lemah syahwat
July 24, 2017

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing

mengobati saluran kemih

Pernahkah Anda mengalami gejala seperti ini: mengalami sakit saat berkemih dibarengi dengan rasa terbakar, air urin berubah warna dan berbau aneh, keinginan untuk buang air kecil meski sedikit keluar, sampai timbul rasa nyeri di punggung atau perut bagian bawah?

Nah jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut maka ada baiknya segera konsultasikan ke dokter Anda karena kemungkinan hal tersebut merupakan gejala infeksi saluran kencing ataupun infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang biasanya terjadi pada bagian sistem kemih dan sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah, selain itu ISK diberikan dengan nama yang berbeda tergantung dari mana mereka terjadi misalnya: infeksi kandung kemih (sistitis), infeksi Uretra (uretritis) dan infeksi ginjal (pielonefritis).

Apakah yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih?

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar kasus ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. coli) yang biasanya ditemukan pada sistem pencernaan manusia.

Selain itu orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin dapat mengembangkan ISK, namun, beberapa orang lebih berisiko untuk terinfeksi infeksi saluran kemih karena beberapa faktor, lalu faktor apa sajakah itu?

• Seseorang yang berhubungan seksual yang dilakukan dengan banyak pasangan atau sering berganti-ganti pasangan
  • Seseorang yang mengalami penyakit diabetes
  • Sering tidak mengosongkan kandung kemih sepenuhnya
  • Memiliki kateter urin
  • Memiliki masalah pada inkontinensia usus
  • Kebiasaan cebok yang salah
  • Memiliki masalah batu ginjal
  • Kehamilan
  • Prosedur yang melibatkan saluran kemih
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah
  • Penggunaan spermisida dan tampon dalam jangka waktu yang lama
  • Penggunaan antibiotik berat karena bisa mengganggu flora alami usus dan saluran kemih

5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Dengan Cara Alami

Meminum Banyak Air Putih

Cara mengobati infeksi saluran kencing yang pertama adalah dengan meminum banyak cairan khususnya air putih dan lebih sering untuk buang air kecil karena diketahui ini sangat membatu untuk menyiram bakteri.

Meminum Larutan Jeruk Nipis

jeruk nipisCara berikutnya yaitu dengan menggunakan bahan dasar jeruk nipis yang nantinya kita akan membuat minuman larutan dari jeruk nipis yang ditambahkan dengan gula pasir, lalu bagaimana cara membuatnya?

Sebenarnya cara pembuatan larutan jeruk nipis ini cukup mudah pertama Anda siapkan jeruk nipis dan gula secukupnya, kemudian potong jeruk nipis menjadi 2 bagian kemudian peraslah jeruk nipis tersebut lalu tambahkan air hangat ke dalam gelas

Jika rasa perasan jeruk nipis tersebut terasa asam maka Anda dapat mencampurkan dengan gula pasir secukupnya, kemudian minumlah larutan tersebut secara rutin karena dipercaya dapat menyembuhkan infeksi saluran kencing.

Meminum Larutan Daun Kumis Kucing

Cara mengobati infeksi saluran kencing selanjutnya adalah dengan menggunakan daun kumis kucing yang sudah Anda cuci dan keringkan tak lupa juga siapkan gula jawa secukupnya dan janganlah menggunakan gula pasir karena hal tersebut bisa menyebabkan khasiat daun kumis kucing menjadi berkurang, lalu bagaimanakah cara membuatnya?

Sebenarnya caranya sangat mudah pertama siapkan daun kumis kucing yang bisa Anda beli di pasar lalu cuci hingga bersih kemudian keringkan di bawah panas matahari, jika sudah kering Anda bisa menggunakannya dengan cara menyeduh seperti Anda menyeduh teh.

Setelah itu masukan gula jawa ke dalam air rebusan daun kucing tersebut lalu minumlah secara rutin karena dengan minum larutan daun kucing dipercaya dapat menyembuhkan infeksi saluran kencing.

vitamin cMengkonsumsi Banyak Sumber Vitamin C

Tahukah bahwa dengan mengkonsumsi banyak makanan tinggi vitamin C itu sangat penting untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing, karena sejumlah besar vitamin C membuat dapat membuat ai urin lebih asam.

Dan tentunya hal ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri di saluran kemih Anda, menurut perpustakaan kesehatan Johns Hopkins Medicine. Jika Anda memiliki ISK aktif maka dengan mengkonsumsi suplemen dari vitamin C dapat membantu juga saran Kandis Rivers MD  seorang ahli urologi di Henry Ford Health System di West Bloomfield, Michigan.

Menggunakan Bantal Pemanas

Biasanya peradangan dan iritasi akibat ISK bisa menyebabkan pembakaran, tekanan, dan nyeri di sekitar daerah kemaluan Anda, kata Dr. Rivers.

Sehingga Anda dapat menggunakan bantalan pemanas karena sangat membantu untuk menenangkan untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh infeksi saluran kemih, namun batasi penggunaannya sampai 15 menit sekaligus untuk menghindari luka bakar.f

Itulah tadi berbagai macam cara mengobati infeksi saluran kencing dan misalkan Anda telah menggunakan cara di atas tetapi tidak sembuh juga maka sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter.