kutil kelamin
November 9, 2016

Cara Mengobati Keputihan Secara Medis

cara mengobati keputihan

Keputihan patologis pastinya sangat mengganggu kenyamanan para wanita untuk beraktifitas. Sebab gejala dari keputihan patologis sangat meresehkan seperti volume keputihan yang berlebih, gatal, nyeri dan bau. Oleh karena itu banyak wanita mengeluhkan masalah keputihan yang dialaminya. Namun sedikit diantaranya yang berinisiatif untuk mengobati keputihan.

Apakah keputihan harus diobati? Bila keputihan yang dialami tergolong keputihan patologis maka harus segera diobati. Sebab keputihan patologis adalah tanda awal dari masalah penyakit lainya seperti kanker serviks, radang panggul dan penyakit kelamin. Jadi lakukan pengobatan sedini mungkin agar akibat keputihan patologis yang ditimbulkan bisa dicegah.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati masalah keputihan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu mengobati keputihan secara alami dan mengobati keputihan secara medis. Di artikel ini akan membahas cara mengobati keputihan secara medis.

Cara Mengobati Keputihan

Pemeriksaan

Saat mengalami masalah keputihan sebaiknya lakukan pemeriksaan secara medis. Dengan pemeriksaan seperti cek laboratorium maka dapat diketahui secara pasti penyebab masalah keputihan yang diderita sehingga pengobatan yang dilakukan dapat efektif.

Jika hanya membeli obat di apotek tanpa melakukan pemeriksaan maka akan memperparah keputihan yang diderita. Bila keputihan yang diderita karena masalah hormon lalu memberi obat keputihan jamur, maka masalah keputihan yang anda derita bukan semakin membaik tetapi menimbulkan masalah baru terhadap kesehatan vagina.

Pengobatan

mengobati keputihanSetelah mendapatkan hasil pemeriksaan lab maka dokter akan bisa maksimal mengobati pasiennya. Umumnya jika ditemukan penyebab keputihan karena masalah virus, bakteri, jamur dan parasit maka pengobatan tidak dapat dilakukan dengan instan. Dibutuhkan kesabaran dari pasien untuk menjalankan pengobatan sampai selesai.

Sebab pengobatan tidak tuntas akan menyebabkan bakteri akan semakin kebal terhadap obat-obat yang diberikan kembali. Akhirnya pengobatan akan semakin susah untuk ditangani. Inilah kasus yang paling banyak terjadi, pasien berhenti berobat karena merasa sudah cukup puas terhadap hasilnya dan tidak mau lanjut melakukan pengobatan kembali.

Perawatan

Selama dalam proses pengobatan tetap harus melakukan perawatan daerah organ intim. Dengan demikian membantu proses pengobatan. Bila tidak dapat merawat kesehatan vagina selama pengobatan maka pengobatan yang dilakukan akan sia-sia saja. Beberapa perawatan vagina yang harus diperhatikan:

• Mencuci vagina setelah buang air kecil
  • Pastikan vagina selalu dalam kering
  • Gunakan pakaian dalam yang bersih
  • Pemilihan celana dalam yang menyerap keringat
  • Gunakan celana yang nyaman dan tidak ketat
  • Ketika menstruasi jangan malas untuk menukar pembalut
  • Jangan sering menggunakan panty liner
  • Tidak berhubungan intim selama pengobatan

Catatan: Cara mengobati keputihan patologis yang paling utama adalah menjaga kebersihan vagina. Sebab kondisi vagina sangat lembab sehingga bakteri mudah sekali berkembang.

Bila anda memiliki masalah keputihan patologis langsung konsultasikan saja dengan staff medis Klinik Utama Gracia.