obat infeksi saluran kencing pada wanita
Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita
December 5, 2016
penyebab infeksi saluran kencing
Apa Penyebab Infeksi Saluran Kencing?
December 9, 2016

Cara Mengobati Anyang Anyangan

cara mengobati anyang anyangan

Penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih ini ditunjukkan dengan gejala umum berupa rasa sakit dan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil. Anyang anyangan ini tidak hanya menyerang saluran kencing pria, tapi juga dapat menyerang wanita. Pada saat Anda menderita penyakit ini, air kencing yang keluar relatif sedikit dan disertai rasa yang sangat panas ketika mengeluarkannya.

Selain itu air seni yang dikeluarkan juga cenderung berwarna pekat, perut bagian bawah terasa sakit, dan keinginan untuk kencing namun sulit atau bahkan tidak ada air kencing yang keluar.

Faktor Penyebab Anyang Anyangan

Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, tubuh akan berkompensasi untuk menurunkan produksi urine sehingga air seni tidak keluar dalam jumlah banyak.

Hamil

Pada wanita hamil, terutama yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami hal ini karena tempat untuk menampung kemih terdorong akibat janin yang kian membesar.

Infeksi pada saluran kemih

Kandung kemih yang mengalami infeksi mengakibatkan rangsangan otak untuk bisa mengeluarkan isinya walaupun baru saja terisi dan jumlahnya sangat sedikit.

Bagaimana Cara Mengobati Anyang Anyangan?

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, penyakit yang mengganggu kenyamanan dan akifitas ini dapat Anda obati dengan cara-cara berikut:

Minum air perasan jeruk nipis

Peras buah jeruk nipis untuk diambil airnya, campurkan dengan segelas air panas. Anda dapat menambahkan sedikit gula pasir atau madu untuk mengurangi rasa asamnya.

Minum seduhan daun kumis kucing

Apabila cara di atas tidak mengurangi gejala yang ada, Anda bisa mencoba tips kedua ini. Ambil beberapa helai daun kumis kucing, jemur hingga kering sempurna. Seduh tanaman yang telah dikeringkan tadi dengan air panas. Tambahkan gula jawa untuk mengurangi rasa pahitnya. Ingat, hanya gula jawa karena bahan ini dapat meningkatkan khasiatnya.

Pijat refleksi

Pijat yang dilakukan pada telapak kaki dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam resiko penyakit, salah satunya adalah anyang anyangan. Lakukanlah pijat refleksi ini secara rutin dengan durasi beberapa menit hingga gejala ini reda. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan rasa sakit akibat penyakit pada saluran kencing ini.

Ikat jempol kaki Anda

Terdengar konyol memang, namun kenyataannya cara ini terbukti efektif. Gunakan karet gelang untuk mengikat jempol Anda selama kurang lebih 10 menit.

Oleskan balsem atau minyak kayu putih

Rasa sakit yang ditimbulkan penyakit ini memang sangat menyiksa sehingga kita membutuhkan obat untuk mengurangi rasa sakitnya. Anda bisa memanfatkan balsem atau minyak kayu putih sebagai bahan oles pada area sekitar pusar dan bagian bawah perut.

Saat Anda buang air kecil, iringi dengan siraman air untuk membantu mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Penyakit anyang anyangan yang timbul akibat bakteri E. Coli yang menginfeksi saluran kemih ini dapat menyebabkan Anda demam. Jika hal ini dibiarkan maka reaksi terhadap infeksinya akan semakin parah. Agar tidak semakin parah, sebaiknya Anda mengunjungi dokter yang berkompeten untuk cara mengobati anyang anyangan yang baik dan benar. Klinik Utama Gracia bisa menjadi pilihan terbaik Anda terkait cara mengobati anyang anyangan.