencari cara menyembuhkan keputihan apa bila mengalami gejala tersebut.

Trikomoniasis biasanya menyebar melalui hubungan seksual dan biasanya wanita yang telah terinfeksi sekitar dua puluh hari atau lebih akan merasakan nyeri atau sakit saat berhubungan seksual.

• Bakteri Vaginosis

Hal yang memungkinkan bakteri vaginosis menginfeksi vagina adalah perubahan keseimbangan bakteri dalam vagina. Sebagaimana diketahui, terdapat dua macam bakteri pada vagina yaitu bakteri baik (Lactobacillus) dan bakteri jahat (Anaerob).

Infeksi akan terjadi apabila kondisi tubuh menyebabkan penurunan bakteri baik. Berkurangnya jumlah bakteri baik menjadi kesempatan bagi bakteri jahat untuk semakin meningktkan jumlahnya. Peningkatan bakteri jahat ini akan mengakibatkan vaginosis bacterialis.

Ketika terinfeksi, beberapa wanita mungkin tidak mengalami adanya gejala tertentu. Sementara beberapa wanita lain akan langsung mengalami adanya ketidaklaziman terkait keputihannya. Gejala yang umum dialami wanita yang mengalami vaginosis adalah dari ciri keputihannya. Keputihan yang berubah tampak dari teksturnya yang cenderung encer dan warnanya tampak kelabu atau agak putih. Tekstur demikian akan dibarengi dengan aroma tak sedap, terutama pada saat menstruasi atau saat berhubungan seks. Selain itu, gejala lain yang mungkin dirasakan adalah rasa gatal pada vagina atau rasa nyeri dan perih saat kencing.

• Gonore dan klamidia

Gonore dan klamidia adalah bagian dari penyakit menular seksual. Gejala yang mengindikasikan keduanya penyakit ini biasanya cukup sulit dibedakan. Penyebab klamidia adalah bakteri Chlamydia trachomatis dan Neisseria gonorrhoeae adalah penyebab gonore. Meski ada gejala-gejala khusus namun gejala umum yang menandai kedua penyakit ini adalah perubahan keputihan dari yang biasanya menjadi tidak biasa yaitu dari warnanya yang bisa kekuningan, kehijauan ataupun abu-abu.

• Kanker leher rahim (kanker serviks)

Hampir seluruh kasus kanker leher rahim atau kanker serviks yang pernah terjadi di seluruh dunia disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) tipe 16 dan 18. Presentasenya mencapai 99,7 %. Kanker serviks terjadi karena perilaku seks yang tidak menggunakan pengaman atau kondom. Gejala yang mengindikasikan sesorang wanita terkena kanker serviks akan muncul setelah 15–20 tahun terinfeksi HPV. Gejala yang tampak antara lain warna keputihan yang cenderung kecoklatan atau kemerahan seperti tercampur darah (kemerahan). Gejala yang menyertai perubahan keputihan ini adalah aromanya yang busuk.

• Infeksi jamur

Jamur akan menjadi hal yang normal pada vagina adalah normal kuantitasnya tidak melampaui batas. Jamur akan menginfeksi vagina apabila pertumbuhannya meningkat melebihi batas wajar. Setelah terinfeksi jamur, beberapa gejala yang biasanya dirasakan adalah warna keputihan yang tampak putih seperti ampas tahu tanpa bau. Pada saat yang sama, wanita bersangkutan akan merasakan gatal di area sekitar bibir vagina. Rasa sakit juga aka terasa di sekitar vagina atau rasa tak nyaman. Akan muncul juga rasa sakit atau sensasi terbakar terlebih sat melakukan hubungan seksual atau saat kencing.

• Peradangan pada panggul

Penyakit ini tersebar melalui hubungan seksual yang tidak menggunakan pengaman. Bakteri penyebab radang panggul berpindah pada vagina atau bagian lain dari organ reproduksi dan kemudian memicu timbulnya keputihan tak wajar. Ketidakwajaran tampak pada jumlah keputihan yang berlebihan dengan aromanya yang amis.

cara menyembuhkan keputihan

Bagaimana Cara Menyembuhkan Keputihan Tak Wajar?

Setelah mengetahui penyakit, penyakit yang memicu perubahan pada keputihan, cara menyembuhkan keputihan tak wajar akan mudah dilakukan. Cara menyembuhkan keputihan tak wajar akan disesuaikan dengan penyebabnya yaitu penyakit yang sedang dialami.

Penyebab keputihan berubah dari biasanya adalah karena adanya infeksi entah oleh jamur, bakteri, maupun parasit. Gejala keputihan yang berubah akibat infeksi dapat diketahui dari jumlah keputihan yang berlebihan, berbau amis atau busuk, dan keputihan akan berwarna seperti kekuningan, kehijauan, kemerahan, kecoklatan, atau keabu-abuan. Tekstur keputihan tak wajar juga bisa diketahui karena keputihan tampak seperti busa, ampas tahu.

Dengan demikian, cara menyembuhkan keputihan tak wajar mesti didahului dengan diagnosis untuk menentukan secara tepat penyakit apa yang sementara dialami. Apabila Anda menemukan gejala-gejala seperti diuraikan di atas, segeralah konsultasikan dengan dokter agar diagnosis terhadap penyakit menjadi jelas.

Penanganan terhadap penyakit keputihan tak wajar sangat penting demi kesehatan dan kenyamanan hidup Anda. Penanganan khusus bisa Anda dapatkan di Klinik Utama Gracia untuk mengatasi cara menyembuhkan keputihan. Salah satu klinik ternama dan terpercaya di Jakarta. Anda juga bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi secara online dengan petugas kesehatan kami di bawah ini.